~ A Whole New World…



salah… ngengkel.. (doh)

ngengkel = bahasa jawa yang artinya mempertahankan pendapatnya bahwa dia yang bener, wekekeke

ini terjadi pada saya hari ini~

jadi pagi tadi ada anak undergraduate manggil saya, “Onni~ tolong ajarin saya kimia dong…”

wekekeke~

saya suruh dateng ke lab saya dan saya ngajarin sebisa saya. jadi pertanyaannya begini :

* mau buat media 20,000 mg of sucrose dan 500 mg of inositol…  dilute with water 1 lt. Berapa persen masing-masing bahan kimia yang dibutuhkan.

Nah, snior saya tau2 ikut2 nimbrung ngajarin. Dan tau-tau memberikan solusinya. Saya mikir. Cara snior saya itu aneh bin ajaib. Suer deh. Saya baru kali itu nemu cara seperti beliau. Terjadilah perdebatan antara kami. Pokoknya kekeuh mempertahankan pendapat.  Saya pun lama-lama jadi ga pede dengan jawaban saya. Akhirnya saya pun tanya pada seorang pakarnya…

dan jawabannya adalah :

1% itu artinya 1 gr/100 ml atau 10 gr/lt atau 10 gr/1000 ml

jadi kalo 20,000 mg = 20 gr, sehingga 20 gr/1000ml = 2%

bgitu pula dengan 500 mg inositol itu. 500 mg = 0.5 gr, jadi 0.5 gr/1000 ml = 0.05%

Tuuhh kaaan~~~ snior saya salah… (doh). Mungkin tradisi begitu kali ya~ senior itu slalu benar. Makanya temen yang lain, kalo dibilangin seniornya cuman bilang iya-iya aja, meskipun salah. hehehe. Jadi mikir-nya egois-egoisan deh. Kalo mas snior salah~ ya bilang iya2 aja, tapi ga usa dilakukan… haha

Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * havban says:

    jadi.. yg bener siapa??

    | Reply Posted 7 years ago


Leave a Reply

