~ A Whole New World…



Islam & Ilmu bumi

Subhanallahūüôā Ternyata Allah telah mengatur semua ini dengan indah. Apalagi semuanya ini sudah tertuang dalam Al-Qur’an..tinggal bagaimana kita mengkaji lebih dalam tentang misteri-misteri alam semesta ini.

“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Quran itu benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?” ~ (QS. Fussilat : 53)

Saya ada beberapa cerita tentang ilmu dalam Al Qur’an yang ada kaitannya dengan geologi (ilmu bumi). Bahwa ada seorang profesor Ilmu Bumi dan Ketua Departemen Ilmu Bumi di Institut Geosciences, Johannes Gutenburg University, Mainz, Germany, yang bernama¬†Profesor Alfred Kroner mengomentari beberapa ayat Al-Quran dan Hadits Nabi Muhammad SAW.

Profesor itu berkata bahwa banyak pernyataan-pernyataan yang dibuat pada waktu itu bisa dibuktikan, akan tetapi bahwa metoda sains modern saat ini berada dalam posisi untuk membuktikan apa yang dikatakan oleh Muhammad saw 1400 tahun yang lalu.

“Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tidak juga beriman?” ~ (QS.¬† Al-Anbiya :30)

Maksud ayat ini sebagaimana Ibn Abbas, Mujaahid, dan lain-lainnya mengatakan bahwa langit-langit dan bumi dulunya adalah saling menempel atau terpadu bersama, dan bahwa kemudian mereka terpisahkan satu sama lain. Profesor tersebut berkata, bahwa tidak mungkin seseorang mengetahui tentang fisika nuklir 1400 tahun yang lalu dan berpikir bahwa bumi dan langit memiliki asal muasal yang sama.

Kemudian berdiskusi tentang geologi Arab. Jadi, “Apakah Arab pernah dipenuhi dengan kebun buah-buahan dan sungai-sungai?”. Profesor tersebut menjawab, “Selama Era Salju (Snow Age). Dan selanjutnya diketahui bahwa Kutub Utara icebergs perlahan-lahan bergerak ke arah selatan. Ketika kutub icebergs tersebut secara relatif berdekatan dengan Semenanjung Arab, iklim akan berubah dan Arab akan menjadi salah satu dari bagian yang paling hijau dan paling basah dari dunia”. Kemudian apakah Arab akan menjadi dataran yang penuh dengan kebun buah-buahan dan sungai-sungai? Beliau menjawab iya. Nah, ada yang aneh di sini. Mengapa profesor itu bisa meramalkan bahwa Arab akan dipenuhi buah-buahan lagi…akan subur lagi? Dan profesor itu pun menjawab, “Faktanya adalah sains”. Jadi Era Salju Baru (new Snow Age) sebenarnya telah dimulai. Dan kita bisa melihat salju merangkak sekali lagi dari Kutub Utara ke arah selatan. Bahkan, kutub salju saat ini sedang berada di jalan untuk mendekati Semenanjung Arab. Kita bisa melihat tanda-tanda ini di dalam badai salju yang menghujani bagian utara Eropa dan Amerika setiap musim salju tiba. Ahli sains memiliki tanda-tanda yang lain dan informasi yang membuktikan awal dari Era Salju baru. Ini adalah fakta sains.

Wuaaah…Subhanallah. Jadi apa yang diketahui oleh para ahli sains,¬† penemuannya memakan waktu yang sangat panjang dan dengan bantuan peralatan-peralatan yang khusus. Akan tetapi Nabi Muhammad saw telah menyebutkan ini 1400 tahun yang lalu.

“Hari Akhir tidak akan datang kepada kita sampai dataran Arab sekali lagi menjadi dataran berpadang rumput dan dipenuhi dengan sungai-sungai”.¬†(riwayat Muslim)

Jadi akankah kita tetap memberi batasan antara sains dan agama?ūüėČ

Referensi : Islam & Geologi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: