~ A Whole New World…



Teaching english is difficult

Itu keluh teman saya dari Filiphine pas pulang ke dorm. Lalu dia bercerita macam-macam. Katanya dia mengalami dilematis, hehe. Jadi kemarin itu ada orang tua murid datang ke kantor nanyain, kok bukunya masih kosong gini? Kan dikasih buku panduan satu-satu muridnya. Tapi pelajarannya masih chapter 1, introduction. Kok selama berhari-hari introduction mulu sih? Gitu protes para orang tua. Laah, gimana…merekanya chapter 1 masih ga ngerti masak mau ke chapter 2? Jadi problemnya adalah…mereka sama sekali gak tau bagaimana cara membaca. It’s good if they know how to read. Jadi teman saya pun mengeluarkan jurus-jurus mengajarnya supaya menyenangkan dan gak boring. Temang saya mengulas lagi tentang pelajaran alfabet melalui papan alfabet-nya yang ada gambar-gambarnya itu. Itu bagus untuk vocabulary mereka juga. Dan kalau muridnya mulai bosan, dia mengajarkan nyanyian gereja pakai english. Gitu aja kadang ada satu-dua murid bilang, “mula” (= ga tau). Jadi kalau misalnya kelas udah berakhir dan siswanya ga ngerti sama sekali..terus ditanyain sama ortunya belajar apa, dia hanya jawab, “mula”…itu yang membuat teman saya syedih. Memang prinsip teman saya itu cukup idealis, kalau satu bab ini belum dikuasai jangan menginjak ke bab selanjutnya. Biarkan mereka ngerti dulu. Tapi para orang tua dan pengajar lain ga terima dengan cara teman saya itu. Mereka ingin anak-anaknya belajar ada yang dalam buku ini aja..dan cepat menginjak ke bab selanjutnya, hehe. Teman saya itu bener-bener total sebagai guru ya (ternyata sebelumnya di Filiphine, dia uda pernah jadi guru…pantesan aja😛 ). Tapi susah juga kalau diprotes gitu😛 Mereka (orang tua murid) itu ingin melihat bukunya itu berisi lembar kerjanya dan teman saya menilainya dengan tulisan, “very good” Hahaks. Tapi katanya ada satu hal yang membuat dia tersenyum di kelas itu. Dia mendengar ada murid yang bilang, “It’s interesting”🙂


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * aJOemOni says:

    dari dulu…pingin ngajar english….
    tp gada yg mau tak ajarin.. hoho..😆

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
    • * adrianna says:

      aku minta ajarin mba ajoe deh😳

      | Reply Posted 7 years, 4 months ago


Leave a Reply

