~ A Whole New World…



Beda pandangan

Kemarin malam, saya dan room-mate baru saya (dari Filiphine) berdiskusi tentang tujuan kami di Korea itu ngapain saja. Kalau saya sih, of course lah jadi student yang baik 😀 hehe, maksudnya saya mengkondisikan diri saya itu benar-benar student yang orientasinya adalah ilmu. Jadi ya saya tiap hari ke lab untuk kerja dan belajar tentang subject saya. Saya pun dapat part-time job untuk melakukan risetnya pak prof. Dari situlah salary yang saya dapat. Dan bagaimana saya bisa sampai di sini pun, itu memang benar-bener jalurnya secara akademis.

Beda halnya dengan teman saya yang dari Filipine itu. Berhubung umurnya sudah 26 tahun, makanya jalan pikiran dia adalah bagaimana dia bisa mendapatkan uang. Kedatangannya ke sini pun niatnya bukan sebagai student. Tapi sebagai pekerja dan missionaris, hoho. Biaya akademis, dia dapatkan dari orang yang mempromosikan dia, salah satu orang di gereja juga. Jadi pendidikan, it’s not really important for hers. Setiap hari yang dia bicarakan adalah peluang dia untuk bekerja. Sekarang target dia adalah bagaimana dia dapat mendapatkan uang dengan cara mengajar english. Karena dari lab, dia tidak dapat salary seperti saya. Jadi dia menjalin banyak relasi dengan teman-teman dari filiphine yang kerja di sini, dengan harapan dia juga bisa dapat kerja juga. Dia ingin sebagian uang yang dia dapatkan di sini dapat dikirim ke orang tua-nya. Bahkan, dia sekarang sudah berpikir untuk tinggal di apartment yang katanya lebih murah daripada tinggal di asrama. Temannya yang menawarkan. Makanan di downtown memang lumayan murah sih. Dengan 1000-2000 won kita sudah bisa beli kimbap atau (떡찜) Tteokbokki. Transport…tinggal nebeng bus kampus gratisan. Wuah, udah mikir sampe gitu ya? hoho. Saya sih masih gak mikir. Yang ada dalam otak saya, saya bisa melakukan riset dengan baik. Karena teman-teman di Indonesia juga kebanyakan saya kenalnya mereka adalah student, bukan pekerja. Yah, beda pandangan

Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * havban says:

    iya.. mending kamu riset aja yg fokus..

    Soal duit.. biar suami kamu aja yg pusing mikirin.. *weeeh..* 😛

    | Reply Posted 8 years ago


Leave a Reply

