~ A Whole New World…


Cuplikan Hadits

Bismillahirrohmanirrohim…

Terinspirasi lagi-lagi dari blog Syifa yang di page-nya dicantumkeun khusus ‘hadits storage’. Hmm..boleh juga ini😀 Soalnya selama ini hadits-hadits yang saya tau mencar-mencar tidak terstruktur, hoho. Jadi alangkah baiknya disimpan di page khusus supaya gampang belajarnya, enak diliatnya, dan kalo lupa gampang nyarinya😀

Tapi sebelumnya… saya akan memaparkan sedikit pendahuluan tentang hadits. Sumber dari dakwatuna.com

Pada awalnya Rasulullah saw melarang para sahabat menuliskan hadits, karena dikhawatirkan akan bercampur-baur penulisannya dengan Al-Qur’an. Perintah untuk menuliskan hadits yang pertama kali adalah oleh khalifah Umar bin Abdul Aziz. Beliau menulis surat kepada gubernurnya di Madinah yaitu Abu bakar bin Muhammad bin Amr Hazm Al-Alshari untuk membukukan hadits. Ulama yang pertama kali mengumpulkan hadits adalah Ar-Rabi Bin Shabi dan Said bin Abi Arabah, akan tetapi pengumpulan hadits tersebut masih acak (tercampur antara yang shahih dengan, dha’if, dan perkataan para sahabat). Pada kurun ke-2 imam Malik menulis kitab Al-Muwatha di Madinah, di Makkah Hadits dikumpulkan oleh Abu Muhammad Abdul Malik Bin Ibnu Juraiz, di Syam oleh imam Al-Auza i, di Kuffah oleh Sufyan At-Tsauri, di Bashrah oleh Hammad Bin Salamah. Pada awal abad ke-3 hijriyah mulai dikarang kitab-kitab musnad, seperti musnad Na’im ibnu hammad. Pada pertengahan abad ke-3 hijriyah mulai dikarang kitab shahih Bukhari dan Muslim.

Ilmu Hadits: ilmu yang membahas kaidah-kaidah untuk mengetahui kedudukan sanad dan matan, apakah diterima atau ditolak.

Hadits: Apa-apa yang disandarkan kepada Rasulullah saw, berupa perkataan, perbuatan, persetujuan, dan sifat (lahiriyah dan batiniyah).

Sanad: Mata rantai perawi yang menghubungkannya ke matan.

Matan: Perkataan-perkataan yang dinukil sampai ke akhir sanad.

PEMBAGIAN HADITS dilihat dari konsekuensi hukumnya:

  • Hadits Maqbul (diterima): terdiri dari Hadits shahih dan Hadits Hasan
  • Hadits Mardud (ditolak): yaitu Hadits dha’if

HADITS SHAHIH

Yaitu Hadits yang memenuhi 5 syarat berikut ini:

  • Sanadnya bersambung (telah mendengar/bertemu antara para perawi).
  • Melalui penukilan dari perawi-perawi yang adil.Perawi yang adil adalah perawi yang muslim, baligh (dapat memahami perkataan dan menjawab pertanyaan), berakal, terhindar dari sebab-sebab kefasikan dan rusaknya kehormatan (contoh-contoh kefasikan dan rusaknya kehormatan adalah seperti melakukan kemaksiatan dan bid’ah, termasuk diantaranya merokok, mencukur jenggot, dan bermain musik).
  • Tsiqah (yaitu hapalannya kuat).
  • Tidak ada syadz. Syadz adalah seorang perawi yang tsiqah menyelisihi perawi yang lebih tsiqah darinya.
  • Tidak ada illat atau kecacatan dalam Hadits

Hukum Hadits shahih: dapat diamalkan dan dijadikan hujjah.

HADITS HASAN

Yaitu Hadits yang apabila perawi-perawinya yang hanya sampai pada tingkatan shaduq (tingkatannya berada di bawah tsiqah).

Shaduq: tingkat kesalahannya 50: 50 atau di bawah 60% tingkat ke tsiqahannya. Shaduq bisa terjadi pada seorang perawi atau keseluruhan perawi pada rantai sanad.

Para ulama dahulu meneliti tingkat ketsiqahan seorang perawi adalah dengan memberikan ujian, yaitu disuruh membawakan 100 hadits berikut sanad-sanadnya. Jika sang perawi mampu menyebutkan lebih dari 60 hadits (60%) dengan benar maka sang perawi dianggap tsiqah.

Hukum Hadits Hasan: dapat diamalkan dan dijadikan hujjah.

HADITS HASAN SHAHIH :

Penyebutan istilah Hadits hasan shahih sering disebutkan oleh imam Tirmidzi. Hadits hasan shahih dapat dimaknai dengan 2 pengertian:

  • Imam Tirmidzi mengatakannya karena Hadits tersebut memiliki 2 rantai sanad/lebih. Sebagian sanad hasan dan sebagian lainnya shahih, maka jadilah dia Hadits hasan shahih.
  • Jika hanya ada 1 sanad, Hadits tersebut hasan menurut sebagian ulama dan shahih oleh ulama yang lainnya.

HADITS MUTTAFAQQUN ‘ALAIHI

Yaitu Hadits yang sepakat dikeluarkan oleh imam Bukhari dan imam Muslim pada kitab shahih mereka masing-masing.

TINGKATAN HADITS SHAHIH :

  • Hadits muttafaqqun ‘alaihi
  • Hadits shahih yang dikeluarkan oleh imam Bukhari saja
  • Hadits shahih yang dikeluarkan oleh imam Muslim saja
  • Hadits yang sesuai dengan syarat Bukhari dan Muslim, serta tidak dicantumkan pada kitab-kitab shahih mereka.
  • Hadits yang sesuai dengan syarat Bukhari
  • Hadits yang sesuai dengan syarat Muslim
  • Hadits yang tidak sesuai dengan syarat Bukhari dan Muslim

Syarat Bukhari dan Muslim: perawi-perawi yang dipakai adalah perawi-perawi Bukhari dan Muslim dalam shahih mereka.

HADITS DHA’IF

Hadits yang tidak memenuhi salah satu/lebih syarat Hadits shahih dan Hasan.

Hukum Hadits dha’if: tidak dapat diamalkan dan tidak boleh meriwayatkan Hadits dha’if kecuali dengan menyebutkan kedudukan Hadits tersebut. Hadits dha’if berbeda dengan hadits palsu atau hadits maudhu`. Hadits dha’if itu masih punya sanad kepada Rasulullah SAW, namun di beberapa rawi ada dha`f atau kelemahan. Kelemahan ini tidak terkait dengan pemalsuan hadits, tetapi lebih kepada sifat yang dimiliki seorang rawi dalam masalah dhabit atau al-`adalah. Mungkin sudah sering lupa atau ada akhlaqnya yang kurang etis di tengah masyarakatnya. Sama sekali tidak ada kaitan dengan upaya memalsukan atau mengarang hadits.

Yang harus dibuang jauh-jauh adalah hadits maudhu`, hadits mungkar atau matruk. Dimana hadits itu sama sekali memang tidak punya sanad sama sekali kepada Rasulullah saw. Walau yang paling lemah sekalipun. Inilah yang harus dibuang jauh-jauh. Sedangkan kalau baru dha`if, tentu masih ada jalur sanadnya meski tidak kuat. Maka istilah yang digunakan adalah dha`if atau lemah. Meski lemah tapi masih ada jalur sanadnya.

Karena itulah para ulama berbeda pendapat tentang penggunaan hadits dha`if, dimana sebagian membolehkan untuk fadha`ilul a`mal. Dan sebagian lagi memang tidak menerimanya. Namun menurut iman An-Nawawi dalam mukaddimahnya, bolehnya menggunakan hadits-hadits dha’if dalam fadailul a’mal sudah merupakan kesepakatan para ulama.

Nah, begitulah kira-kira sekilas penjelasan tentang hadits. Di bawah ini adalah hadits-hadits (HR Bukhari ~ Muslim) pendek-pendek yang saya berhasil kumpulkan. Monggo kalau ada yang ingin ikut menyumbangkeun koleksi cuplikan hadits saya, hoho. Tidak ada kata terlambat untuk belajar bukan?😉


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * adrianna says:

    ~ Dalam setiap diri kalian, semua komponen-komponen pembentukan kalian dikumpulkan bersama dalam rahim ibumu selama 40 hari.

    (Hadits Sahih riwayat Muslim dan Bukhari)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  2. * adrianna says:

    ~ Ketika nutfah (tetesan mani) telah lewat masa empat puluh dua malam, Allah mengirimkan seorang malaikat kepadanya, kemudian membentuknya, membuat telinga, mata, kulit, daging dan tulang-tulangnya. Kemudian berkata, ‘Ya Tuhan, apakah dia laki-laki ataukah perempuan?’ dan Tuhan kamu memutuskan apa yang dikehendaki-Nya.

    (Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  3. * adrianna says:

    ~ Nabi Saw bersabda, “Kemiripan seorang anak adalah sebagai berikut: Apabila seorang suami menggauli istrinya, kemudian ia mencapai orgasme mendahului istrinya, maka anaknya akan mirip dengannya, dan apabila si istri mencapai orgasme mendahului suaminya, maka anaknya akan mirip dengannya (si istri).”

    (HR. Bukhari 3329)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  4. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ra dia berkata: Nabi Saw tidak terus menerus dalam menyampaikan nasihat (ajaran Islam) kepada kami agar kami tidak merasa bosan.

    (HR. Bukhari)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  5. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Anas ra dari Nabi Saw, beliau bersabda (mengenai penyampaian ajaran Islam): “Berikan kemudahan, jangan membuat kesulitan, sampaikan kabar gembira, jangan membuat orang-orang lari dari Islam.”

    (HR. Bukhari)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  6. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda, “Ketika Allah telah menyempurnakan ciptaan-Nya, Ia menetapkan di dalam Kitab-Nya yang ada di atas Arasy di sisi-Nya, “Sesungguhnya kasih sayang-Ku mengalahkan murka-Ku”

    (HR. Bukhari)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  7. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: ” Mimpi baik orang saleh adalah satu dari 46 bagian kenabian.”

    (HR. Bukhari)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  8. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra dia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Sebagian tanda kenabian yang masih tersisa adalah Al Mubasysyirat.” para sahabat bertanya, “Apa Al-Mubasysyirat itu?” Rasulullah Saw menjawab, “Mimpi yang benar”

    (HR. Bukhari)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  9. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al Khudriy dan Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda: “Tidak ada kepayahan, sakit, kesedihan, kesengsaraan dan musibah, bahkan sekalipun tertusuk duri, melainkan Allah menjadikan semua itu sebagai penghapus dosanya (jika dia bersabar)”

    (HR. Bukhari)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  10. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda, “Siapa yang diinginkan oleh Allah akan memperoleh kebaikan, Allah akan memberinya musibah sebagai ujian.”

    (HR. Bukhari)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  11. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Jundab bin Abdullah ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda: “Baca dan pahami Al-Quran sesuai dengan persetujuan hati nuranimu. Apabila kamu berselisih (mengenai Al Quran) maka menghindarlah.”

    (HR. Bukhari)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  12. * adrianna says:

    ~ Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Fithrah itu ada 5 macam : Khitan, istihdad (mencukur bulu kemaluan), mencukur kumis, memotong kuku dan mencabut bulu ketiak.

    tambahan :

    “Pelan-pelanlah, jangan tergesa-gesa (untuk masuk ke rumah kalian) hingga kalian masuk di waktu malam –yakni waktu Isya’– agar para istri yang ditinggalkan sempat menyisir rambutnya yang acak-acakan/kusut dan sempat beristihdad (mencukur rambut kemaluan).”

    (HR. Al-Bukhari no. 5245 dan Muslim).

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  13. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abu Dzarr ra bhw dia pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Janganlah seseorang menuduh orang lain fasik (banyak berbuat dosa) atau menuduh kafir, krn tuduhan itu akan memantul kembali kpadanya jika orang yg dtuduh tdk seperti yg dituduhkan”

    (HR. Bukhari)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  14. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda, “Apabila kiamat sudah dekat, hampir tidak ada mimpi orang mukmin yg bohong…”

    (HR. Bukhari)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  15. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abu Mas’ud Al-Badriy ra, dia berkata: Rasulullah Saw. pernah bersabd, “Siapa yg membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah pd malam hari, maka itu cukup baginya (untuk mendapatkan pertolongan Allah).”

    (HR. Bukhari)

    (dengan catatan tidak boleh meninggalkan ibadah yang lain juga)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  16. * adrianna says:

    ~Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Rasulullah telah bersabda, “Shalat paling berat bagi orang-orang munafik adalah Shalat Subuh dan Isya. Seandainya mereka mengetahui betapa besar pahala kedua shalat tersebut dg berjamaah niscaya mereka akan mendatanginya meskipun harus merangkak.”

    (HR. Bukhari)

    (untuk lelaki kan? hoho)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  17. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Asma’ ra bahwa dibawa kepadanya perempuan yg sakit demam/panas, lalu dia meminta air, kemudian dia kompreskan pada perempuan itu sambil mengatakan, “Sesungguhnya Rasulullah Saw pernah bersabda, ‘Kompreslah sakit demam/panas dg air.” Kata Nabi Saw, “Sesungguhnya sakit demam/panas itu uap neraka Jahannam.”

    (HR Bukhari Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  18. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Anas ra bahwa Rasulullah Saw rambutnya sampai ke bahu/pundak.

    (HR Bukhari Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  19. * adrianna says:

    ~ Rasulullah bersabda, apabila seorang diantara kamu diundang untuk menghadiri pesta perkawinan, maka hendaklah dia menghadirinya

    (HR. bukhari, muslim)

    tambahan :

    seburuk-buruknya makanan ialah makanan walimah dimana yang diundang hanyalah orang kaya saja, sementara orang miskin tidak diundang. Dan barang siapa tidak memenuhi undangan, maka berarti ia telah berbuat durhaka kepada Allah SWT dan Rasul-Nya

    (HR. Bukhari, Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  20. * adrianna says:

    ~ Adalah Rasulullah ketika masuk toilet (dan dalam hadist Husyaim bahwa Rasulullah memasuki jamban) beliau berdoa : “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan”

    (HR. Bukhari, Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  21. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Anas ra, dia berkata: Seandainya saya tidak pernah mendengar Nabi Saw bersabda, “Janganlah kamu menginginkan kematian” tentu saya menginginkannya.

    (HR Bukhari 7233)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  22. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda: “Seseorang tidak boleh menginginkan kematian.Jika dia baik mungkin kebaikannya akan bertambah. Jika dia jelek mungkin dia. Akan bertobat.”

    (HR Bukhari 7235)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  23. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Tsabit Adh Dhahak ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda: “Siapa yang bersumpah palsu dengan sengaja menggunakan ajaran selain Islam, maka dia sesuai dengan ucapannya, dan siapa yang BUNUH DIRI dg menggunakan sepotong besi, maka dia akan disiksa dengan sepotong besi pula di neraka Jahanam (selamanya)..”

    (HR. Bukhari 1363)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  24. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Nabi Saw pernah bersabda, “Orang yang bunuh diri dengan mencekik lehernya, dia di neraka terus-menerus mencekik lehernya, dan orang yang bunuh diri dengan menikam dirinya, kelak di neraka dia terus-menerus menikam dirinya.”

    (HR Bukhari 1365)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  25. * adrianna says:

    ~ dari sahabat Abdullah bin Amr bin Al-Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah tidak akan mencabut ilmu secara sekaligus. Akan tetapi, Allah mencabut ilmu dengan mewafatkan para ulama. Apabila tidak tersisa lagi orang yang berilmu, maka manusia mengangkat pemimpin yang bodoh, mereka ditanyai dan berfatwa tanpa didasari ilmu, mereka sesat lagi menyesatkan.”

    (HR. Bukhari & Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  26. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Anas ra bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: Setelah Allah membentuk tubuh Adam as di surga, Allah membiarkannya sesuai dg kehendak-Nya, lalu Iblis mulai mengitari tubuh Adam untuk mengamatinya. Setelah Iblis tahu bahwa tubuh Adam berongga, maka Iblis mengerti bahwa Adam diciptakan tanpa mampu mengendalikan diri.

    (HR. Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  27. * adrianna says:

    ~ “Bukanlah orang kuat itu orang yang ahli gulat, tetapi orang yang kuat itu ialah orang yang mampu menguasai dirinya ketika marah.”

    (HR. Bukhari-Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  28. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Adullah bin Umar ra dia berkata: Rasulullah Saw memegang pundak saya, kemudian beliau bersabda, “Jalani hidup di dunia seakan-akan kamu orang asing,atau orang yang sedang dalam perjalanan.” Abdullah bin Umar berkata: Apabila kamu berada pada waktu sore janganlah kamu menunggu-nunggu waktu pagi, dan apabila kamu berada pd wkt pagi janganlah kamu menunggu-nunggu waktu sore. Manfaatkanlah hidupmu di dunia untuk hidupmu sesudah mati.

    (HR. Bukhari no 6416)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  29. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra, dia berkata: Rasulullah pernah bersabda, “Ada dua nikmat yg disia-siakan oleh mayoritas manusia: kesehatan dan waktu luang.”

    (HR. Bukhari no 6412)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  30. * adrianna says:

    ~ Hari Akhir tidak akan datang kepada kita sampai dataran Arab sekali lagi menjadi dataran berpadang rumput dan dipenuhi dengan sungai-sungai”.

    (riwayat Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  31. * adrianna says:

    ~ Rasulullah Saw menasehati orang agar mereka tdk mentertawakan orang yg kentut. Beliau bersabda: “Mengapa seseorang mentertawakan orang lain yg kentut, sedangkan dia sendiri jg melakukannya.”

    ( HR Bukhari no 4942)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  32. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra dari Nabi Saw, beliau bersabda: “Namailah diri kalian dg diriku, tetapi janganlah kalian menggunakan nama julukanku (Abul Qasim). Siapa yg melihatku dlm mimpinya, maka dia benar2 melihatku, krn setan tdk bs menyerupai diriku.”

    (HR. Bukhari no 110)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  33. * adrianna says:

    ~Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bhw dia pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Ya Allah! Jika ada seorang mukmin pernah saya caci, maka jadikanlah hal tersebut sbg pnyebab kdekatannya dg-Mu pd hari kiamat.”

    (HR. Bukhari no 6361)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  34. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra dia berkata: Saya pernah mendengar Nabi Saw bersabda “Seandainya seorang manusia memiliki harta sbanyak dua lembah, niscaya dia akan menginginkan tiga lembah dan tdk ada yg dpt memuaskan perutnya kecuali tanah (yakni mati berkalang tanah). Allah akan mengampuni orang yg bertobat.”

    (HR. Bukhari no 6436)

    (yah..hukum ekonomi)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  35. Semangat wid!
    Smoga ada yg baca ya..
    Bikin kecanduan y blajar hadits dan tafsir quran. Bnyk yg blm qt tau trnyata (doh) nang ndi ae y qt. Hahah

    yup, belum telat bwt blajar. =p

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
    • * adrianna says:

      iya marin…smangkaaa😀
      makasi contekannya..hihihi

      | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  36. * adrianna says:

    ~ Bahwa Rasulullah SAW pernah makan bahu kambing kemudian sholat tanpa berwudhu lagi

    (HR. Bukhari-Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  37. * adrianna says:

    ~ Bahwa Rasulullah SAW pernah minum susu. Setelah itu Beliau meminta air untuk berkumur dan bersabda : Sesungguhnya susu itu mengandung lemak.

    (HR. Bukhari-Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  38. * adrianna says:

    ~ Seorang laki-laki dilaporkan kepada Rasullah SAW bahwa ia seolah-olah mengeluarkan angin dalam sholatnya. Beliau bersabda : Jangan batalkan sholatnya sebelum ia mendengar suara atau mencium baunya.

    (HR. Bukhari-Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  39. * adrianna says:

    ~ Bahwa Rasulullah SAW bersabda : menguap itu termasuk dari (gangguan) setan, maka jika seseorang dari kamu menguap, hendaklah ia menahan semampunya

    (HR. Bukhari-Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  40. * adrianna says:

    ~ Dari Nabi SAW, Beliau bersabda : Seorang mukmin tidak boleh dua kali jatuh dalam lubang yang sama

    (HR.Bukhari-Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  41. * adrianna says:

    ~ Nabi SAW. mendengar seseorang memuji orang lain secara berlebih-lebihan, maka beliau bersabda : Sesungguhnya kamu telah membinasakannya atau telah memotong punggung orang itu

    (HR. Bukhari-Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  42. * adrianna says:

    ~ “Tidak halal bagi seorang istri berpuasa (sunnah) sementara suaminya ada (tidak sedang bepergian) kecuali dengan izinnya”.

    (HR. Al-Bukhari no. 5195 dan Muslim no. 1026)

    | Reply Posted 7 years, 4 months ago
  43. * adrianna says:

    ~ Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra bhw Nabi Saw pernah bersabda: “Tidak ada satu kotapun yang tidak dimasuki oleh Dajjal, kecuali Mekkah dan Madinah. Setiap jalan masuk kedua kota tersebut dijaga oleh para malaikat yg berbaris-baris, kemudian Madinah akan mengguncang penghuninya 3 kali guncangan, sehingga semua orang kafir dan munafik keluar dari tempat itu.”

    (HR. Bukhari no 1881)

    ~ Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra dia berkata: Rasulullah saw pernah bersabda, “Jalan2 masuk Madinah dijaga oleh para malaikat, shg Madinah tdk bisa dimasuki oleh penyakit tha’un (wabah ganas) dan Dajjal.”

    (HR. Bukhari no 1880)

    | Reply Posted 7 years, 3 months ago
  44. * adrianna says:

    Tentang menikah :

    ~ Dari Abdullah Ibnu Zam’ah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Janganlah seseorang di antara kamu memukul istrinya seperti ia memukul budak.”

    (riwayat Bukhari)

    ~ Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Seandainya salah seorang di antara kamu ingin menggauli istrinya lalu membaca doa: (artinya = Dengan nama Allah, Ya Allah jauhkanlah setan dari kami dan jauhkanlah setan dari apa yang engkau anugerahkan pada kami), maka jika ditakdirkan dari pertemuan keduanya itu menghasilkan anak, setan tidak akan mengganggunya selamanya.”

    (Muttafaq Alaihi)

    ~ Rasulullah SAW telah bersabda kepada kepada kami,”Wahai para pemuda, apabila siapa diantara kalian yangtelah memiliki baah (kemampuan) maka menikahlah, kerena menikah itu menjaga pandangan dan kemaluan. Bagi yang belum mampu maka puasalah, karena puasa itu sebagai pelindung.

    (HR Muttafaqun `alaih)

    ^ that’s why para cowo tidak boleh masturbasi

    ~ Dari Ibnu Abbas, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Apabila salah seorang mereka akan menggauli isterinya, hendaklah ia membaca:
    Bismillah. Ya ALLAH, jauhkanlah kami dari setan, dan jauhkanlah setan dari apa yang ENGKAU karuniakan kepada kami.”
    Karena apabila ditakdirkan hubungan antara mereka berdua tersebut membuahkan anak, maka setan tidak akan membahayakan anak itu selamanya.

    (HR. Bukhari – Muslim)

    ~ Dari Aisyah, katanya: Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, padahal beliau sedang junub, maka beliau wudhu terlebih dahulu seperti wudhu shalat, sesudah itu barulah beliau tidur.

    (HR. Bukhari – Muslim)

    | Reply Posted 7 years, 3 months ago
  45. * Saudarimu says:

    Assaamu’alaikum saya tambahkan ya.. mudah2an hadits ini bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk mulai meninggalkan musik, jika kita benar-benar pencinta Rasulullah dan menjadikan hadits-hadits beliau sebagai pegangan.

    لَيَكُوْ نَنَّا مِنْ اُمَّتِىْ اَقْوَامٌ مِنْ يَسْتَحِلُّوْنَالْحِرَّوَ الْحَرِيْرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازْفَ

    “Benar-benar akan ada kelompok umatku yang menghendaki halalnya seks (zina), sutera, khamer dan alat-alat musik. ” (HR Bukhari dalam kitab Shahih-nya (4/30), lihat juga pembahasannya dalam kitab Ash-Shahihah karya Syaikh al-Albani I/90.

    | Reply Posted 7 years, 1 month ago


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: