~ A Whole New World…



Mengenal korea

Pada weekend minggu ke-3 Mei kemarin, saya diundang ke rumah teman saya dari korea untuk menginap di rumahnya, di Daegu. Wah, benar-benar experience yang luar biasa🙂 . Alhamdulillah keluarga teman saya itu sangat welcome dan friendly dengan saya. Bahkan mereka mengenalkan pada saya budaya-budaya (lifestyle) di korea.

Foto0600 Inilah downtown Daegu😉 Rame ya😀

Di sana, saya juga diperlihatkan hanbok, baju tradisional korean girl.Foto0696 Kemudian ibu teman saya itu bilang, “Coba kamu pakai”. Saya memakai hanbok berwarna merah-putih. Waah, cute sekali 8) . Andaikan saya punya hanbok ya… Dan tiba-tiba saja, karena katanya hanboknya cocok dengan saya, hanbok itu diberikan pada saya loh. Horeeii😀 Yah, meskipun itu hanboknya bekas punya teman saya sewaktu masih sekolah dulu, hihi. Gapapa lah…alhamdulillah🙂

Foto0658Selain itu saya diajari ibu teman saya untuk membuat kimbap untuk makan malam. Itu makanan khas korea. Jadi (kim) adalah rumput laut, (bap) adalah nasi. Jadi itu seperti nasi gulung yang isinya ada sayuran, jamur, dan biasanya sih diberi sosis. Berhubung saya tidak makan ham, jadi kali ini tidak pakai sosis.  Lalu sarapan esok harinya ibunya memasakkan saya korean curry. Foto0671Sebelumnya aku belanja dulu di traditional market dekat apartment teman saya. Ternyata baik kimbap maupun korean curry, mirip dengan japanese food. Kimbap, mungkin mirip dengan onigiri kali ya. Kalau korean curry, mirip karirais-nya jepang. Cuma bedanya warnanya karirais lebih gelap, dan bahan yang dicampurkan untuk curry lebih lengkap korean curry.

Tidak lupa, di Daegu saya mengunjungi arena bermain anak yang terkenal.Foto0646 Namanya Woobangland. Yah, mirip Disney Land gitu, tapi ini lebih kecil. Di sana juga ada tower yang terkenal di Daegu, namanya Woobang Tower. Jadi kita bisa melihat kota Daegu dari atas tower. Dan ternyata di dalamnya ada arena ice skeating🙂

Foto0676Saya juga diajak ke tempat pembuatan wine terkenal di Korea. Tapi sudah keluar dari kota Daegu. Katanya wine itu sangat terkenal di Korea, dan mungkin hanya Korea saya yang produce wine itu. Wine tersebut dibuat dari fermentasi buah persimmon. Mungkin nama Indonesianya kesemek kali ya. Lucu tempatnya, jadi tempat itu dulunya adalah terowongan rel kereta api. Karena sudah tidak dipakai lagi maka mereka membelinya dan dijadikan tempat penyimpanan persimmon wine. Lokasi tempat itu ada di gunung sih, jadi ya lumayan dingin juga, hehe.

Keluarga teman saya juga tidak lupa memperkenalkan nyanyian-nyanyian Korea, karena adik teman saya adalah pansori girl. Pansori adalah korean singer, tapi menyanyi khusus menyanyi lagu tradional korea. Saya tidak dokumentasikan, tapi lagunya kira-kira seperti youtobe di bawah ini. Bedanya adik teman saya itu tidak menggunakan alat music, tetapi ditambahkan sedikit tarian dengan kipas.

Setelah teman saya nyanyi, giliran saya yang menyanyi, hohoho. Inginnya sih nyanyi “Bengawan Solo”, tapi karena tidak hapal…hehehe, saya memilih lagu “gundul-gundul pacul”😆 Maap Indonesia, saya bukan duta Indonesia yang baik. Saya tidak bisa nari tradisional dan banyak lagu daerah yang sudah saya lupakan😦 . Saya jadi malu, mereka rasa nasionalisme-nya tinggi sekali. Mereka bangga dan tahu budaya-budaya Korea. Generasi penerus jangan seperti itu ya, harus bangga dengan budaya-budaya Indonesia, jangan meniru gaya ala barat-barat yang ga jelas itu. Budaya Indonesia jauh lebih cantik loh, beneran🙂 . Hehe, jadi punya rencana nih, kalau nanti punya anak diajarin seni-seni tradisional indonesia ah, jadi ditanamkan jiwa nasionalisme dari kecil😛


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. betul tuh. lagu2 daerah kita sebaiknya diperkenalkan sejak kecil..

    tapi untungya ditengah2 maraknya musik2 cinta penuh penderitaan yang ada sekrang, ada grioup musik yang membuat kompilasi lagu2 daerah..mantab deh..

    | Reply Posted 7 years, 6 months ago


Leave a Reply

