~ A Whole New World…



Bermain DNA di dapur

Saya tau site ini dari mas senior saya yang sedang belajar isolasi DNAdari youtobe (saya kasih homework ke dia nyari protokol isolasi DNA gak pake KIT, hihihi). Kami nonton ini bareng dan interesting😀 Jadi kita bisa melihat DNA dengan menggunakan peralatan yang sangat sederhana. Bisa dilakukan di rumah, di dapur. Cocok untuk pembelajaran pengenalan DNA, untuk anak-anak kecil yang belajar science…hihihi.

Berikut videonya :

Jadi yang disiapkan :

  • Sampel : strawbery (mungkin karena lunak kali ya, bisa juga pake pisang, kiwi)
  • sabun cuci piring cair
  • alkohol 100% dingin (disimpan di freezer) ~ bisa beli di apotik
  • air
  • zip bag
  • sendok makan
  • gelas yang bersih

Cara kerja :

  1. Masukkan strawberry di zip bag dan tambahkan sedikit air untuk membantu dalam penghancuran. Hancurkan dengan meremas-remas strawberry tersebut sampai halus. (penjelasan : akan menghancurkan dinding sel dan membran sel, yang digunakan di sini adalah air dan meremas-remas. Kita ingat prinsip biologi sel, yaitu difusi-osmosis, dimana apalagi tekanan yang masuk dalam sel lebih tinggi, sel akan rusak)
  2. Setelah meremas-remas, kita akan dapatkan sari buahnya yang cair (supernatan). Kita pindahkan ke dalam gelas yang bersih tadi. (penjelasan : supernatan / cairan ini berisi organel-organel dalam sel dan of course DNA juga ada. Tapi DNA di sini masih berada di dalam nukleus. bagaimana kita menghancurkan nukleus? kita beralih step selanjutnya🙂 )
  3. Kita masukkan sesendok sabun cuci cair dan aduk-aduk dengan sendok (penjelasan : kita tau bahwa DNA masih berada dalam nukleus. Nah, untuk menghancurkan nukleus dan mengeluarkan DNA kita treatment dengan pemberian sabun. Mengapa? karena membran nukleus sebagian besar adalah lemak, untuk menghilangkan lemak kita perlu sabun. Sabun di sini dianalogikan sebagai SDS dalam proses isolasi DNA dalam skala lab)
  4. Setelah diaduk, kita kasih alkohol 100% dari dalam alkohol pelan-pelan. Jadi terbentuk 2 lapisan bening dan bagian bawah berwarna merah (strawberry). (penjelasan : DNA tidak suka dengan alkohol, maka dari itu untuk memisahkan DNA dengan material lain, kita beri alkohol)
  5. Tunggu beberapa saat…. ada sesuatu melayang-layang di bagian atas (bening). Itulah DNA strawberry😀

Oke, selamat mencoba😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: