~ A Whole New World…



Hubungan antara dinding sel dan pemasakan buah

Seminggu yang lalu, saya baru saja mengumpulkan tugas paper tentang hubungan antara proses pemasakan buah dan dinding sel. Prof yang ngajar saya memang ahli buah sih, terutama apel. Saya disuruh buat paper alasannya adalah karena saya tidak bisa bahasa korea, hoho. Jadi di kelas, pakainya bahasa korea, bukan english. Lah wong foreigner studentnya cuma saya saja, hehe. Alhasil, di kelas saya selalu mengalami roaming bahasa yang lama kelamaan berakibat kebosanan, dan akhirnya ngantuk. Untung saja saya hanya punya kelas hari Senin malam (tapi waktunya lama, dari jam 7 pm sampai jam 10 pm). Jadi mau tidak mau, untuk bisa dapat score, saya disuruh membuat paper.

Kembali ke bahasan inti. Jadi yang saya tahu setelah membaca banyak jurnal, bahwa jadi dalam proses pemasakan buah terdapat yang namanya softening fruit dan ripening fruit, yaitu salah satu proses dalam pelunakan buah. Kita semua tahu bahwa jika buah mengalami pemasakan, akan mengalami pelunakan juga. Ternyata proses pemasakan atau pelunakan ini berhubungan dengan dinding sel yang terdapat dalam sel buah-buahan, yang dimana komposisi dinding sel adalah sebagian besar polisakarida. Sekedar informasi, bahwa dinding sel sifatnya kuat, sehingga untuk memudahkan dalam pelunakan diperlukan enzim yang berperan dalam hidrolisis. Enzim tersebut adalah hydrolase. Berikut adalah beberapa contoh hydrolase yang ada dalam paper saya :

  • Polygalacturonase (PG) : merupakan enzim yang mendeterminasikan degradasi pektin dan berpengaruh pada jaringan pelunakan. Yang dihidrolisis di sini adalah galakturonide. Enzim ini ditemukan pada buah, karena ini merupakan spesifik enzim pada proses ripening fruit.  Jumlahnya melimpah dalam buah, akan tetap setiap spesies akan berbeda. Gen yang berhubungan dengan enzim ini adalah MPG1, 2, 3. Baru-baru ini dikembangkan untuk membuat tanaman transgenic plant pada tomat, melon, apel, dll.
  • α -Arabinosidase  : enzim ini berkontribusi dalam modifikasi dinding sel selama ripening dan softening. Telah diidentifikasi bahwa pada sebagian besar buah, terjadi kehilangan arabinosyl yang di situ sebagian besar komposisinya adalah pektin. Sebenarnya gen yang berperan dalam enzim ini masih belum diketahui. α -Arabinosidase merupakan salah satu hydrolase yang membongkar pektin seperti pada PME (pectinmethylesterase) dan PAE (pectin acetylesterase)
  • β-Galactosidase   : Enzim ini bekerja pada saat ripening fruit di dinding sel. Bagian yang mengalami perubahan adalah hilangnya residu galactosyl pada polimer dinding sel. Gen yang berperan adalah TBG1, mengkode N-terminal amino acid sequence yang dipurifikasi β-galactosidase II. Ada pula TBG4 (pTomβgal4) yang perannya tidak sama dengan TBG1, yaitu menghubungkan N-terminal sequence untuk isoform β-galactosidase II
  • α-Galactosidase : enzim tersebut dapat dibagi menjadi grup, yaitu asam dan basa, tergantung dari respon pH. Pada bentuk asam, berperan dalam biji dan germinasi. Gen yang berperan pada tanaman masih belum diketahui. Sedangkan pada yeast, gen MEL1 pada Saccharomyces cerevisiae berhasil diamplifikasi. Gen tersebut berpengaruh pada degradasi raffinose. Raffinose merupakan indigestible trisaccharide yang terdapat pada buah dan sayuran.

Selain enzim hydrolase di atas, ada gen yang berperan juga dalam proses ripening fruit dan softening fruit, yaitu Expansin. Gen ini berperan merusak ikatan hidrogen pada polimer dinding sel. Telah diobservasi pada meristem tomat, expanding tissues, ripening fruit.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan. Maap jika ada salah-salah dalam penyampaian informasi

Sumber : banyak referens (di paper saya), hoho


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * nink says:

    bisa liat papenya g??

    | Reply Posted 6 years, 11 months ago


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: