~ A Whole New World…



Menulis itu susah ya? (tips menulis blog)

Ada sebagian orang bertanya, “gimana sih caranya biar bisa nulis?”… atau “kasih tips dong cara-cara supaya bisa nulis.” Heh? kalau ditanya seperti itu, jujur saya bingung sendiri mau jawab apa😆 Yang saya tahu, selama saya menulis ini tidak ada tips-tips khusus. Asal nulis aja, hoho:mrgreen: Begitu pula dengan blog, blog saya..maupun teman seperjuang y360 saya mungkin termasuk blog yang tidak pernah sepi. Maksudnya adaaaa saja yang diposting. Jadi coba cek saja. Setiap berapa jam sekali..selalu saja ada tulisan baru, hahaks😆 Kesannya seperti membabi buta memang, sampai-sampai ada yang bilang, “kayak minum obat…” atau “kecepatan yang luar biasa..” hohoho, jadi malu😳 Itu adalah pandangan orang lain. Tapi pandangan kami adalah, “Kok bisa ya nulis itu susah?” Padahal kami selalu saja tidak kehabisan bahan untuk ditulis. Kadang kami bingung juga, mana dulu yang mau ditulis, hohoho

Entahlah…kami juga ga tau kenapa kami bisa menghasilkan banyak posting seperti ini. Apa mungkin memang kami-nya saja yang hobi? hoho. So, sudah ketemu satu jawabannya. Jadi supaya bisa menghasilkan banyak postingan seperti kami adalah…jadikan itu sebuah hobi, alias senangilah kegiatan tulis menulis. Menulis apapun…mulai hal yang penting sampai tidak penting, hoho.

Nah, kalau dari diri kita sudah menemukan ‘rasa senang’ itu…gimana untuk inspirasinya? Banyak yang bilang, “wah..susah nyari inspirasi itu”. Kata siapa susyah?😛 Hal yang sangat simpel sekalipun bisa kok dibuat topik. Kita lihat disekeliling kita, apakah ada hal yang menarik? Misalnya cerita diri sendiri..atau orang lain..atau benda-benda sekeliling kita.. Kalau gak ada? ah, pasti ada😛 Setiap hal itu pasti punya cerita yang unik, baik benda maupun orang. Tinggal bagaimana kita mengangkat sebuah topik yang akan kita usung sebagai cerita itu. Yah, setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda. Misalnya kita dihadapkan pada suatu pemandangan yang sama, belum tentu kita akan membahas topik yang sama pula kan? Saya bisa membahas rumah, anda bisa bahas pohon. Inspirasi bisa datang dari mana saja kok🙂

Kalau mencari inspirasi dari sekeliling kita tidak berhasil? Hmm…apa ya? Oh, kalau gitu jadikan berpikir juga sebagai hobi saja, hoho. Tapi kalau yang ini agak bahaya (devil):mrgreen: Karena kalau kita sudah senang bermain-main dengan otak kita, kadang ada masanya terjadi konflik pikiran, hoho. Saya memakai cara yang ini juga untuk menulis. Karena saya memang suka berpikir. Jika anda salah satu orang yang ingin mencoba cara ini…bagaimana supaya kita jadi hobi berpikir? Salah satu cara yang saya lakukan sih…jangan takut bermimpi dan berkhayal. Ada yang bilang, “Ah, jangan berkhayal tinggi-tinggi..itu ga baik. Nanti kalau jatuh sakit loh.” Ah, mitos itu..hoho (devil). Buktinya saya fine-fine saja. Bermimpi itu menyenangkan kok. Dengan bermimpi kita akan lebih bersemangat mewujudkan mimpi-mimpi kita. Kalau apa yang kita harapkan tidak sesuai kenyataan? Ah, itu biasa..namanya juga hidup. Pasti ada hal yang menyenangkan dan tidak. Kalau setiap mimpi selalu terwujud, gak seru😛 ga ada liku-liku perjuangan dan tentunya ga ada cerita 8) Nah, kembali lagi kan…dari situ kita dapat deh cerita? hehe. Dan siapa tau, cerita-cerita itu nantinya dapat menginspirasi banyak orang😉

Itulah sedikit tips dari saya yang ke-akuratannya masih tidak tau, karena sampelnya masih saya saja, hoho. So, jangan biarkan blognya tidak ter-update…sayang kan, apalagi bagi yang punya domain sendiri. Kesimpulan yang aneh😆

Tapi kadang saya juga mengakui kok kalau menulis itu susah..yaah, pas nulis yang ilmiah-ilmiah, pas suruh nulis paper, hoho. Habisnya kata ayah, “bahasamu kurang ilmiah kalau buat paper”. Gaya bahasa saya kayak mengarang cerita, hoho. So, kadang sampe lamaaaa gitu mikir kata-kata yang cocok  apa. Harus yang formil bangat, ga boleh ada becandanya, hehe. Apa memang ga bakat nulis paper ya?:mrgreen:


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. Saya sedang berusaha untuk one day one post. :))

    | Reply Posted 7 years, 6 months ago
  2. * biomarin says:

    Setojos bu….bingung mana dulu yg mau ditulis

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago


Leave a Reply

