~ A Whole New World…



Istihdad (mencukur bulu kemaluan) & science

Subhanallah… ternyata hadist yang menganjurkan kita mencukur bulu kemaluan itu ada benarnya juga (woot).

Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Fithrah itu ada 5 macam : Khitan, istihdad (mencukur bulu kemaluan), mencukur kumis, memotong kuku dan mencabut bulu ketiak.

Hadist ini memang banyak diriwayatkan oleh oleh para muhadditisn dan derajatnya shahih. Diantaranya : HR. Bukhari 4539 kitab Al-Libas bab Qashshu As-Syarib, Muslim 377 kitabut Taharah bab khishalul fithrah, At-Tirmizy 2680 kitab Al-Adab bab Maa Jaala taqlimil azhfar, An-Nasai 10 kitabtu-Thaharah bab taqlimul azfar, Abu Daud 3666 kitab Tarajjul bab fi akhzi as-Syarib, Ibnu Majah 288 Kitab Thaharah wa sunanuha bab al-fithrah, Imam Ahmad 4832 Kitab Baqi musnad al-mukatstsirin bab musnad Abi Hurairah ra.

Dianjurkan bagi laki-laki atau wanita (yang disarankan sekali wanita sih), diharapkan ber-istihdad karena islam itu memang agama yang bersih, fitrah dan suci. “Pelan-pelanlah, jangan tergesa-gesa (untuk masuk ke rumah kalian) hingga kalian masuk di waktu malam –yakni waktu Isya’– agar para istri yang ditinggalkan sempat menyisir rambutnya yang acak-acakan/kusut dan sempat beristihdad (mencukur rambut kemaluan).” (HR. Al-Bukhari no. 5245 dan Muslim).

Ternyata ada alasannya juga kenapa kita disunnahkan mecukur bulu daerah kemaluan. Kita. Menurut dokter ahli reproduksi, ada kutu parasit penyebab penyakit yang hanya bisa hidup di daerah bulu kemaluan itu. Nama kutunya kutu pubis (Phthirus pubis). Ciri-ciri penderita phthirus pubis adalah gatal-gatal yang tak berkesudahan walau sudah digaruk. Saat digaruk, biasanya kutu melekat di tangan. Serta, terdapat warna hitam di daerah pubis. Lama-kelamaan, bekas garukan tersebut berdarah sampai muncul nanah, dan itu menunjukkan kalau sudah terinfeksi, hoho. Dan katanya juga itu bisa menular loh. Jadi kutu di sini menjadikan bulu kemaluan sebagai rumah mereka, sebagai medianya.

Subhanallah ya, ternyata islam sudah mengatur dari hal-hal yang sekecil ini dan ternyata ini juga penting untuk kesehatan kita 🙂

Sumber :


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * havban says:

    :O :O

    pubis itu apa ya? 😛

    | Reply Posted 14 years, 10 months ago
  2. * denis says:

    berbahaya gk sih kutu pada kemaluan itu, dan penyebab na tu dari mana???????????? dan apakah kutu pada kemaluan itu bisa menular??????????????????

    | Reply Posted 14 years ago


Leave a comment