~ A Whole New World…



Planting Class

Arrrgghh.. jinca apayo😦 . Sekarang baru terasa sakitnya. Dari bangun tidur tadi, mau sholat subuh..oh, noo..kakiku…hahaks. Memang saya kurang exercise juga sih, makanya jadi nyeri semua deh, hehe. Gila saja, nanem di lahan berhektar-hektar… dari pagi sampai menjelang maghrib.

Foto0720

Yup, kemaren saya dan lab-mate ada program planting rice di kota Gwuni. Nah, dari campus saya sekitar 1 setengah jam. Sebenarnya ini hal yang biasa sih, karena memang saya di jurusan horticulture jadi wajar melakukan hal seperti ini. Tapi yang membuat saya tersenyum kemaren adalah… ternyata pak prof mengundang anak2 TK atau SD kelas 1 ya? Yang jelas planting rice kemaren melibatkan anak2 itu. Mungkin semacam pengabdian masyarakat kali ya. Jadi anak-anak kecilnya disuruh nanem padi juga. Tapi cuman 3 baris saja. Namanya juga anak-anak…karena lahannya berlumpur dan banyak air-nya, jadi mereka malah mainan, hahaks. Lucunyaaa. Sayang ya, saya masih ga bisa bahasa Korea… kalau bisa sudah saya ajak ngobrol mereka. Planting rice memang program yang bagus untuk pendidikan anak-anak. Karena setidaknya setiap anak akan merasakan bagaimana rasanya nyebur di lumpur…di situ kita akan mempelajari tektur tanah untuk menanam padi. Lalu bagaimana bentuk tanaman yang menghasilkan nasi yang biasa kita makan setiap hari. Juga mereka akan belajar tentang bagaimana ekosistem persawahan. Hal yang simpel saja. Apa saja hewan atau serangga yang ada disawah, tanaman apa saja yang ada di sawah…mereka bisa mempelajarinya sambil bermain. Karena anak se-umuran itu adalah anak yang haus rasa ingin tahu. Jadi saya sempat mengamati beberapa anak yang mainan di dalam lumpur, mereka mengejar-ngejar serangga di dalam lumpur itu dan berdiskusi sama temannya ini hewan apa.

Foto0718 Setelah itu, kami makan siang bersama di sebuah depot dekat sawah… of course juga sama anak-anak itu. Yaah, meskipun sebenarnya hampir sebagian besar lab-mate tidak suka akan kehadiran anak-anak itu, hahaks. Kata mereka, ”Oh, I hate it”. Karena setelahnya kami harus mengulang kerjaan yang dilakukan anak-anak itu, hahaks. Jadi 3 baris harus kami bongkar dan kami tanam ulang. Gimana-gimana ini kan proyek kami, jadi kami juga harus do the best dan perfect. Tapi kalau menurut saya sih, gapapa lah nambah 3 baris kerjaan planting. Karena ilmu yang anak-anak itu dapat jauh lebih mahal daripada tenaga kami untuk nenanam ulang. Mungkin saja karena ke sawah ini, mereka punya cita-cita menjadi ahli ekologi..who knows? Karena masa anak-anak memang imajinasi-nya tinggi.

Mudah-mudahan ini bisa jadi bahan inspirasi untuk pendidikan anak🙂


Trackbacks & Pingbacks

  1. Planting Class « garden of children pingbacked on 6 years, 11 months ago

Comments



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: