~ A Whole New World…



Knapa di Indonesia skulah susyah banget ya?

Karena Indonesia ga memfasilitasi untuk menempuh pendidikan lebih tinggi. Padahal dalam UUD uda jelas-jelas disebutkan bahwa kita punya hak untuk menempuh pendidikan. Punya kebebasan menempuh pendidikan. Tapi apa yang terjadi sekarang?

Bukti di Indonesia tidak memfasilitasi orang untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi :

  • Untuk dapet beasiswa itu susyah sekali, dan mbulet birokrasinya. Dalam hal ini adalah kasusnya ingin skolah master ato doktor. Kalopun ada, pasti atas rekomendasi seseorang yang punya jabatan tinggi. Ato kalo engga bos kita yg rekomen kita (dalam hal ini posisinya kita uda kerja). Coba kita bandingkan dengan negara maju, asal kita ada kemauan dan kerja keras aja, supervisor kita mau nyariin dana beasiswa buat kita.
  • Biaya pendidikan sangaaat tinggi. Hanya orang2 ber-uang aja yang bisa skulah. Padahal masyarakat Indonesia, hanya berapa persen sih yang ber-uang? Maka dari itu, ya gak salah kalo generasi Indonesia hanya mentok lulusan skolah umum.
  • Birokrasi Indonesia itu susah sekali. Yang suruh minta acc pejabat ini lah, itulah… coba di luar negeri ga sesusah itu. Contoh sepele aja, untuk buat surat keterangan menyatakan kita student adalah kita masih harus submit ke kantor administrasi, dari kantor minta tanda tangan acc ditrima apa engga. Kalo ditrima baru dibuatkan. Setelah buat, suratnya itu ditanda tangani sang pejabat lagi. It’s need time. Brapa hari coba. COba kalo di negara maju, uda ada di mesin pencetak surat. Tinggal bayar pake uang koin, uda deh tinggal ngprint, hehe. Paling cuman 10 min😀

Bgitulah~~~ mudah2an jadi koreksi untuk pendidikan di Indonesia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: