~ A Whole New World…



Seorang inspirator biologi molekuler

Di Indonesia jarang seseorang menjadi terkenal karena gelar ilmuwan. Beda halnya dengan artis maupun pejabat, cepat sekali untuk menjadi terkenal. Padahal kalau kita coba telusuri lebih lanjut, banyak kok orang-orang hebat di Indonesia yang berprestasi, bahkan ada yang sampai ke tingkat internasional. Tapi sekali lagi, mereka itu seperti tenggelam di telan bumi, alias tidak ada. Dan salah satu dari sekian banyak ilmuwan yang tidak terkenal ini adalah Prof. Dr. Bambang Sugiharto.

Seorang profesor yang tidak mau dipanggil profesor ini adalah seorang dosen yang merangkap menjadi seorang peneliti di Universitas Jember. Beliau juga merangkap menjadi seorang konsultan PT. Perkebunan Nusantara dalam rangka perakitan dan pelepasan (komersialisasi) varietas tebu baru. Prestasi yang telah diraih beliau bukan hanya di lingkup nasional saja, tetapi hingga ke tingkat internasional. Di tingkat nasional, salah satunya adalah beliau beberapa kali mendapatkan proyek dari hibah bersaing maupun Riset Unggulan Terpadu (RUT). Dan untuk di tingkat internasional, beberapa penemuan telah dipublikasi di jurnal internasional. Itu artinya penemuan tersebut telah diakui di tingkat internasional!

Beliau fokus di bidang biologi molekuler. Sebagian orang mengatakan bahwa biologi molekuler merupakan cabang ilmu yang susah dipelajari karena berhubungan dengan rekayasa gentika. Akan tetapi beliau selalu bilang, “Tidak ada bidang yg susah asal kita mempunyai kemauan untuk belajar insyaAllah akan ada hasilnya. dalam hal riset , memang sulit tetapi keberhasilan riset akan mempunyai nilai tersendiri bagi peneliti“.

Beberapa tahun silam, beliau adalah salah satu perintis dibangunnya laboratorium biologi molekuler di Universitas Jember. Untuk mendirikan laboratorium tersebut, tidaklah mudah. Hanya laboratorium kaya saja yang mampu, karena laboratorium tersebut membutuhkan peralatan dan bahan kimia yang harganya hingga mencapai puluhan juta rupiah. Tapi sayang sekarang laboratorium itu sudah resmi ditutup. Di Indonesia ini bisa dibilang jarang ditemukan laboratorium yang fokus di bidang biologi molekuler. Lalu apa yang melatar belakangi beliau merintis laboratorium tersebut? Beliau mengatakan bahwa biologi molekuler adalah bidang biologi modern, mau tidak mau kalau kita belajar biologi harus dengan pendekatan biologi molekul. Selama laboratorium itu berdiri, banyak mahasiswa-mahasiswa yang mendapat ilmu biologi molekuler dengan mengikuti sebuah proyek penelitian. Bahkan melalui link-link dari relasi beliau, mahasiswa-mahasiswa itu mndapat kesempatan untuk melanjutkan studi di luar negeri seperti di Jepang dan Korea Selatan.

Ada satu hal menarik dalam diskusi beliau. Saat studi s2 dan s3 di Nagoya University, Jepang, beliau menemukan bahwa unsur nitrogen termasuk salah satu faktor yang mengatur ekspresi gen. Kita tahu semua bahwa udara ini tersusun utamanya oleh gas niterogen (N2), bila ditinjau dr sisi manfaatnya unsur N sangat bermanfaat dalam kehidupan dan bahkan menentukan kualitas hidup organisme. Sebagaimana siklus alam bahwa N2 udara dapat berubah menjadi senyawa organik walaupun prosesnya “masih kecil/hanya sedikit dapat dimanfaatkan secara langsung”. Hanya beberapa organisme yang dapat memanfaatkan secara langsung gas N2 ini. Bahkan manusia dengan akalnya mampu menciptakan senyawa organik N pertama dari N2 anorganik melalu proses pembuatan pupuk N-urea. Walaupun urea masih tergolong senyawa organik sangat sederhana, kejadian ini mengilhami manusia untuk memanfaatkan otaknya mensiasati siklus alam untuk kesejahteraan manusia. Pupuk urea (pupuk N) memang sudah berperan sangat besar dalam meningkatkan produksi pertanian, akan tetapi pemanfaatannya banyak yg tidak efisien. Ini semua yang melatar belakangi mengapa beliau melakukan riset tentang tentang nitrifikasi dan denitrifikasi unsur N, walaupun sudah banyak penelitian tentang efisiensi pupuk N. Akan tetapi, hingga saat ini belum ditemukan cara yg tepat untuk mensiasati siklus N supaya efisiensi pupuk N menjadi lebih baik. Ya, mensiasati sebuah siklus itu tidak mudah. Bila dipelajari dengan detail bahwa siklus di alam bermula dari senyawa anorganik menjadi senyawa organik dan berubah kembali menjadi senyawa anorganik. Sebagaimana dicantumkan dalam ayat suci Al Quran bahwa manusia (benda organik) itu berasal dari tanah liat (benda anorganik) yg ditiupkan nyawa padanya. Bila manusia telah selesai melaksanakan tugasnya menjadi khalifat bumi, akhirnya kembali menjadi senyawa anorganik karena proses dekomposisi jasadnya. Kenyataan yg ada bahwa di bumi juga terdapat  senyawa organik dan senyawa anorganik, silih berganti sehingga selalu ada perubahan. Itu semua membuktikan bahwa siklus itu nyata diciptakan. Oleh karena itu manusia harus sadar bahwa memang yg kekal itulah hanyalah perubahan, dari tidak ada menjadi ada, dari kecil menjadi besar. Di bumi pun kondisi silih berganti berputar terus ada siang, ada malam. Nobody knows why they are always on the cycle… Hanya Allah yg tahu.

Dan dari diskusi inilah saya ingin mempelajari tentang rahasia kehidupan yang pendekatannya pun melalui biologi molekuler. Biologi molekuler memang bukan satu-satunya cabang ilmu untuk bisa mengetahui rahasia alam, tapi setidaknya melalui cabang ilmu ini sedikit demi sedikit rahasia alam bisa terbuka. Beliaulah  yang menginspirasi saya untuk memperdalam ilmu biologi molekuler.


Trackbacks & Pingbacks

  1. I’m in e-book ^^ « ~ A Whole New World… pingbacked on 5 years, 9 months ago

Comments

  1. * ias says:

    very sweet, dear! so touchy… :’-)

    | Reply Posted 6 years, 9 months ago
  2. * havban says:

    oo… :O
    🙂

    | Reply Posted 6 years, 9 months ago
  3. inspiratif sekali..
    tks kontribusinya

    | Reply Posted 6 years, 9 months ago
  4. * KS says:

    Bisa jadi inspirasi buat yang lain juga.

    | Reply Posted 6 years, 2 months ago


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: