~ A Whole New World…



a beautiful mind

Entah kenapa.. kebanyakan scientist legendaris, identik dengan orang ‘ga waras’. haha. Mungkin karena daya pikirnya yang uda melebihi daya pikir orang normal, dan orang normal berkata mereka itu orang-orang yang ga waras, wekeke. Contohnya banyak… Thomas Alfa Edison, Albert Einstein, bahkan Charles Darwin sekalipun. Saya membaca buku biography-nya… mereka memeriksakannya psikoterapi. Ada halusinasi lain. hehehe

Movie lama yang pernah memenangkan piala oscar ini juga salah satu dari sekian banyak scientist yang bernasib sama. Beliau adalah John Nash (John Forbes Nash, Jr). Movie ini based on true story dan emang pantes dapet piala oscar soalnya emotionalnya dapat. Garapannya permainan emosinya soft. Bagus deh. Russell Crowe juga aktingnya bagus. Untuk ringkasan cerita movie-nya bisa dibaca di sini

free movienya dapat diliat di sini

Saya mau ulas sedikit tentang Prof. Nash. Jadi beliau kuliah di Priceton Univ majornya Mathematic. Dan dari hasil karya mathematicnya, akhirnya teori-teorinya digunakan di market economic, computing, accounting, dll. Makanya beliau mendapatkan penghargaan Nobel Prize tahun 1994 di bidang Economic Science. Sampai sekarang beliau masih hidup loh, hehe. Tapi untuk mendapatkan penghargaan nobel seperti itu… perjuangannya tidak semudah yang dibayangkan. Selama hidupnya dia harus melawan penyakit schizophrenia yang dia derita. Hingga dia harus mengalami terapi insulin, harus tinggal di rumah sakit jiwa, harus melawan teman-teman khayalannya, harus mengalami diskriminasi sosial terhadap lingkungannya, hampir kehilangan keluarganya karena penyakit yang ia derita. Tapi setiap hari dia berusaha, supaya dia dapat hidup seperti orang normal… ga mengkonsumsi obat. Akhirnya beliau bisa 😀 meskipun katanya si, sampe sekarang teman-teman khayalannya masih ada bersama dia… hehehe. Biography selengkapnya bisa baca di sini

Saya menemukan quotes yang dikarang beliau… dan saya lumayan suka quotes itu, hehe

Though I had success in my research both when I was mad and when I was not, eventually I felt that my work would be better respected if I thought and acted like a ‘normal’ person
ㅡ John Forbes Nash

Advertisements

Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * iptek says:

    yang kelihatan waras, malah kadang bikin kebijakan yang kurang waras..
    heheh
    salam knl ya …

    | Reply Posted 6 years, 11 months ago


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: