~ A Whole New World…



Perjalanan menuju Seoul & Kedubes Korsel

IMG_8703Kemarin itu adalah pertama kalinya saya bepetualang seorang diri ke Seoul. Tapi gak sendirian juga sih…karena saya janjian dengan teman di Gangnam (강남) Terminal. Oh iya, sekedar pemberitahuan saja, bahwa Gangnam terminal itu banyak sinonim-nya. Diantaranya : Gangnam terminal / Seoul Express Bus Terminal / Gosok Bus Terminal. Jadi kalau anda mempunyai janji bertemu di nama-nama terminal seperti di atas, berarti itu di tempat yang sama, hoho. Untuk mengetahui bagaimana cara menuju ke Seoul dengan menggunakan bus dari kota anda, silakan klik di link ini. Anda dapat mencari di Schedule Service Information.

Tapi tujuan saya adalah kedubes Indonesia di Korsel, so dari Gangnam Terminal saya harus melanjutkan perjalanan menuju ke Kedubes Indonesia di Korsel yang berada di Yeouido.

Alamat Kedubes Indonesia di Seoul (Korsel) :

55 Yeouido-dong, Yeongdeungpo-gu, Seoul
Telefon : +82-2-7835675 – 7, 7835371 – 2
Fax : +82-2-7804280
Email : konsuler@indonesiaseoul.org

jam kerja :
09.00-12.00 & 13.30-15.00 (Senin – Jumat)
Sabtu, Minggu and Libur Resmi tutup

Meskipun menuju ke tempat tujuan agak sedikit nyasar-nyasar…tapi saya akhirnya nyampai juga. Nyasarnya juga gak terlalu menkautkan, karena bareng temen saya, hoho :mrgreen: Menurut saya, untuk menuju ke Kedubes paling mudah dengan menggunakan subway (bahasa korea : jihacol / 지하철), meski agak ruwet juga sih, hoho. Subway seingat saya ada di dalam tempat yang namanya City Hall, bagian underground. Hal yang penting bila kita berkeliling dengan subway adalah kita mempunyai peta subway seoul.

Karena saya waktu itu tidak punya transportation card yang namanya “T-money Card” (kalau pakai T-money Card bisa diisi ulang), maka saya pakaiFoto0813 Single Journey Ticket Card. Di Seoul sekarang tidak menggunakan karcis lagi untuk tiket subway, melainkan card. Sepertinya ini baru saja diberlakukan. Karena banyak orang yang asing dengan sistem ini dan banyak petugas-petugas yang memberi petunjuk pada orang-orang yang hendak menggunakan subway. Tenang saja, di situ juga ada petunjuk yang menggunakan english. Lalu ada juga box untuk mengambil sisa uang dalam kartu, atau istilahnya “Deposit Refund Device”. Jadi kita akan menerima 500 won kembalian dan kartu kita akan masuk ke dalam box itu. Kartu subway ini yang unik. Kalau di Daegu, subway pake koin plastik sebagai karcisnya. Kata teman saya dari Deagu bilang bahwa dulu hanya Daegu satu-satunya subway yang tidak pakai karcis kertas. tapi sekarang ada Seoul, hahaks😆

Keterangan lebih lengkap tentang subway di Seoul dapat dibaca di sini

Gambar lebih jelasnya dapat dilihat di sini

Oke, saya akan memberikan sedikit cara bagaimana supaya kita dapat menuju kedubes dari Gangnam Terminal dengan menggunakan subway. Pertama kita naik subway line 3 jurusan Oksu/Yaksu/Daehwa turun di Jongno 3 (sam)-ga. Kemudian transfer ke line 1 jurusan Incheon/Cheonan turun di Daebang. Dari Daebang yok naik bis kuning no 61, hanya satu halte dari Daebang yok. Turun bis, jalan ke arah depan sedikit, dan ketemu deh kedubes Indonesia. Tapi kalau pun mau jalan juga gapapa kok. Jalannya luruuuss saja. Kemarin saya jalan dari Daebang yok ke kedubes, hehe. Kalau pulangnya… bisa jalan kaki, bisa juga naik bus. Kalau naik bus, kita harus nyebrang jalan dulu lalu naik bis kuning no 62 kembali ke Daebang yok. Haltenya dari penyebrangan didepan kedubes, jalan ke arah kanan. Sudah deh😉


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * Ct_OnDubu says:

    anyeong, slam kenal dr saya. Ohy bleh nanya g eonni? Wktu pergi k kedubes indo d korsel dlam rangka apa? Gomawo,,:)

    | Reply Posted 5 years, 3 months ago


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: