~ A Whole New World…



Belajar bahasa korea # introduction

안녕하세요  (annyong haseo)

Onelbuto…mulai saat ini, saya akan coba share tentang bahasa korea yang saya pelajari (by my self, hehe😛 ). Sumbernya dari youtobe “Let’s Speak Korean” dan sebagian materi dari “Hanguko_Joa” (les korean secara online). Sebenarnya saya masih belum begitu bisa bahasa korea. Karena memang masih 3 bulan saya tinggal di Korea. Jadi tiap ditanya orang pasti jawabnya, “chogem hangul-mal” hoho😛

Pertama-tama, saya akan bercerita mengapa saya tiba-tiba ingin posting about korean? Sebenarnya, saya di sini sama sekali tidak mendapat kelas bahasa korea. So saya belajar bahasa korea sendiri. Yah, kadang sih saya berguru pada teman-teman korea (teman-teman saya di sini 90% korean). Tapi…hahaha, saya jadi bingung sendiri. Mereka ga bisa english, jadi tidak bisa meng-explain secara sempurna, hoho. Mereka juga kadang ga kira-kira. Sukanya memberi saya homework hapalan…banyak pula. Akhirnya atas saran teman dari Indonesia yang kuliah di Korea, saya belajar sendiri lewat youtobe di site “Let’s Speak Korean”. Saya juga punya teman dari filiphine, dia freshman juga, sama dengan saya. Kami sama-sama ga bisa bahasa korea, dan prof kami menuntut kami belajar bahasa korean, hahaks. Tapi bagaimanapun juga, kami harus bisa bahasa korea, meski kami juga sempat mengalami kejenuhan dan feels give up. Karena tanpa bisa bahasa korea, kami benar-benar mati gaya, hahaks. Sekarang teman dari filiphine itu sudah berangsur understand dengan apa yang orang lain bicarakan dalam bahasa korea. Selain tiap hari dia menghapal, dia juga memberi les english pada orang-orang korea. Hmm, nice job. Karena dengan begitu, mau tidak mau dia harus mengerti bahasa korea. Apalagi dia tiap minggu ke church dimana pastor-nya selalu speak korean. Hehe, saya juga harus bisa seperti teman saya itu. Bagaimanapun saya juga butuh berinterkasi dengan orang korea di sini, karena mungkin saya akan tinggal lama. So, kalau memang dengan share ilmu membuat kita jadi semakin bisa, kenapa enggak saya share ilmu juga?  Jadi terbersitlah ide untung posting belajar bahasa korea ini, hehe.

Teman dari China yang sudah tinggal 5 tahun di Korea berbagi cerita tentang pengalamannya pertama kali di Korea. Meskipun dia dapat kelas korea 1 tahun, selama 6 bulan pertama ternyata dia hanya sit in her chair dan ga banyak interaksi dengan orang lain. Hahaks, ternyata sama saja. Tapi kalau saya, berhubung tidak ada foreigner student, yah mau gimana lagi…terpaksa tidak terpaksa saya harus berinteraksi dengan mereka. Dengan bahasa seadanya, bahkan bahasa tarzan pun dihalalkan, hahaks. Akan tetapi teman saya itu bilang, “Saya yakin setelah setahun kamu di sini, kamu pasti bisa bahasa korea very well” amin..🙂

Sebenarnya, bahasa korea itu tidak susah. Huruf-nya simpel. Dan keuntungan bagi kita orang Indonesia, terutama orang jawa, untuk pengucapan itu lumayan bagus ketimbang orang-orang seperti western misalnya. Karena mungkin lidah orang jawa lebih fleksibel, hoho. Maka dari itu, sedikit saya pakai bahasa korea, eh-lawan bicara saya kebanyakan langsung ngajak ngobrol bahasa korea. Toeng! Tapi yang agak susah itu kalau sudah writing. Karena kadang apa yang mereka ucapkan tidak sesuai kenyataan aseli-nya, hahaks.

Well, saya rasa cukup untuk introduction dari saya. Dan kali ini kita akan belajar bagaimana menulis dan membaca huruf korea. Saya rasa ini penting. Karena benar kata teman saya, kalau ingin cepat bisa bahasa korea, belajarlah membaca dan menulis huruf korea. Itu juga mempermudah dalam pengucapan pronunciation.

Dan berikut adalah link versi Indonesia

Dalam link itu dapat diklik dibagian : 1. Huruf vokal dan konsonan Hangul ; 2. Huruf vokal dan konsonan ganda ; 3. Huruf konsonan akhir ;  4. Pengucapan.

Oh, ya saya tambahkan juga beberapa pengenalan kata-kata dalam bahasa korea

Ok, segitu dulu belajar kita kali ini… see you😉


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * a e r says:

    gw sih belajar bahasa korea biar ga perlu lamalama nunggu sub buat nonton fo.. wkkkk

    | Reply Posted 7 years, 6 months ago
  2. * eka says:

    nice posting sista…
    lagi tertarik blajar bahasa korea…
    pas bgt nemu blog ini…
    keep posting all bout korea ya
    gamsahamnida ^^

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago
  3. * titi says:

    Wah bagus deh postingnya, q juga ngefans banget ma negeri korea selatan ini, pengen banget rasanya kesana….hueee…hee…..

    | Reply Posted 6 years, 7 months ago


Leave a Reply

