~ A Whole New World…



Senior

Tadi saya ada kelas malam (memang kelas saya malam terus sih, hoho). Di kelas saya termasuk paling junior, karena umurnya paling muda. Yang lainnya senior-senior semua. Usianya jauuuuh di atas saya. Mereka juga sudah bekerja dan punya anak. Sewaktu ada teman saya (yang juga termasuk junior) melakukan presentasi, si senior-senior seenaknya gitu menertawakan teman saya yang ada suatu kesalahan di presentasinya. Seperti nada mengejek gitu. Ah, saya paling tidak suka bgitu. Udah bapak-bapak masih saja seperti anak kecil.

Kalau di Korea ini, kedudukan senior sangat dibanggakan. Semua yang junior-junior akan sangat menghormat pada yang senior. Jadi setiap kali berpapasan dengan seniornya entah di jalan atau di kantin sekalipun akan, mereka pasti menundukkan kepala. Bagi yang pakai topi, pasti topinya di lepas saat menyapa sang senior itu. Itu hanya ke senior. Belum lagi ke teacher atau prof. Wuaah, sangat mendewakan sekali. Apa yang prof bilang, kata-katanya adalah wasiat, hoho. Jadi benar-benar sangat menghormati. Apa yang mereka katakan pasti benar.

Itulah bedanya sistem timur dan barat. Coba kita lihat western. Mereka malah sering berdebat dengan teachernya. Dan memancing muridnya berpikiran lebih kreatif, kreatif untuk membantah, fufufu. Yah, semua ada kelebihan dan kelemahan.

Tapi meskipun di lab saya termasuk yang senior, karena member yang lain masih undergraduate… perlakuan pada saya biasa-biasa saja tuh, hehe😀


Leave a Reply

