~ A Whole New World…



Antara halal-haram

Inilah salah satu kelebihan kalau tinggal di asrama, dikasih makan 3 kali sehari di cafetaria. Jadi ga usah mikir yang namanya makan lagi, hehe. Tapi ya gini kelemahannya…(untuk saya) yaah, rawan makanan haram, utamanya pork😦  Herman deh, orang sini seneng banget namanya pork. Dimana-mana ada pork. Padahal loh, pork itu banyak lemaknya, huek. Berhubung saya satu-satunya orang muslim di kampus, ya saya yang harus ngalah. Di saat menunya pork, ya saya gak makan😛 Atau jadi vegetarian, hihihi. Tapi kadang karena ketidak tahuan saya…bablas deh sedikit, hoho…astagfirullah😦 Maunya sih, sejak awal dulu saya mengaku saja vegetarian. Tapi…hehehe, saya harus makan daging dan ikan untuk menstabilkan tekanan darah saya. Saya gampang sakit soalnya,😛 Hehe, banyak yang berpendapat saya begitu konyol dengan tidak makan pork. Dan mereka pun ketawa-ketawa ga jelas gitu. Karena rata-rata orang Korea suka sama pork. Tapi ada juga yang baik sama saya. Karena ingin menghormati saya, jadi kami memilih menu makan kami supaya tidak makan pork. Bu kantin-nya itu juga baik sama saya. Tiap ada menu pork dan saya tidak makan, saya selalu dikasih lauk lebih atau dikasih ikan lain😀 Alhamdulillah🙂

Awal saya di sini, saya benar-benar was-was soal makanan, utamanya pork. Saya juga kadang mikir, jangan-jangan ini dari pork, jangan-jangan yang ini juga, jadi selalu berprasangka dan takut sendiri. Karena banyak teman yang bilang, bahkan sewajan saja ga boleh. Wuaah, kalau soal itu ya saya ga tau. Kan yang masak bukan saya…ibu kantinnya, hehe.

Tapi saya lega setelah membaca artikel “makanan halal dan haram” Berikut hal-hal yang membuat saya lega :

  • Katanya ada hadist yan menyatakan  (mohon diluruskan kalau salah) bhw kita tidak boleh mencari tahu hal-hal yang tidak kita ketahui selama hukum awalnya adl halal. Hal ini didasarkan atas kisah umar yang kejatuhan air pdhal saat itu umar dalam keadaan berwudlu, lantar umarpun bertanya apakah air yang menjatuhinya itu suci atau tidak, lantas umarpun ditegur oleh nabi, bhw jgn bertanya sesuatu yang tdk kita tau, karena air pd dasarnya adl suci. Begitu pula hadits yang menyatakan bhw org yang paling besar dosanya adl org yang apabila tau sesuatu itu halal, lantas karena ia mencari-mencari tau asalusulnya shg akhirnya mengakibatkan sesuatu itu mjd haram. Mohon sekali penjelasan para ustadz scr mendalam, Karena masalah makanan dan minuman ini selalu menjadi polemik antar umat islam di luar negeri ini.
  • Pernah beberapa sahabat merasa ragu ketika makan daging apakah halal atau tidak. Ketika mereka tanyakan kepada Rasulullah SAW, beliau menjwab, “Makanlah dan bacalah bismillah”. Nampaknya Rasulullah SAW melihat secara zahir makanan itu tidak ada masalah. Karena itu beliau meminta agar para shahabat memakannya dan membaca basmalah. Di luar apa yang mereka ketahui, itu urusan Allah

Wallahualam🙂


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * JABRIG says:

    assalamualaikum wr wb

    sist… saya salut buanget ama ente. diluar negri ente masih bisa tuk menjadi muslimah yang baek. mudah2an terus istiqomah. saya dukung dan doakan dari jauh semoga Allah senantiasa menjagamu.

    tuk masalah makanan halal haram, sholat, jilbab de el el sebaiknya sister jelaskan apa adanya. ya jelaskan bahwa itu adalah perintah agama sister yaitu ISLAM. jangan di tutup tutupi, insya Allah mereka akan mengerti dan lebih menghargai sister. bisa jadi mereka akan berusaha membantu sister tuk penyediaan makanan halal stidaknya membantu mencarikannya misalnya.

    kesempatan sister tuk menjelaskan islam yang sesungguhnya kepada mereka2.

    sukses selalu ya sist.

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago
  2. Menanggapi artikelmu..menarik banget, ak salut kamu rajin nulis..ak sendiri belum pernah nulis sendiri😀

    Kalo boleh mengkritik😉 Tolong dong hadist disertakan sumbernya..

    Keragu2an yang berlebih2an menurutku emang kurang baik..tapi ak sendiri masih belum bisa juga terkadang menghilangkannya..Kembali soal makan tadi..kalo kamu sudah baik ma Bu Kantinnya, mending kmu bilang aja baik2 bahwa jika ad makanan berupa dr daging babi agar dia memberitahukannya..cz aku liat dr ceritamu Ibu itu care ma kmu n spertinya dia punya toleransi lebih..

    Itu saja dari ak, Hehehehe..
    Semangat ya Buk🙂

    | Reply Posted 7 years, 1 month ago
    • * adrianna says:

      makasih😀

      | Reply Posted 7 years, 1 month ago
      • * adrianna says:

        sumber hadits-nya ada di link blog lain…
        klik aja bagian : “makanan halal dan haram”😀
        mohon kritik dan saran

        Posted 7 years, 1 month ago
  3. Oh…hehehehe😀

    | Reply Posted 7 years, 1 month ago


Leave a Reply

