~ A Whole New World…



Pasca tsunami di jepang

mas snior : Now you have friend

me : what friend?

mas snior : tsunami friend… japan

me : ….. (hul~)

Cuman sdikit info setelah pasca tsunami di jepang :

  • Bahwa sebenernya bantuan orang korea ke jepang itu paling kecil ktimbang negara2 lainnya. Bahkan kalah sama bantuannya ina skalipun. Jumlah volentir ina lebih banyak daripada volentir korea. Korea cuman nyumbangin volentir orang sama anjing pelacak. Mgkin ini ada hubungannya dg rasa anti-japan-nya orang korea (dulu kan jepang menjajah korea). Selain itu katanya pas perang dunia dulu, jepang juga ada tsunami dan kata orang korea… banyak orang korea yang hidup di jepang dibunuh. karena orang jepang pikir, tsunami ini gara-gara korea. Kok korea? orang korea juga gak tau.. hehehe. Jadi saya bilang ke mas snior saya, “so u are happy now~ japan is like that?”
  • Ada crita sbuah artikel ttg apa yang diberitakan stasiun tipi jepang pada masyarakat jepang mengenai pasca setelah tsunami, diantaranya… Peringatan pemerintah agar setiap warga tetap waspada, Himbauan pemerintah agar seluruh warga jepang bahu membahu menghadapi bencana, Permintaan maaf dari pemerintah karena terpaksa harus melakukan pemadaman listrik terencana, Tips-tips menghadapi bencana alam, nomor telepon call centre bencana alam yang bisa dihubungi 24 jam, Pengiriman tim SAR dari setiap perfektur menuju daerah-daerah yang terkena bencana, Potret warga dan pemerintah yang bahu membahu menyelamatkan warga yang terkena bencana, Pengobaran semangat dari pemerintah yang dibawakan dengan gaya tenang dan tidak emosional : mari berjuang sama-sama menghadapi bencana, mari kita hadapi (government official pake kata norikoeru, yang kalo diterjemahkan secara harafiah : menaiki dan melewati) dengan sepenuh hati, Potret para warga yang terkena bencana, yang saling menyemangati :*ada yang nyari istrinya, belum ketemu2, mukanya udah galau banget, tapi tetap tenang dan ngga emosional, disemangati nenek2 yang ada di tempat pengungsian : gambatte sagasoo! kitto mitsukaru kara. Akiramenai de (ayo kita berjuang cari istri kamu. Pasti ketemu. Jangan menyerah)*… Bukannya malah kisah tangis-tangisan… lagu-lagu yang menyayat… (ingin baca blog selengkapnya, ada di blog ini )
  • Soal radiasi… pasca tsunami yang telah meledakkan reactor nuklir di jepang… untuk di korea selatan, tenang aja… ga ada efek apa-apa kok. Kalaupun di korsel sekarang anginnya kenceng… tenang aja, itu bukan angin dari jepang (dari timur ke barat).. tapi angin dari china (dari barat ke timur). hehe.
  • Soal ledakan reactor juga… ada artikel yang menyatakan rasa tanggung jawab pekerja karena ledakan itu. Beliau bilang dalam blognya : “Anda tahu, di tengah alarm tsunami (Jumat lalu), pukul 03.00 dini hari hari ketika kita tidak bisa memilih lagi kemana akan pergi, kami terus bekerja untuk memulihkan reaktor dari tempat kami, tepat di laut, dengankenyataan bahwa ini bisa menjadi kematian. Mendinginkan reaktor, kita hanya mengandalkan lautan, dan itu telah hancur oleh tsunami. Setiap orang bekerja mati-matian untuk mencoba dan mengembalikannya. Memerangi kelelahan dan perut kosong, kita terus bekerja tanpa henti. Ada banyak dari kami yang belum dapat berhubungan dengan anggota keluarga (apakah mereka selamat atau tidak), tetapi tetap menghadapi situasi sekarang dan bekerja keras.” (diambil dari artikel di link ini)
  • Dan yang terakhir… melalui sumber ini~ saya menemukan gambar-gambar tentang efek radiasi bagi mahluk hidup. Beliau bilang, di dapat dari~ student office di Jepang (beliau adalah student yang skulah di Japan). Makasi ya mas… (ato pak ya? hehe)

Wiiih~ banyak ya… wkkkk

smoga bermanfaat deh😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: