~ A Whole New World…



Mempersiapkan chusok

Chusok (추석) = hari raya/thanks givingnya orang Korea… biasanya sih, semua berkumpul di anak yang paling pertama.

Tahun lalu saya spent my time ke rumah temen saya, di Gangneung. Tapi tahun ini~ hmm, kayaknya saya lebih prefer untuk stay di sangju aja deh, di lab maksudnya..hehe. Soalnya uda pernah juga ngerasain hari raya sama orang korea. Chusok kali berlangsung lamaaaa banget. Sebenernya originalnya cuman 3 hari. Tanggal 21-23 September. Tapi ada hari kecepit senin (20) dan jumat (24). Jadi total hari yang ga efektip ada 10 hari dan orang-orang prefer untuk meliburkan diri…hihihi. Chusok ini ya~ bisa dibilang hari off lah… kenapa? jangankan toko-toko pusat perbelanjaan, asrama cewe di tempat saya aja ditutup. Jadi saya nanti akan ngungsi di guest house…hehe. Ga banyak orang jual makanan pula. Jadi musti nyimpen stok dan masak.

Oiya, persiapan chusok ini biasanya orang-orang memberi hadiah pada orang yang spesial dan orang yang sangat dihormati. Jadi di toko-toko supermarket pun jual sudah satu set buat chusok. Hadiah untuk chusok sangaaat bervariasi. Mulai dari yangmal (kaus kaki), peralatan mandi, ikan tuna kaleng, kopi, minyak goreang, gim (rumput laut), sampe yang high class seperti wine, gingseng, ko-gam (dry persimmon).

Berikut adalah keadaan di supermarket tempat saya beli sonmul (선물)/hadiah~

hehehe, untuk penjaga stan hadiah chusoknya~ ada yang pake hanbok juga looo~~~ oiya, ada juga yang jual hanbok kecil2 untuk anak-anak…. lucuuu gitu :-*

Dan, yang terakhir adalah~ hadiah yang saya beli untuk salah satu prof… olive oil seharga 20ribu won. olive oil cukup high class kan? hehehe Abisnya susah loh ngasih hadiah ke orang-orang yang high class semacam prof begitu. Beli yang high class mahal banget~ beli yang murahan ga dipake…(sigh)

Then~ ini hadiah yang mba phD kasih untuk saya…


Leave a Reply

