~ A Whole New World…



Tambahan “Belajar Bahasa Korea”

Baru dapat penjelasan di milis tentang panggilan 씨 (si) dalam bahasa Korea oleh Bu Guru yang kemarin ngajar di Hanguko_Joa, hohoho. Berikut ulasan arti panggilan 씨 (si) :

  1. Pada waktu awal pertemuan ketika bertemu dengan org, makna tersebut dapat berarti panggilan yg meninggikan posisi lawan bicara kita. Misalkan kalau dipanggil 디타 씨berarti saudari dita. Akan tetapi hal ini juga mengindikasikan bahwa panggilan tersebut menunjukkan adanya jarak diantara lawan bicara karena kita belum mengenal org itu jadi dipanggil hal tersebut. Jadi intinya adalah adanya hubungan yang tidak terlalu dekat dengan lawan bicara.
  2. Pada arti kedua ini dapat diartikan buruk memang, mengapa?..karena pada nama orang2 korea mereka mempunyai 2 nama yaitu pertama nama keluarga dan kedua nama mereka sendiri. Pada nama, nama keluarga ditempatkan di depan nama mereka. Misalkan (김장구..dibaca kim jang gu) jadi nama keluarga mereka adalah kim dan nama mereka sendiri adalah jang gu. Seperti yang telah ditanyakan oleh dita, tentang panggilan 씨 yang bermakna tidak baik, ternyata memang benar…JIKA memakai nama keluarga, contohnya adalah 김 씨. Jadi kalau seperti di cerita kemarin yang mengatakan bahwa ada 사장님 (presiden/kepala dari sebuah perusahaan) yang memanggil anak buahnya/pekerjanya dengan memakai nama keluarganya seperti김 씨.maka itu dibilang oleh 선생님 saya adalah 나쁜 사장님(kepala perusahaan yg buruk). Terus 선생님 saya juga menasihati supaya..조심하세요! (mohon hati2../please be careful…)

Begitulah kira-kira🙂

Thanks Liyu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: