~ A Whole New World…



care dengan pembaca

Kemarin teman saya berkata, “Sebaiknya setiap yang komen di blogmu itu, dibales dong. Itu menunjukkan kalau kamu care dengan pembaca blogmu”. Hmm, gitu ya? (thinking). Yah, memang sih selama ini saya jarang membalas komen-komen yang masuk di blog saya…mohon maap ya kalau ada yang merasa tidak diperhatikan😀 . Tapi sebenarnya maksud saya bukan begitu kok. Saya malah baru tahu kalau komen tidak dibalas itu tanda ga care, hoho. Karena kebiasaan saya dari dulu, ya memang gak pernah bales komen. Malah saya pernah berprinsip, biarlah komen untuk pembaca, hoho. Kalau ada pertanyaan atau pembelaan dari saya, baru deh saya kasih komen. Bukannya sombong…tapi saya tidak siap untuk jadi artis saja, hahaha😆 Padahal saya bukan sapa-sapa😳 Dan saya pikir jarang ada yang mau baca blog saya, karena blog saya kan gak bagus…dan isinya pun curhat abis, hahaks😆

Tapi, siang ini saya baca blognya Radithya Dika… Biasa kan, blog dia ada e-mail2 yang kebanyakan pembaca setianya. Dan salah satu e-mail yang menarik perhatian saya itu ini :

Email dari Arum Prawiti:

Gw seneng sm semua orang terutama generasi muda Indonesia yang fokus sm hal2 yg bermanfaat dn mereka konsisten sm dunianya (utk aktivitas2 yg positif ya mskd gw). Well,mungkin penulis buku or novel itu banyak jumlahnya, tp sejauh pengamatan gw,,lo salah satu yg sukses lahir batin. Sukses lahir maksud gw,buku dan film lo sukses,blog lo juga rame yg ngunjungin. Nah sukses batin ini yg gak semua org sukses bisa maknain. U treat ur readers better, and u consistent to ensure their satisfaction because u love them. That’s why,u always have loyal readers. Klo boleh sedikit beropini, artis2 jaman sekarang dah ngerti bgt fungsi fans bagi mereka, but the fake one will always being seen. Fans itu bukan buat “fungsi” spy tenar doang, tapi buat penyemangat. Mungkin lo udah ngerti bgt hal itu, makanya gw bilang : lo sukses lahir batin. The last but not least, keep on ur good work,keep on inspiring others, and dunno forget to influence the generation of hope to make Indonesia better.

Hmmmm.

Sebelumnya, I do love writing for people, tapi gue sekarang mencoba untuk menulis untuk orang yang juga bisa membuat gue happy. Jujur, itu yang bikin agak susah akhir-akhir ini. Dengan banyaknya ekspektasi orang, kadang itu juga jadi beban/tekanan buat kita, penulis-penulis yang sedang menulis buku baru ini.

Tapi satu hal yang gue pegang terus, pembaca (gue agak gimana kalo nyebutnya “fans”, berasa artis syineytrong) adalah harta untuk tiap penulis. Harta dalam artian, mereka yang membeli buku kita, mereka yang mengapresiasi karya kita, dan mereka yang membuat kita terus dan terus konsisten membuat karya yang engga malu-maluin.

Penulis tuh beda dengan pemain band atau artis sinetron, hubungan penulis-pembaca itu dekat karena yang memisahkan mereka berdua cuman huruf yang dibuat sendiri oleh penulis itu sendiri. Coba tanya ke semua penulis, pasti mereka bilang pembaca setia adalah salah satu alasan kuat bagi mereka untuk tetap menulis bagus. So, it’s my pleasure (and us, writers) to give my readers the best.

Hmm..gitu ternyata. Bener juga kata dia, pembaca setia adalah salah satu alasan kuat bagi mereka untuk tetap menulis bagus. Dulu waktu saya masih aktip menulis, karena request dari pembaca juga akhirnya saya bisa menyelesaikan tulisan saya…hoho. Begitu pula soal komen. Kalau komen kita direspon seneng juga sih, hoho. Jadi intinya adalah membuat orang lain menjadi senang🙂 Itu yang saya pelajari sekarang.


Leave a Reply

