~ A Whole New World…



Saran & kritik untuk ultah Indonesia

Maap saya telat nulis ini. Harusnya pas ultah indonesia ya nulisnya. Hahaks, maklum…saya mengalami kecapean jiwa dan raga kompleks..hahahaks. Abisnya pake nge-drop juga badannya, jadi ada waktu luang milih tidur deh, hehe…lah kok malah curhat😛

Oke, dimulai saja. Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan kepada Indonesia, utamanya untuk generasi penerus. Cuman sekedar memberi sedikit wacana aja. Hmm… begini. Dengar-dengar nih ya, ada suku pedalaman Indonesia yang menggunakan hangul (tulisan korea) sebagai hurupnya (sumber di sini). Nah pertanyaannya adalah…kok ya bisa tercover sama orang Korea ya? Dan kok ya kecolongan orang Indonesia? hohoho. Entahlah… saya juga tidak ingin siapa menyalahkan siapa. Yang jelas, di Indonesia ini masih banyak orang-orang yang diabaikan dan tidak dipedulikan seperti itu. Yah, bentuk tidak care. Ini bentuk yang nyata sekali keliatan. Bentuk yang samar-samar….banyak orang yang lari dari Indonesia, contohnya : seniman-seniman ina, orang-orang pinter ina, dll. Mau tau, sebenarnya orang ina itu pinter-pinter loh. Saya akui itu. Dan ya, kalo saya bandingkan dengan di Korea ini…. mahasiswa ina dan mahasiswa korea-nya sendiri aja… mahasiswa ina itu rajin banget, hahaks😆 Tiap hari…siang malem dateng ke lab. Tapi kok ya Korea bisa maju gitu negaranya, padahal anak mudanya pacaran terus…hahaha.Ngomong-ngomong soal pinter juga, saya kasih inpo sedikit tentang sistem pendidikan di Korea ini. Ternyata ya….s1 (undergraduate) di Korea itu ga pake thesis (TA atau skripsi) loooh (woot). Jadi mereka itu pas akhir semester pada berbondong-bondong ikut lab-nya prof dan setelahnya musti buat report tentang apa aja yang uda dilakukan di lab itu. Biasanya sih berkelompok. Nah loh, enak kan? Memang katanya kalo masih s1 sistemnya paketan gitu…jadi lulusnya pas 4 tahun. Beda sama ina…yang masih molor2 dan syarat lulus adalah kita menyelesaikan thesis kita. Belum lagi yang thesisnya pake project sendiri..wuiih. Hebat kan…uda bisa ngerancang penelitian sendiri. Maka dari itu kelemahan orang Korea ini kalo uda s2, nulis thesis agak kesulitan…apalagi in english. Pantesan…pas ta tanya risetnya apa, mereka ga nyambung..hahaks. Dan pertanyaannya lagi adalah….padahal kalo diliat dari sistem pendidikannya indonesia kayaknya berkualitas banget, kenapa ina ga maju-maju ya?hehehe

sekedar wacana aja ~ maap bila ada kata kurang berkenan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: