~ A Whole New World…



Beda culture, beda kebiasaan

Beda negara…beda juga budayanya. Jadi teringat kejadian beberapa bulan yang lalu. Hehe, waktu itu saya baru saja mengalami hal yang…yaah, lumayan rumit dan kalo dipikir-pikir lucu juga. Kalau di Indonesia…kebanyakan nama adalah panjang dan tidak mempunyai nama keluarga. Sedangkan di Korea, semua orang sini mempunyai nama keluarga. Jadi itu membuat kami yang tidak punya nama keluarga kesulitan karena setiap form pasti ada nama keluarga. Untuk itu akhirnya kami ambil last name aja. Sehingga pas pembuatan alien card (kartu penduduk untuk warga asing), namanya jadi berubah. Yang semula strukturnya A-N-S… jadi S-A-N. Dan apabila saya memakai nama A-N-S di Korea ini…akan dianggapnya bukan saya, tapi orang lain, karena di alien card nama saya S-A-N (meskipun di paspor saya tertulis nama A-N-S). Hahaha, ribet kan? Gara-gara itulah…saya jadi ada sedikit masalah dengan pembuatan account di bank dan registrasi handphone. Jadi orang Korea bilangnya, “Itu hanya namamu saja? Waah, namamu panjang sekali yaa…” Hahaks😆
Itu salah satu contoh perbedaan budaya yang mengakibatkan kerumitan administrasi…hahaha. Tetapi, ada juga persamaan antara Korea dan Indonesia ternyata. Persamaan-nya adalah… definisi “makan” itu harus pakai nasi. Jadi kalau kita makan kentang…atau roti…yang sama-sama mengandung karbohidrat, itu masih belum dikatakan “makan”. Jadi jangan heran kalau misalnya dipaksa makan nasi padahal sudah kenyang makan roti. Teman saya dari Korea bilang, “Ibu saya selalu menyuruh saya makan nasi sewaktu sarapan, meskipun saya sudah kenyang makan roti. Jadi kalau lihat saya makan roti…pasti ibu saya ngomel2”. Ternyata sama seperti ibu saya juga, hahaks😆


Leave a Reply

