~ A Whole New World…



Alkohol

Haha, kalau bahas soal alkohol ini, saya jadi ingat tiap saya dan lab-mate ada acara makan malam bersama. Dia selalu bilang, “Kenapa kamu tidak mencoba alkohol?” Dan saya selalu menjawab, “In my believe, I can not drink. Karena itu membuat saya mabuk.” Dia tidak mau kalah dong. “Sedikit saja kan tidak membuat mabuk.” Saya pun tetap menjawab, “Tetap saja gak boleh.” Hohoho. Kalau pak prof lebih konyol lagi, tapi saya tahu kalau itu jokes. “Makan malam mendatang kamu coba minum alkohol sedikit ya.”😆

Sebenarnya ada suatu hal yang lucu dan membuatku tertawa. Jadi teman saya bilang, “Kalau kamu kerja dengan alkohol 90% atau 70% dan disemprotkan ke tangan, bukannya alkoholnya akan masuk ke dalam tubuhmu lewat pori-pori kulit. Itu kan sama saja dengan kamu minum soju 20%”. Soju itu minuman alkohol yang terkenal di Korea. Jadi seperti sake di Jepang, atau tuwak di Bali, hoho. Saya sih menanggapinya dengan ketawa-ketawa saja dengan harapan dapat mengakhiri pembicaraan, hahaks. Karena teman saya juga maksudnya jokes kok. Kalau ditanggapi lebih jauh, yakin deh tambah panjang ini. Lagian saya juga agak kurang yakin dengan jawaban saya, hehe. Kan mereka butuhnya alasan yang berlogika.

Kenapa ya kalau bekerja dengan alkohol tidak apa-apa? Itulah sempurnanya islam😀 Kita harus mengkaji dan membuktikan secara ilmiah. Kemarin saya baca-baca di milis sih, katanya bukan kandungan alkoholnya yang membuat tidak boleh. Melainkan zat yang memabukkan itu (khamar) yang dilarang. Kalau tidak salah dalilnya di Surat Al-Baqarah : 219.  Kalau memang alkohol itu tidak boleh, kenapa kita boleh makan tape? Sedangkan tape sendiri adalah hasil fermentasi dimana hasil akhir fermentasi adalah alkohol, hoho.

Yah, semua memang masih perlu dicari tahu. Wallahualam


Leave a Reply

