~ A Whole New World…



Belajar bahasa korea # 1

안녕하세요 (annyong haseo) 🙂

Kali ini kita akan belajar tentang introduction. Jadi pertama kali jika kita bertemu orang kita akan bilang :

안녕하세요 (annyong haseo) atau 안녕하십니까 (annyong hasimnika) — yang artinya adalah selamat pagi / siang / malam. Jadi tidak ada ucapan good morning, good afternoon, good evening. Annyong haseo itu sudah mencakup semuanya. Apa beda annyong haseo dan annyong hasimnika? Biasanya annyong hasimnika nilainya lebih formal dan lebih sopan dibanding annyong haseo. Jadi kalau sama bos kita atau sama guru kita biasanya menggunakan annyong hasimnika. Bagaimana jika menyebut “hai” pada sesama teman? Biasanya kalau kita sudah akrab sekali, kita cukup menyapa dengan “안녕 (annyong)“.

처음   뵙겝습니다 (chon bebkesemnida) — artinya it’s the frist time I meet you atau “ini pertama kalinya saya bertemu anda

만나서 반갑습니다 (manaso bangapsemnida) — artinya nice to meet you” atau “senang berkenalan dengan anda“. manada = bertemu ; bangapsemnida / bangawayo = nice to…

이름이 무엇입니까 ? (iremi muotsimnika?) — artinya “what’s your name?” atau “siapa nama anda?“. irem = nama ; muot = apa

내 이름은 adrianna (ne iremen adrianna imnida) — artinya “my name is adrianna” atau “nama saya adalah adrianna“. ne = my ; irem = nama ; imnida = menyatakan polite expression, jadi supaya kita lebih sopan. Tapi biasanya kita menggunakan 저는 adrianna 입니까 (jonen adrianna imnida), yaitu “saya adrianna“. jonen = saya.

안녕히 겨세ㅕ (annyonghi gyeseyo) — artinya “good bye” atau “selamat tinggal“. Ini diucapkan apabila seseorang hendak meninggalkan ruangan atau rumah. Jadi kasus di sini berlaku untuk seseorang yang berpamitan terlebih dahulu. (Cara mudah mengingatnya adalah gyEseyo = leavE)

안녕히 가세요 (annyonghi gaseyo) — artinya “selamat tinggal/jalan“. Tapi selamat tinggal di sini adalah untuk orang yang ditinggalkan. Jadi misalnya seseoorang pergi dan bilang, “annyonghi geseyo“, tetapi yang di berada di dalam ruangan menjawab, “annyonghi gaseyo“. (Cara mudah mengingatnya adalah gAseyo = stAy)

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada “Let’s speak korean 01” :

Oh iya…di video ini kita menemukan kata baru, yaitu :

화장실 (hwajangsil) = toilet

빨리 (palli) = hurry up / cepat

밥 (bap) = nasi

Oke, sekian dulu belajar kita kali ini 😉


Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * Ahmad Syahid says:

    Annyong haseo..
    kk adrianna,, ini video yang Let’s Speak Korean 1 nya… gg bs d putar,..
    kk adrianna mskin video ini ke video pribadi.. jd yang lain ngg bs putar.. tlng d rubah dunkk ke umum.. di pengaturan youtubenya..
    gamsahamnida…

    | Reply Posted 12 years, 7 months ago


Leave a comment