~ A Whole New World…



Sekilas tentang beras

Cuman share dikit soal beras… selengkapnya gugling sendiri ye…wekeke πŸ˜›

Kalo kita di Asia Timur (seperti Jepang ato Korea)…. biasanya pake jenis beras japonica. Nah, struktur berasnya itu bulet2 gitu… punel, agak keras. Jadi enak kalo dimakan panas-panas. Karena itulah, nasi Jepang ato Korea gampang banget dimakan pake sumpit πŸ˜€

Beda halnya kalo orang timur tengah. Biasanya pake jenis beras indica. Jadi struktur berasnya panjang-panjang gitu… kayak bihun yang remuk, hehehe. Rasanya… hehe, emang aneh sih.. ga kayak beras japonica ato beras indonesia pada umumnya. Dan beras ini agak lembek, ga kaku. Jadi susah buat pake sumpit.

How about Indonesia? Nah, menurut artikel yang saya baca… beras Indonesia itu termasuk jenis javanica. Dimana beras IR8 ternyata hasil persilangan antara japonica dan indica. Jadi berasnya emang ga bulet2, ga panjang2… ga kaku, ga lemes.. sedang2 aja lah, hehehe. Dan satu hal lagi, beras ini ternyata susah dibuat pake sumpit, hehe. Makanya kalo di indonesia jangan sok-sokan pake sumpit.. karena berasnya emang ga cocok untuk buat makan pake sumpit, hehe.

Nah, sekarang… telah diciptakan beras transgenik buatan eropa. Namanya golden rice. Beras ini mengandung banyak beta-karoten. Jadi maksudnya adalah dengan mengkonsumsi beras ini, tidak akan ada lagi yang namanya kekurangan vitamin A… hehehe. Berasnya warnanya kuning. Tapi orang-orang masih belon berani mengkonsumsi beras GMO ini, alias Genetically Modified Organism. Kapan hari saya sempet panen lo golden rice ini… wuaah, bener-bener kuning berasnya…hehe

Beda lagi sama risetnya pak prof saya sekarang. Sekarang beliau sedang mengembangkan riset beras transgenik yang high-calsium. Jadi kebutuhan calsium kita terpenuhi dengan makan beras itu. Kalo gak salah, gen-nya pake CAX.

 

Salah satu sumber :

http://anekaplanta.wordpress.com/2008/01/01/padi-oryza-sativa/

Advertisements

Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * Zero says:

    Udah ketemu klo IR-64 dari mana? πŸ˜€

    | Reply Posted 7 years, 8 months ago


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: