~ A Whole New World…



Uljin invitation (part 1) ~ membangun mimpi ^^

Foto0928Dikira ngapain aja coba…judulnya membangun mimpi sgala…hahaks. Yup, hari Sabtu kemarin saya dapet invitation dari prof dengan member lab di Daegu buat ngeliat Organic Food Expo ~ Uljin Korea 2009. Kata pak prof ini diadakeun setiap 4 thn skali di uljin dan ini kedua kalinya diadakan expo agriculture semacam ini. Di sini sasarannya emang untuk para farmer dan anak-anak. Mereka sengaja diperkenalkan hal-hal yang menakjubkan…hal yang modern…salah satu contoh nih, mysteriousFoto0910 mirror. Lah wong itu cermin cekung, dimana-mana sifat cermin cekung kan terbalik. Nah, anak-anak kecil interested banget tuh. Lalu teknologi canggih-canggih seperti layar LCD touched screen dengan berbagai macam games dan knowlegde tentang agriculture tentunya. Dan masih banyak lagi… (nanti coba saya ulas yang inget2 wae..hihihi). Tiketnya murah… cuma 7000 won per orang untuk orang dewasa. Nah, lebih mahal beli pizza dari padabeli tiket masuk kan..hihihi.

Saya pergi ke Uljin bersama 2 lab-mate saya. Saya juga ketemu 1 lab-mate saya di expo itu, tapi kami beda grup. Kalo yang 1 lab-mate saya itu ikut grup farmer-member katanya, hehe. Dia emang keluarga farmer. So, cuman ber-3 saja saya jalan2nya? No..no, saya sama pak prof-prof dan mahasiswa dari daegu janjian ketemu di expo. Jadi kami ber-ramai2 kok, hehe.

Oke, saya akan bercerita…kenapa judulnya adalah membangun mimpi? Karena semua mimpi-mimpi saya ada di expo ini🙂 Khayalan dan impian-impian saya kian membabi buta saja..hahaks😆 Yah, impian saya yang lain adalah membuat sekolah taman kanak-kanak (selain membuat perpustakaan kecil itu, hoho). Jumat malamnya, sebelum saya berangkat ke expo itu…kami (saya, Syifa, & masDri) chat membahas TK impian kami. TK yang di pedalaman (bukan hanya anak kaya yang jadi muridnya)…TK yang mengajarkan pada murid2nya untuk kreatip…TK yang beda laah dari yang lain😀 . Terinspirasi TK temennya Syifa, terinspirasi TK tempat saya sekolah di Japan dulu. Butuh biaya banyak dong? tentunya😀 Maka dari itu, kami menerima para sukarelawan untuk memberikan modal pada kami…karena kami tidak ambil laba atas sekolah ini…ini kegiatan sosial… hahaks, malah promosi iki (doh).

Kembali ke membangun mimpi yang ada di expo itu. Di sana…banyak berbagai pavillion yang dipaparkan. Smua pavillion uda saya masukin, kcuali nonton pilem animasi 3D berdurasi 40 menit. Ah, temen-temen saya diajakin pada gak mau niiih. Padahal kan saya pengen…gara-garanya tuh ada yang pamer nonton Ice Age 3D, hiks😥 Anyway, kembali ke tempat pavillion-pavillion di expo. Pertama saya mengunjungi pavillion yang memamerkan teknologi-teknologi canggih. Jadi semuanya serba touch screen dan yang ditampilkan masih berhubungan erat topik agriculture. Jadi semacam ensiklopedia gitu..misalnya darimana Brazil mendapatkan energi (kalo kendaraan bermotor sudah mengembangkan bioetanol kan?)…jadi kita bisa tau negara-negara yang mengembangkan energi rendah carbon. Namanya juga menunjukkan natural eco-farming, hehe. Lalu kita juga bisa mengetes, makanan yang kita konsumsi sehari-hari itu termasuk makanan sehat atau tidak. Tuh di gambar paling kanan, jadi kita tinggal mencet layar aja menu makanannya. Kayak games kan? hehe

Foto0917 Foto0915 Foto0924

Ada juga pengenalan penemu-penemu dan hukum-hukumnya. Ada einstein, newtoon,… dan kita dipaparkan bentuk kecil percobaannya.

Foto0921 Foto0920 Foto0916

Terus saja juga nemu hal-hal yang lucu😀 dan cukup mendidik, hehe. Ada rumah-rumahan semut, lalu mysterious mirror kata saya tadi. Ada juga tulisan kartun lucu, yang dipaparkan oleh LCD..hehe

Foto0923 Picture 075 Foto0925

Itu untuk pavillion natural eco-friendly agriculture yang tenaganya diambilkeun dari tenaga surya loh ternyata…hehe.

Kemudian kami berkunjung ke insect tour pavillion. Wuaah, pengawetannya dibentuk lucu-lucu..hahaks. Beikut adalah poto-potonya. Itu ada kandangnya kumbang..trus kami juga dikenalkan cara memelihara ulat sutera sampe mendapatkan benang dari kepompong ulat sutera itu…wuaah, lucunya😀

Picture 047 Picture 056 Picture 066

Selain itu, di outdoor ada juga kita diperkenalkan budaya-budaya korea. Misalnya nih.. kayak menulis harapan2 di kertas dan diiketkan pada tali yang uda disediakeun, trus ada permainan memasukkan tombak ke keranjang…dan ada juga gimana cara memilah dan menumbuk padi…hehehe.

Foto0935 Foto0936 Foto0937

Dekat dari situ ada juga kolah ikan yang diberi minum susu dot gitu..hahaks. Jadi kalo pengen ikan-ikannya ngumpul, tetesin aja susunya. Kretiap juga😀 Lalu ada juga kandang2 hewan kayak kelinci, burung, ayam. Telur-telur ayam itu dibiarkan di ruang inkubator danFoto0892 nanti menetas sendiri di dalam ruang inkubator itu…pas saya ngeliat, pas menetas…lucunyaaa. Aquarium of course ga ketinggalan. Karena Uljin itu emang daerah pantai (dan terkenal dengan kepitingnya) makanya hewan lautnya bervariasi dan bagus-bagus, hehe. Walah, saya jadi inget masakan yang yang pas saya makan di Uljin. Enyaaaakk gitu…tapi spicy sih. Namanya Haemul-sundubu (해물순두부). Jadi sup tofu dan seafood.

Kembali ke expo..hehehe. Ada yang unik di sini, bentuk tanemannya lucu-lucuuu. Ada kaktus warna-warni dibentuk lope-lope atau kembang-kembangan.

Picture 029 Picture 031

Ada juga yang penataan bunga yang unik-unik seperti ini…

Picture 033 Picture 057 Picture 034

Terus ada yang paling unik ini. Ada pohon tomat…hahaks. Jadi dari 1 biji menjadi 15000 buah. Wuaaah keren. Buah tomatnya merah-merah menggantung-gantung gitu. Bagus. Bener-bener inspiratip sekali kan😀 Tuh ada juga cara bikinnya gimana..hehehe.

Picture 051 Picture 052

Salah satu impian saya yang lain…saya ingin menanam berbagai sayuran di rumah saya nanti atau di TK itu (blush). Jadi ada macem-macem. Melon, timun, daun bawang, daun salad, terong, lombok, strawberry, paprika, dll juga deh kalo bisa ditanam ya ditanam..hehehe.

Picture 120 Picture 121 Picture 059

Nah, begitulah impian saya…hehehe. Mudah-mudahan bisa terwujud…amin🙂 Dan kunjungan ke expo pun usai…dilanjutkeun ke perjalanan selanjutnya. Denger-denger sih mau ke tempat spa…hihihi


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * nand says:

    lah,,ada yang ngiri ya sama Ice Age 3 3D?
    B) hahhahahha,,,

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
    • * adrianna says:

      dirimu iku sih (annoyed)

      | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  2. * yani says:

    aku pengeen ikutan deh liat expo-nya. lucu-lucu:mrgreen:

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
    • * adrianna says:

      iya mba…dateng aja..masih sampe 16 agustus kok😀

      | Reply Posted 7 years, 4 months ago


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: