~ A Whole New World…



Orang Indonesia pintar-pintar

Foto0704

Seminggu yang lalu sewaktu saya berkunjung ke downtown (baca : window shopping), saya sempat berkuliner ke tempat orang jual takoyaki. Hoho, tenang…itu memang bukan makanan aseli korea kok, tapi makanan aseli jepang. Waktu itu sempat ngobrol-ngobrol dengan penjual-nya. Seperti biasa, karena saya hangul mal-nya minim sekali, so translator saya beraksi (baca : room-mate yang nemenin saya ke downtown), hehe. Awalnya bapaknya tanya saya dari mana, dan tentu saya jawab dari Indonesia. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah saya di Korea sebagai apa. Kemudian saya jawab graduate student (dehakseng). Dari situ lah bapaknya mulai bercerita tentang Indonesia. Bapaknya bilang kalo orang Indonesia itu pinter-pinter lo? Oh ya?? Masak?😛 . Tapi kalo saya pikir-pikir lagi..emang ada benarnya juga, hohoho.

Mau bukti? coba baca di sini. Hehe, maap-maap…ga bisa baca ya? oke-oke, saya tambahkan juga translator-nya. Jadi kira-kira isinya begini, ada salah satu orang Indonesia yang jadi profesor di Korea. Tepatnya di Yongnam University. Beliau sangat berprestasi, makanya diangkat jadi profesor. Ikut bangga juga sih, tapi…yaah, kok jadi professor di Korea sih? Kok gak di Indonesia aja ya? Indonesia kan juga butuh profesor atau ahli-ahli seperti beliau? mahasiswa Indonesia kan juga butuh ilmu dari beliau😦

Kadang saya juga membanding-bandingkan kualitas pendidikan Indonesia dan Korea. Sejauh yang saya tahu… pendidikan yang diberikan oleh bapak ibu guru kita di Indonesia jauh lebih berbobot dibanding di Korea ini. Contohnya saja, di Indonesia banyak hacker, hehe. Selain itu banyak orang Indonesia yang pinter English, bahkan dikiranya english menjadi second language bahasa kita, padahal ya enggak kan? hoho. Di Korea… orang-orangnya jarang bisa English. Mereka juga rata-rata males belajar english karena semua fasilitas yang mereka punya semua pakai korean, so ngapain susah-susah belajar English? Kalo Indonesia lain cerita…karena kita banyak mengimpor dan banyak pula perusahaan asing di sini, jadi English manjadi hal yang penting. Bahkan untuk mencari kerjaan, rata-rata harus bisa English kan? Tapi pertanyaannya adalah…kenapa di Korea lebih maju daripada Indonesia? Orang Korea semua produknya mereka produksi sendiri. Mulai dari produk eletronik, mobil, internet, semuanyaaa..rata-rata pakai bahasa korea. Sebagian besar adalah “made in korea”. Bandingkan dengan Indonesia? Hehe, kok lama-lama jadi malu sendiri karena saya di sini membawa barang-barang semuanya bukan “made in indonesia”. Sepatu Fila, Deterjen Attack, Ponds, handphone Nokia…semuanya bukan buatan Indonesia kan? Bahkan mobil Timor yang dulu dibangga-banggakan sebagai mobil Indonesia, ternyata itu buatan Korea, hahaks.

Lalu apa yang salah dengan Indonesia ya? Kok ga bisa semaju mereka?😦 . Mungkin ya (setelah mengamati hal-hal sekeliling saya)… orang Korea kalau mengerjakan sesuatu lebih serius dan total. Gak setengah-setengah dan gak ada istilah “lazy-lazy”an. Kalau ada ujian, semalas-malasnya student pasti mereka belajar dan gak mau dapat nilai jelek. Kalau memang harus belajar wayangan, semalam suntuk ga tidur deh, hehe. Saya lihat room-mate saya kalau belajar musim ujian gitu sampai nginep di perpustakaan, hahaks. Kalau mereka gak bisa, mereka akan coba terus sampai bisa. Untuk score, itu urusan belakangan. Yang penting dia harus mempersiapkan semaksimal mungkin. Nah, semangatnya itu loh. Jadi jangan heran pas musim ujian semua anak pasti pegang buku untuk belajar. Perpustakaan penuh dari pagi sampai malam. Istirahat paling buat makan sama tidur.

Coba Indonesia seperti itu ya… pasti bisa bersaing dengan negara maju, I guess🙂


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * a e r says:

    yup.. setuju bgt orang korea tuh fanatik ama barang lokalnya.

    gw juga berusaha sih beli barang lokal.. tapi masalahnya belum semua produk bisa dibikin ama negeri ini. kalo pun ada, sebagian kualitasnya meragukan untuk dipake.

    tapi ga bilang semuanya tidak berkualitas, bahkan masi ada kok produk dalem negeri yang lebih bagus..

    | Reply Posted 7 years, 6 months ago
    • * adrianna says:

      makanya, ayo kita bikin produk-produk lokal, hoho

      | Reply Posted 7 years, 6 months ago
  2. Setuju juga, bahwa sebenernya banyak orang2 pinter di indonesia. tapi,… sayang pinternya tu ngga dimanfaatin dan dieksploitasi lebih jauh untuk hal2 yg bermanfaat.

    Mulai dari diri sendiri dulu deh, dari skala yg paling kecil ‘lakukan sesuatu yg bermanfaat untuk kita tanpa merugikan orang lain’.😀

    | Reply Posted 7 years, 6 months ago
  3. * Aida says:

    ia setuju widi, setiap manusia sebenernya punya potensi otak mirip Einstein. Cuma sayang ga semua sekerang einstein dalam mengolah dan mempekerjakan otaknya…termasuk orang-orang indo…
    iya, justru aku disini belajar banyak dari kehidupan orang2 korea, aku pikir orang indo kurang bersyukur dengan keadaan, dikasi udara bagus cuma dua cuaca, tanahnya subur, semua ada…tapi orang indonesia tidak disiplin, n lebih bangga pake produk luar, dan klopun ada yg pinter malah dipake ama orang luar :D…karena di sini mereka lebih dihargai…indonesia juga punya banyak professor dikampus2 terutama, tapi kebanyakan mereka tidak dihargai, riset2 di indonesia jarang nyampai ke skala field beneran, baru berbangga2 dengan hasil lab doang, semua terpendam begitu aja…banyak juga proffesor di indo yang jatuh miskin karena ga ada duit hehehe…
    btw, prof yang dimaksud itu suami mba intan itu loh wid…tetanggaku, juga beliau senior suami aku di yeungnam…ada lagi 1 prof di Seoul ,beliau orang biotech, karena udah dijadiin penduduk istimewa di korea, akhirnya dia mengabdi deh di Seoul udah lamaaa banget…
    jadi kesimpulannya, bener ko orang indo tuh pinter2, makanya widi boleh mencontoh mereka, gak pulang2 ampe jadi profesor :D…

    | Reply Posted 7 years, 6 months ago
  4. tapi apakah memang benar orang2 pintar tidak dihargai?

    perdebatan yang klasik sih..hehe..

    maaf ya kebanyakan ngoment di blog ini..hehe..

    | Reply Posted 7 years, 6 months ago
  5. * nadiyahmudrikah says:

    yaiyalah orang indonesia pinter pinter semua (Alhamdullilah)
    itu si sama ajah boong,masak orang korea mau belajar pass ujian ajah.

    | Reply Posted 5 years, 6 months ago


Leave a Reply

