~ A Whole New World…



kristen di Korea

Kemarin saya sharing dengan mbak-mbak muslimah di Korea tentang bagaimana suka duka menjadi muslim di negara yang minim muslim. Ceritanya unik dan menarik-menarik😀 Terutama soal invitation to church itu😆 Ternyata almost semua orang mendapat invitation gratis itu, hoho. Dan sampai akhirnya kami berdiskusi tentang kristen yang ada di Korea. Ternyata kristen di sini menganut “Jehovah” (katanya sih). Dan katanya juga, kristen itu yang paling dekat dengan islam. Berhubung saya tidak tahu menahu masalah ini, saya jadi lebih ingin tahu dan tambah penasaran:mrgreen: Setalah saya bertanya pada milis, berikut salah satu jawabannya :

yang dimaksud kristen yang di Korea itu namanya “Jehovah”..
pas kemarin di seoul yog, aku ketemu halmoni yang menyapa dengan bahasa inggris, dan ingin memberi majalah mereka.
judul majalah yang sering diberi itu “awake” awalannya isinya tentang “money management”, “earth”, topik2 umum, tapi di dalamnya ada majalah lainnya, yang aku punya itu “the watch tower” yang sedang membahas topik “who is God”,
membahas :
1. is God a real person?
2. does god have a name?
3. is jesus almighty god?
4. does god care about me? nah tapi penjelasan pandangan mereka dari pertanyaan pertama,
Jesus bukanlah tuhan, dan benar tidak ada satupun orang yang pernah melihat tuhan selama ini. tapi ternyata dilanjutkan ini bukan berarti tuhan tidak menyerupai fisik manusia, sehingga disimpulkan tuhan adalah manusia. “because god is a person, he also has a personality with likes and dislikes-even feelings”

dan pertanyaan ke-2 disebutkan namanya adalah “jehovah”, dengan penjelasan, tidak bermasalah memanggilny dengan nama yg lain seperti Lord, almighty, father, dst

dikatakan bahwa Jesus is not god almighty. That is why he spoke of his father as “my God”

pertanyaan ketiga ditanyakan, kalau tuhan sayang, kenapa ada penderitaan? lalu ditanyakan tentang syaitan, siapa yang menciptakan syaitan, dst, dan dijelaskan kisah adam, hawa yang memakan buah, karena dibujuk rayu syetan.

wallahu’alam
mungkin ada yg bs menambahkan?
kalau diriku tidak mau berdebat panjang dengan mereka2 ini.

Begitulah sedikit ulasannya. Tapi sepertinya saya masih butuh banyak referensi soal ini lagi deh, hoho. Sebenarnya saya cuma ingin tahu, bagaimana sih jalan pikiran mereka? Abisnya agak terherman-herman juga, kok ya ga bosen ngajak saya ke church terus…jelas-jelas saya ga mau:mrgreen: maap jika ada kata-kata yang kurang berkenan🙂

~ thx mbak dita-masan atas inponya


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. Salam Maya!

    Ku tau artikelmu bukan provokasi.
    Ketahui jugalah trinitas itu ada walau angel.
    Sedangkan “tertiga”-ku pun: tubuh-jiwa-roh
    Tak ada yg bisa bantah. Bagaimana lagi trinitas.

    Salam Pikir Tiga!

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago
    • * adrianna says:

      wuaah, senangnya ternyata ada yang reply😀
      terimakasih ya ^^
      kalau memang tau banyak hal tentang artikel yang saya tulis, saya mau kok jelaskan..tapi gratis ya, hoho:mrgreen:

      | Reply Posted 7 years, 5 months ago
  2. * JABRIG says:

    assalamualaikum wr wb.

    wah pengalamannya seru abis. gak usah berdebat dengan mereka. adriana berusaha aja menjadi muslim/muslimah yang baik. tunjukkan klo islam itu rahmatan lil’alamin. muslim itu tidak seperti yang di kabarkan di media2 yang penuh dengan kekerasan. smoga adriana senantiasa istiqomah. apalagi di negeri orang.

    | Reply Posted 7 years, 5 months ago
  3. * kuturut kehendakMu says:

    menarik.. sebagai orang Kristen, saya mau bicara, di Indonesia sendiri, ada ajaran2 yang spt itu… dlm artian, mereka yang menamakan diri saksi Yehova, atau saksi Yehua, mereka seolah2 berkedok orang Kristen, padahal mereka tidak percaya Trinitas, saya senang dengan kesediaan Anda menulis artikel ini, biar kita bisa saling share, kalau boleh saya ingin menjawab pertanyaan yang Anda tulis:
    1. is God a real person?
    bukan dengan maksud untuk mengkotak2 kan perbedaan kita🙂 saya hanya share, saya jawab, iya.. dengan alasan, Allah karena kasihNya pada manusia, memberikan anakNya yang dikasihiNya kepada kita, manusia2 berdosa untuk dengan sengaja di salibkan, agar apa? agar kita sebagai orang2 berdosa bisa selamat, sampai disini bisa mengerti? ilustrasinya spt ini.. seorang ayah sayang kepada anaknya dia mengorbankan dirinya demi melindungi anaknya. dlm ilustrasi ini ayah adalah Allah yang dengan sengaja menjelma jadi yang Anda tau namaNya Yesus, yang adalah manusia untuk turun ke bumi yang mana, manusianya penuh dosa, kalau Anda tahu, Adam dan Hawa, itu juga adalah orang yang diciptakan Allah untuk membawa manusia2 (keturunan mereka) agar bisa mengasihi Allah seperti Allah mengasihi anakNya yang mana saat ini adalah Adam. Tapi Adam jatuh ke dalam dosa dengan memakan buah pengetahuan yang dilarang Allah untuk dimakan oleh Adam dan Hawa. setelah itu Anak Allah lagi, yang Anda tahu NamaNya Yesus , mau taat sampai mati di atas kayu salib. sampai disini bisa mengerti? pasti Anda menayakan, kenapa kalau Allah mengasihi manusia saat itu (Adam dan Hawa) kok diletakanNya buah itu (buah pengetahuan yang dilarang untuk dimakan) saya mau jawab begini : justru disitulah Allah ingin kita untuk taat. paham, ilustrasinya spt ini seorang muda mudi, mereka berpasangan, yang cowo mau menguji kesetiaan yang cewe, dengan diajak pergi bersama dengan teman2 yang lain.. ada beberapa teman cowonya yang bisa dikatakan berperawakan menawan, tampan, kaya pula… dengan sengaja diperkenalkan pada si cewe, tapi sebelum pergi si cewe diperingatkan, janganlah kamu menaruh hati padanya, atau aku akan marah! memang pada awalnya si cewe tidak tertarik… tapi si iblis menggoda dengan mengatakan spt ini : wahai cewe, lihat itu dia lebih tampan lho… ayo laah, telpon dia, pigi bareng sama dia, toh cowomu nda akan marah kok.. dia lho sayang sama kamu… ayo lah…

    singkat cerita si cewe melakukan apa yang dibisikan oleh iblis. sejak saat itu cowo nya marah…
    di sini Allah sbg cowonya, Adam dan Hawa sbg cewenya, dan ketika mereka makan buah itu, Allah marah dan menghukum mereka dengan dikeluarkan dari taman Eden. dari sanalah mula2 adanya dosa. bisa mengerti sampai disini?

    2. does God have a name?
    surely I say, yes. Anda tahu Trinitas, meskipun mungkin Anda tidak memahami Trinitas itu apa. Allah, Anak dan Roh Kudus. itu lah Trinitas. Allah bisa juga disebut Anak yang Anda tahu namaNya Yesus. bisa juga disebut Roh Kudus. di Alkitab diceritakan seorang wanita yang bernama Maria, melahirkan anak, tanpa melakukan hubungan suami istri dengan suaminya (bukan bermaksud untuk berbicara yang tidak baik) lalu dengan kabar yang dibawa oleh malaikat Gabriel, “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.”(Lukas 1: 30-31) dan ada lagi : ”Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!” Anda boleh memanggilnya Bapa, Anda boleh memanggilNya Tuhan, Anda juga boleh memanggilNya Yesus.

    3. is Jesus Almighty God?
    yes. surely I say, yes. “Kepada Imam Besar Yesus juga mengaku bahwa Dia adalah Allah.” (Yohanes 8:58.)
    Yesus berkata : ”Sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.” Yohanes 8:53-59. Kalau Anda tahu silsilahnya Abraham ada sebelum Yesus lahir, tapi Yesus mengatakan seperti ayat Yohanes 8:58

    4. does God care about me?
    menurut Anda? dalam penjelasan saya di nomer 1. juga menjawab hal ini. sekarang saya jelaskan untuk no.4 kalau Allah tidak perduli kepada kita, Allah tidak akan repot-repot mau turun ke dunia menjelma menjadi manusia dan disalibkan atas tuduhan dosa-dosa yang diberikan oleh pemuka-pemuka agama saat itu. ilustrasi seorang ilmuan yang menciptakan mahluk yang satu mengatakan pada ilmuan yang lain. “buat apa kamu bela-bela’in menciptakan mereka, toh mereka juga nda sayang sama kamu.. liat itu. mereka nolak kamu. liat itu mereka tidak percaya kepadamu, liat itu mereka menghina kamu.” ilmuan yang menciptakan ini sedih….. tapi karena kasihnya si ilmuan tadi dengan sengaja menyayat tangannya dan keluarlah darahnya, biar bisa jadi pelengkap (istilah kimianya bisa dikatakan zat) agar si mahluk jadi mahluk yang sempurna. ilmuan yang menyayat ini adalah Allah yang saat menyayat tanganNya Dia menjelma menjadi manusia yang Anda tahu namaNya Yesus. dan mahluk adalah manusia. saya, Anda.
    kalu ada pertanyaan, boleh ditanyakan di email saya

    | Reply Posted 5 years, 2 months ago


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: