~ A Whole New World…



skill mengintertain orang

Dari hari senin kemaren sampe hari ini ada international seminar di kampus saya. Karena international… maka banyak foreigner yang dateng untuk attending seminar. Pak prof juga ngundang foreigner scientist yang kerja di wheat genetic lab di Mexico, tapi dia berasal dari Aussie Beliau posisinya sebagai leader pre-breeding di lembaga namanya CIMMYT. Nah, karena saya nyambung ngobrol dengan beliau, akhirnya saya kebagian tugas untuk ngorbol2 dengan beliau biar ga merasa bored…wekekeke. Hmm, ga tau ya… saya kok merasa orang sini itu kurang bisa mengintertain orang.. maksudnya kurang bisa membuat lawan bicara merasa nyaman. Saya juga merasa si foreigner itu tiap kali ngobrol cuman ketawa dipaksa gitu, hehe. Tapi kalo uda ada orang yang mencairkan suasana mereka bisa nerusin. Mungkin kurang bisa mencairkan suasana kali ya…hehe. Jadi saya kebagian yang memecah keheningan gitu…haha.

Mengintertain orang dimaksudnya membuat orang lain comfort dan senang kalo ngobrol dengan kita. Bisa membuat suasana jadi cair dan more friendly. Kita punya banyak ide supaya pembicaraan kita ga terhenti dan membuat suasana jadi ga dingin lagi. Ayah saya sering bilang ke saya, kalau untuk ke depan~ saya harus bisa mengintertain orang. Harus bisa membuat orang lain betah dan senang berlama-lama ngobrol dengan saya. Saya juga harus bisa menyembunyikan perasaan badmud saya sehingga yang orang lain lihat saya itu dalam keadaan happy terus. Karena aura mud seseorang akan mempengaruhi conversation kita nantinya, akan membuat lawan bicara kita ga enak ngobrol dengan kita. And I did it 😀 Saya baru menyadari skill menintertain orang itu penting. Dari situ kita bisa punya banyak link, hubungan pertemanan, dan setidaknya kita juga bisa nge-loby orang lain. Hasilnya, saya rasa bisa dikatakan sukses juga. Saya bisa nge-loby prof supaya bisa melakukan kontrak kerjasama dengan univ saya di Ina, punya banyak link prof… dan saya harap dari prof yang saya kenal beberapa diantaranya akan bilang, “Saya butuh mahasiswa~ bisa kau carikan mahasiswa ina untuk saya?” (amin..hehe.), saya juga jadi sering kecipratan rejeki…wekeke. Dikasih voucher belanja, ah…macem2 lah..hehe.

Yaah, proses mengintertain orang tidak lepas dari proses merayu-rayu juga si…hehehe. Tapi membuat orang lain senang dan tersenyum jika ngobrol dengan kita, no problem kan? 😉

Ini picture seminar international kmaren :

apa yang mas snior lakukan pada saya??!!! (annoyed) ㅡ,ㅡ”

Leave a Reply

