~ A Whole New World…



The simple Indonesian foods

Salah satu oleh-oleh pulang dari Seoul kemaren adalah…diajarin masak masakan Indonesia yang simpel-simpel sama mbak-mbak😆 Wuaah, senangnyaa😀 Nah, mumpung masih inget, sebaiknya diabadikan di blog aja kali ya..hoho:mrgreen:

Ayam lombok hijau

  • Pertama, haluskan lombok hijau dan supaya warna hijaunya masihFoto0808 ada, tambahkan pula air jeruk nipis sedikit
  • Haluskan juga bawang bombay, bawang putih, dan tomat hijau
  • Halusan bumbu tadi ditumis (dikasih minyak), tambahkan pula serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, garam
  • Setelah tumisan tersebut wangi, masukkan ayam yang sebelumnya sudah digoreng setengah matang. Dan bila ayamnya matang dan bumbu merasuk semua, siap disajikan😀

Ayam goreng bacem

  • Haluskan bawang putih dan bawang bombay kemudian tumisFoto0803
  • Tambahkan garam dan gula jawa (brown sugar)
  • Setelah wangi, tambahkan air kelapa (atau 1 kaleng minuman pocari) dan daun salam
  • Kemudian masukkan ayam-nya. Tunggu sampai kuahnya menguap dan bumbu merasuk pada ayamnya
  • Ayam diangkat dan siap untuk digoreng😉

Tahu isi

  • Iris wortel dadu kecil-kecil 
  • Tahu-nya diiris segitiga dan dibagian bawah dilubangi sedikit untuk memasukkan isi dari tahu isi-nya. Sisa tahu yang dilubangi dicampur kemudian dengan wortel yang telah diiris kecil-kecil.Foto0806 (Kalau tahu yang besar dibagi jadi 8. Sebelumnya rendam air garam supaya tidak hambar).
  • Tumis bawang putih yang telah dihaluskan sampai wangi
  • Masukkan bawang prei, daging giling, dan wortel yang telah diiris kecil-kecil
  • Masukkan tepung tapioka sekitar 1 sendok lah ke dalam tumisan tadi (fungsinya sebagai perekat saja). Oiya, jangan lupa garam dan merica-nya
  • Setelah matang, kemudian campurkan sisa tahu yang dilubangi. Dan setelah semuanya tercampur masukkan ke dalam tahu yang sudah dilubangi
  • Untung membuat lapisan tahunya, campur tepung terigu & tepung beras (3:1), tambahkan garam secukupnya (kalau mau pakai bawang putih bubuk dan kunyit bubuk boleh juga)
  • Tambahkan air sampai membentuk adonan yg kental (jangan sampai terlalu encer)
  • Masukkan tahu dalam adonan yang kental tadi dan digoreng deh😉

Selanjutnya yang dibawah ini, resep tanpa gambar:mrgreen:

Sambal sunda

  • Lombak, tomat, bawang bombay, bawang putih haluskan
  • Kemudian disangrai (tidak pakai minyak) dan tambahkan terasi
  • Sangrai sampai airnya hilang kemudian tambahkan sedikit minyak

Cumi bumbu tepung

  • Cumi sudah dibersihkan, potong sesuai selera
  • Membuat tepung untuk menggorengnya, yaitu : campurkan tepung terigu (banyak), tepung beras (sedikit), 1 siung bawang putih, dan garam, tanpa air
  • Setelah tepungnya jadi, masukkan cumi ke dalam tepung dan digoreng

Tumis sayur

  • 1 buah wortel, jamur (jenisnya sesuai selera), odeng, paprika, bawang putih, dan bawang bombay diiris menurut selera
  • Tumis sayuran tadi (pertama masukkan wortel terlebih dahulu)
  • Setelah sayuran yang ditumis setengah matang, tambahkan saus tiram dan garam
  • Masak sampai sayuran matang dan siap disajikan😉

Bakwan sayur

  • Iris wortel panjang-panjang dan iris bawang prei juga
  • Membuat adonan tepung : campurkan tepung terigu (banyak), tepung beras (sedikit). Campurkan garam, ketumbar bubuk, 1 siung bawang putih yang dihaluskan
  • Beri air hingga membentuk adonan, kemudian wortel, bawang prei, dan kecambah (taoge) dimasukkan
  • Setelah membentuk adonan siap digoreng😉

~ receipt by : Mbak Ria, Seoul ~

Alhamdulillah setelah sekian lama, akhirnya saya dengan bebas bisa memakan masakan indonesia tanpa rasa takut akan dweji gogi (pork)🙂 Tapi akurat gak ya? hohoho:mrgreen:


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. wihihi…praktekin masak2 sendiri lah.:D

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago
  2. * Aida says:

    good good🙂

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago
  3. * dita ade susanti says:

    widiw.. wid, dimasak, trus dikirim ke masan wid..hihi

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago
  4. Dikirim ke Cheongju juga boleh. Nanti aku test, sama nggak rasanya dengan yg kmrn😀 Alhamdulillah kalau lebih enak😀 tak ksh nilai A+ wid…..he2

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago
    • * adrianna says:

      kebalik mbak:mrgreen: mbak kan ada dapurnya, lah saya ga ada dapurnya… jadi mbak yang masak trus dikirim ke tempat saya, hoho😳

      | Reply Posted 7 years, 5 months ago
  5. * uchi says:

    hmmm… uenaknya… jadi laper nih…
    mba ria emang jagonya he..he..he
    buat widhi… T.O.P B.G.T deh tulisannya🙂

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago
  6. * yani says:

    widhi makasih ya catatan resepnya…. aku dah mati gaya mo masak apa😆

    tapi bingung juga bahan baku ayamnya😦 susah cari yg halal euy… aku pass deh menu ayamnya, kucoba kalo dpt daging ayam halal ajah😀

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago
  7. * yani says:

    wid, protes! time zone yg dipasang di blogmu ini waktu daerah mana ya??😀

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago
    • * adrianna says:

      hoho, iya mbak😆
      wes ta ganti skr…ga nyadar pasang waktu bagian greenland:mrgreen:

      | Reply Posted 7 years, 5 months ago


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: