~ A Whole New World…


Category Archive

The following is a list of all entries from the campus category.

Korean Language_1

Setelah 2 tahun saya study di sini~ akhirnya saya berkesempatan mengikuti kelas bahasa secara resmi di sini. Kuliah ini ada dalam kredit saya. Kemarin jumat saya mengikuti kelas pertama saya. Gila… gurunya nyerocos aja pake bahasa korea… hahaha. jadinya 50% saya ngerti…50%  gak ngerti. Dan ilmu kira2 saya pun berjalan. wkkkk. Meski itu Korean Language 1, tapi pelajarannya aduhai dah.. uda berasa kelas intermediate (menurut saya). Gimana gak aduhai, lah yang ikut anak2 undergraduate dari china yang uda nempuh kelas bahasa korea setahun sebelumnya. hahaha. jadi kami yang anak2 master degree… yang bisa study gara2 rekomen dari prof tanpa harus ikut kelas bahasa setahun… jadi brasa bodoh aja.

contohnya ini nih~ pertemuan pertama kemarin adalah 자기소개 (introduce my self). Tapi gak sesimple yang kita kira. Jadi kita disuruh buat essay~ kita dari negara mana, department apa, alasan kita ke sini (awalnya saya kira ini alesan dateng ke kelas ini… eh-ternyata alesan dateng ke korea, wkkk). Trus untuk future atau karir kita nanti.

Nah ini punya saya… dan sukses buat labmate saya ktawa ngakak baca tulisan saya ㅡㅡ” abisnya katanya ga masuk akal tulisan saya.

Isinya… (dalam bahasa Indonesia aja ya… lagi males nulis hangul…wkkk). Saya Adrianna. Saya dari Indonesia. Major saya Horticulture. Karena persiapan thesis, saya harus belajar bahasa Korea. Selanjutnya setelah lulus, saya akan melanjutkan phD course.

that’s all~

aneh kan? wkkk….. Gurunya aja sampe bilang, “cuman segini aja essaynya?”

Tau ah~ hahaha. yang penting do the best aja~ bismillah ^^

Advertisements

campus magazine

It’s our campus magazine… english version~ my prof gave me suddenly, wkkk

 


Pak prof gaul

Saya kenal baik dengan prof ini~ sering becanda bareng dan gaul abis. Beliaunya baik sama saya. Pernah bilang gini, “Saya tunjukkan sesuatu. Ada penyanyi Indonesia yang saya suka.” Beliaunya buka youtobe~ lalu mencari lagu Sutekidane (bgini kah spell-nya?) sontreknya final fantasy. Owalaaahhh~~~ ternyata sherina maksudnya! Kalo sama dia mah juga saya juga suka. Pak prof itu terkagum-kagum, “Kok spellnya bisa mirip japanish ya~~~~” Hahahaha. Ternyata beliau-nya suka final fantasy!

Tapi~~~ dengan pak prof itu, kami (lab kami) ada masalah. Pak prof itu sering ambilin bahan kimia dari lab saya. Dengan cuek dan pe-denya gitu. Pak prof pun sampe bilangin kita, kalo prof itu minta jangan dikasih. Bahkan lemarin bahan kami gembok. Parah kan. Nah, kasus terbaru adalah~ pengambilan secara pe-de marker buat electrophoresis. Karena saya yang ngasih bliau~ saya kena semprot mas snior, haha. Lah saya ga tau~ kirain itu emang milik bersama. Ternyata skandal ini ada hubungannya dengan bos mandor saya. Dan ternyata pula prof itu uda dapet ijin dari bos mandor. Nah loo~~ mbulet kan? wekeke

Kapan hari~ saya bantuin prof itu ambil poto hasil electrophoresis. Lalu beliau tau-tau bilang, “Do you have blog? I have blog. Ok~ let I show you” Naah kan, gaul banget kok…hahaha. Sepertinya prof ini sense of artnya gede deh.

Pengen tau?

ini blognya ~ http://blog.naver.com/3legend3


Memalukaaann -.-“

Hari ini ada sesuatu yang memalukan di dunia skype saya (doh). Memalukaaannn~~~   -_-”

Ini terjadi antara partner saya dan saya. Saya panggil dia mr sexy bek. Knapa? wah~ ini ada sejarahnya. Saya cerita dulu deh ya~ haha. Awal perkenalan kami~ saya bingung panggil dia apa. Saya tanya berkali-kali, dia slalu jawab~ “call me mr bek”. Nah, mas snior juga ikut-ikut manggil mr bek dan sengaja ditambahkeun kata ‘sexy’ sehingga jadi mr. sexy bek. haha. Mengapa harus sexy? ini terinspirasi dari lagunya Justin Timberlake yang berjudul Sexy Back~~~ hahahahaha, tambah ga nyambung kan. Sedangkan mr sexy bek itu~ memanggil saya, “brother”. Dia bilang saya bukan cewe sejati. Saya seperti cowo. Huh~enak aje. Jadi menurunkan harga pasar kan? haha.

Ok~ kembali ke cerita semula. Jadi ini percakapan antara id si partner dan id saya. Langsung, saya tunjukkan beberapa percakapan chatnya

him : 수업잘했지? 잘 부탁한다. (=suop jarechi? jal butakhanda) ~ mungkin ya artinya “di kelas baik-baik aja kan?”~ pake ilmu kiralogi alias kira-kira, hehe.

Nah~ jujur.. ini saya ga tau artinya. Saya juga mbatin, tega banget si partner pake bahasa hangul gini~~~ uda gitu dicari digugel translate juga artinya amburadul. Sepertinya ini bahasa conversation. 

me : 하이 mr sexy 백 (=hai mr sexy bek). sorry i just reply. yes~ everything’s fine. how bout u?

him : 너 누구한테 메세지 보냈냐? (=no nugu meseji bonetnya?) ~ mungkin lagi artinya, “Ini messege-nya dikirim ke sapa?” Lah saya tambah bingung, ini maksudnya orang ini apa si? hahaha

him : 오늘 수업잘 했지?

Lah, orang ini nanya lagi ‘suop jarechi’~~~ hahaha. Bukannya dia uda tau saya ada kelas cuman sminggu skali itu pun malem. Saya tambah bingung mau jawab apa. Uda gitu pake hangul smua, huhuhu. Ini bener-bener tumben dia chat pake hangul smua.

me : ㅋㅋㅋㅋ~ is it mean “today class good”?  i think i’m wrong translate your hanguko

Beberapa saat kemudian~

him : 하이 브라덜? ^^ (=hai brother)
him :  브라덜~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ ㅋㅋㅋ
him :  today you was send some message?^^
him :  this is not me ^^
him :  you send my professor ^^
him : before time i was log on my prof computer ^^ so you talking to my prof ^^;;; ㅋㅋㅋㅋㅋ

me : whaaaaattttt!!!!
me : your prof?!!!!
me : i’m shy (blush)~~~ i said mr sexy 백

him : ㅡ.ㅡ
him : i know ^^ ~ my prof told to me

me : hyaaaaaaahhhhh ~~~~~~ and then? your prof’s angry?ㅋㅋㅋㅋ

him : no no

me : why ur prof use ur id?

him : because before time i log on my prof com.. so this is auto log on ^^;;

me : hahahaha~ hey, it’s secret.

him : ok ㅋㅋ

Ternyata yaaaa~~~ prof-nya si partner itu usil juga. Kirain, dulu itu seremnyaaa minta ampyun. Malah ya~ pertama kali profnya si partner dateng ke lab saya itu, saya sampe ragu-ragu mau nyapa, hahaha. Tapi entah si partner crita apa ke profnya~ (mungkin ditanyai di lab saya krasan gak ya? hihihi) sampe2 pak profnya bilang ke si partner, “Hey, kamu traktir makan ayam bareng~ nih ta kasih uang”. Hahahaha~~~ dan si partner pun bilang, “kenapa harus kamu siiii????”

Tapi kayaknya~~~ sekarang saya ga brani ketemu profnya si partner deh. Aduuuh~ pasti habis ketemu beliau (doh) -.-“


ajossi kafetaria

Ada seorang ajossi (alias bapak-bapak) penjaga makanan di kafetaria asrama~ yang satu itu ramaaahh banget, kalo pas menunya dweji (pork) kami yang ga bisa makan dweji dikasih makanan lain. Dan yang satu lagi~ entah kenapa bapaknya cool banget. Ga ramah deh. Sukanya banting-banting gitu. Kan saya jadi gimanaaa gitu. Ternyata bukan saya aja yang mbatin seperti itu~ wintul dan temen dari filiphine juga mbatin, haha. Jadi dalam otak kami sudah terekam bahwa bapak itu TIDAK RAMAH.

Tapi kemarin itu saya ketemu dengan ajossi itu di sijang (pasar), ajossi yang tidak ramah itu. Awalnya si saya ga tau~ eh-tiba-tiba saja kami disapa, “hakseng..hakseng!”

Kami menoleh (saya dan wintul)

Saya mikir agak lama gitu~~~ Ternyata, owalaaaahh… ajossi jahat yang di kafetaria dorm itu toh, haha. Ya ampyun beliau jadi ramah banget loh. Beda sama yang di dorm. Sampe sempet shake hand sgala. Dan u know, itu pertama kalinya dalam stahun ini saya ngeliat ajossinya ketawa, haha. Parah kan 😛

So, kesimpulannya~ jangan melihat orang dari tampang luar, hehe


Open house asrama

Seminggu yang lalu ada open house di asrama~ apa maksudnya open house? Jadi itu seperti party-partynya anak asrama. Ada panggungnya, nyanyi2an, dance-dance, dan yang paling disukai anak2 asrama adalah, cowo boleh masuk ke kamar cewe, begitu pula sebaliknya. Oh~My~God…! Jujur, saya ga suka ini. Ini dua kalinya saya merasakan open house di asrama. Dan syukurlah~ sampe saat ini, saya dapet rum-mate yang sepakat bahwa kami ga mau nerima tamu cowo, meskipun temen cowo uda nelpon kami dan ingin main ke kamar kami. No…no… never do that. Selain itu, semua anak pada mabok2an~ muntah dimana2.. iiiih, jorok. Trus berisik banget, gaduh. Soalnya mereka pada main game gitu di kamar mereka~ jadinya jerit2, ketawa2, gedor2 pintu~ kayak ga punya sopan santun lah.

Tapi ada hal yang saya sukai~

Kemaren ada kembang apinya~ Saya ngeliat dari atap building lab saya. Karena pas itu saya masih ada di lab.


Taneman di korea yang unik (versi saya)

Hahaha, gila-gilaan nih saya. Padahal banyak kerjaan, eh-malah liatin poto2 di kompi, akhirnya ngeblog. Aura di lab juga lagi feeling blue banget. Tau ga si, 2 meter dari tempat duduk saya~ bos mandor saya tidur, hihihihi. Saya lirik, eh-ternyata kursinya dibalik membelakangi saya. Trus ada prof lain dateng, dia langsung bangun…hahaha. Ini malah ngomongin bos mandor~~~

Oke lah~ nyambung ke judul. Kali ini saya mau posting poto2 yang berbau taneman tapi unik versi saya. Jadi jangan protes kalo ternyata ga unik versi anda, hahaha.

Itu dia kembang-kembangnya~

Oiya, saya juga suka banget loh sama green-house punya departemen saya. Jadi sebelah green-house itu ada rumah kecil, itu rumah temen saya~ lain lab  (di lab insect). Dia masih anak undergraduate tapi uda mau lulus. Dia jadi penjaga green-house dan tugasnya nyiramin taneman2 di green-house. So departement saya ngasih rumah untuk tempat tinggal bebas uang sewa. Nah lo~ enak kan 😀 Jadi tiap ke green-house saya slalu ketemu sama dia. Karena pagi, jadi kami ketemu pas dia entah lagi abis mandi ato baru bangun tidur…hahaha. Kadang dia mau brangkat ke lab, so dia nungguin saya nyiram dan ke lab bareng. Saya bilang ke dia kalo saya suka green-house yang ini~ dan dia bilang, “Ah~ kamu lebay banget. Saya mah biasa aja. Saya biasanya buat streching kalo abis bangun tidur.” Wekeke, ya iyalah biasa aja~ dianya tinggal di sebelahnya green-house.

Ini side pemandangan green-house yang saya suka :

Pengen sih bangun green-house di ina…. tapi ya buat apa? Lah ina uda panas gitu~ masak pake bantuan green-house, hahaha



departemen hortikultur

Itulah department saya jadi masteral student. Kalo saya, berhubung uda master student, jadi riset mulu… riset yang bener-bener science. Apalagi kalo di lab saya tentang plant molecular breeding. Semuanya all bout DNA, RNA, protein…dll. Beda halnya dengan anak undergraduate. Ada sih teori-teorinya… tapi yang menyenangkan sepertinya praktikumnya deh. Dari bagaimana cara merawat taneman…sampe mengawetkan taneman…sampe membuat produk dari taneman…sampe merangkain bunga. Menyenangkan ya 😀


Jadi nervous…

Foto1380

Kapan hari saya diundang ke acara sidang thesisnya anak s2. Sebenernya semua mahasiswa s2 suruh dateng ke situ, soalnya sekalian belajar gitu kali ya. Pas dateng, mahasiswa s2-nya sih dikit… tapi undergraduate yg banyak, hoho. Hmm… bisa diliat, bahwa kliatan lah beda mahasiswa s2 sama s1. Kalo s2 pasti uda agak dewasa-dewasa dan dandannya agak glamour. Kenapa? soalnya orang yang bisa skolah s2 itu pasti orang kaya, spp-nya mahal banget… sampe hampir 3 juta won, wekeke. Kcuali saya, dan mas-mas senior saya yang stay di lab a whole days… tampangnya masih undergraduate banget. Karena pakaian kami juga apa adanya..hahahaks.

Kita beralih pembicaraan tentang sidang. Nah, ternyata sidangnya tidak sesusah yang saya bayangkan looh, hehe. Jadi cuman presentasi maksimal 20 menit per-orang… trus sesi tanya jawab (yang tanya para prof dan audience) cuman 15 menit. Total 2 jam untuk 4 orang presentator. Uda gitu, debatnya ga seberapa seru kok. Kalo misal mahasiswa ga bisa jawab, dijawab sama supervisornya (prof pembimbing). Jadi yang debat malah para prof.. wakakaka. Beda banget sama di ina, dimana ujian skripsi saya itu pake sidang tertutup….hanya saya satu orang dan ditanyain 4 dosen yang pertanyaannya itu saling menjatuhkan. Beuh, bener-bener debat. Uda gitu bayangkeun, 2 jam untuk 1 orang sidang skripsi. Mabok beneran itu….hahaks.

Tapi entah kenapa… saya tetep aja ngrasa nervous, (fiuh). Kurang satu setengah tahun lagi… saya akan mengalami hal ini. Mana bahasa korea belon lancar-lancar sampe skr 😦


Pemilu di kampus

Lucunyaa…. saya menemukan adegan kampanye di kampus korea ini. Jadi kayaknya untuk mahasiswa (khususnya anak undergraduate), ada semacam presiden di universitas (sama kayak di indonesia). Bedanya kalau pemilu di sini, mahasiswa ga heboh. Yang heboh cuman kandidatnya aja… sama mungkin bagian pengurus pemilunya. Dan cara kampanyenya unik, mereka (para calon)… berdiri di pintu keluar asrama…. trus nyapa orang2 yang kluar dari asrama “annyong hasimnika” sambil menundukkan kepala. Ato berdiri di depan pintu kantin pas jam makan siang. Ada juga yang pergi ke taman, datengin anak-anak di taman dan seperti sales gitu… mungkin mereka memperkenalkan diri dan ada embel2 pilihlah saya gitu kali ya…hehehe. Trus ada tuh yang agak gaya, pake kampanye mobil…dan di setel musik keras2..hahaks, dasar anak muda. Untuk para pengurus pemilu, mereka bangun tenda di suatu halaman kosong. Yah, lumayan sih… pas  pulang malem keadaan kampus jadi agak rame. Tapi ya gitu… tiap malem juga mereka kyknya minum2. Pas lewat tenda, bau alkohol. hohoho. Berikut adalah poto-potonya yang saya sempet saya ambil

Foto1368 Foto1372 Foto1371


Saya gak sakiiiittt…! (angry)

Ah, bete juga nih… dituduh aneh-aneh. Jadi critanya itu… you know lah, temen asrama ada yg baru diduga terinfeksi swine flu. Jadi para staf asrama lebih gencar pemeriksaan suhu badan. Tiap malam tuh dipriksa. Pas hari itu saya diperiksa dan  saya memang saya baru dalam tahap pemulihan radang lambung itu. Mereka kaget, suhu badan saya di atas 37 degree dikit. Dan mereka uda pada bisik-bisik. Bukannya saya ge-er, tapi mereka memang mencurigai saya. Apalagi saya foreigner di sini. Sekedar inpo, foreigner di asrama cuman saya, temen Filiphine 1, dan dari China. So, perhatian mereka lebih pada kami, hoho. Tapi saya risih juga niiih… masak saya dikira sakit…!! saya sehat2 aja kok, ga ngerasa badan saya anget ato flu. Memangnya badan agak anget langung bisa dijudge sakit flu gitu? kan bisa aja toh ada suatu organ lain yg terinpeksi.. iya kan? Ah, ga canggih nih…!


Nge-date di lab

Malam ini sama sekali gak nyangka bakal selarut ini pulangnya. Hampir jam 2 bok, hikhik… Awalnya saya ada kerjaan nge-list bahan kimia. Yup, lab barusan pindah…hari ini ada pemindahaan bahan kimia juga. Jadi sekalian nge-list bahan, sekalian deh nunggu pak prof pulang. Ini tumben-tumbennya pak prof gak pulang-pulang. Biasanya pas maghrib, beliaunya uda pulang. So saya dan senior saya nemenin di lab deh, hehehe. Setelah kerjaan kami selese, kami pun nge-date…hahaks. Lah abisnya di lab cuman tersisa kami berdua sih. Saya pun mengorek-ngorek inpo dari senior saya itu, ternyata ya…winter vacation saya mau tinggal di dorm-nya daegu (woot). Waktu pun menunjukkan hampir pukul 12 malam. Bener-bener tumben ini. Ngapain aja coba. Terjadilah adegan ngerasani…

Saya : Pak prof ngapain sih dari tadi gak pulang-pulang?

Senior : Mayabe he’s busy…

Saya : Tapi aneh ah, busy kok sampe jam segini

Senior : [liat jam] iya… sampe hampir jam 12. Bentar, aku liat…

Mengendap-ngendap…kami berjalan menuju ruangan beliau (sambil cekikikan). Awalnya kami hanya ngintip, tapi gak keliatan…hahaks. Akhirnya senior saya masuk ke ruangannya. Jiah, mau ngapain dia? Ternyata akting minjem buku…sambil ngelirik pak prof, hahaks. Senior saya malah ngobrol dengan pak prof. Dan balik-balik ke ruangan kami…dia bawa laptop. Jiah…hahaks. Malah dikasih laptop dia. Sebenernya kapan hari pas saya majang kompi di meja saya, pak prof uda ngasih laptop. Tapi kata senior saya…”It’s too old. So, lemot sekali”. hehehe. Sedang saya? saya dikasih se-set alat menikur-pedikur… hahaks. Dan itu masih terbungkus rapih dalam kertas kado. Kata pak prof, ini jangan dijadikan kado lagi…pokoknya jangan kasihkan ke sapa-sapa ya. Ini buat kamu lo. Begitu… hihihi.

Dan akhirnya, pak prof saya pulang jam 12 malem. Tapi… kan saya bareng anak lab depan tuh, soalnya dia sama-sama tinggal di asrama. Maksudnya biar ada temen gitu pulangnya. Serem euy, malem-malem, hoho. Nah, dia masih nungguin profnya…hahaks. Yah, nunggu lagi deh sampe prof dia pulang. Alhasil kami pulang hampir jam 2, hohoho.


Bahaya.. flu babi di sekitar kita

Hmm… hari ini saya terpaksa gak dapet jatah makan buka dan sahur di kantin dorm, karena pas saya mau masuk kamar… the staff of dormitory mencegah saya masuk dorm. Hiks, sedih juga sih. Terpaksa nih buka sahur kali ini nge-mie instan, hehehe.

Ternyata setelah usut punya usut… salah satu student yg tinggal di dorm cewe lantai 4 diduga kena swine flu, alias flu babi…hehehe, serem ya. Makanya itu sekarang seluruh gedung lagi di sterilkan. Disemprot dengan alkohol. Btw, emang ngaruh ya alkohol sama virus? hehehe. Lalu nasib si penderita? Katanya sih di pulangkeun. Dan mgkin akan ada pemeriksaan suhu temperatur lagi… ngecek demam ato engga.

Walah…


Semester baru, sesuatu yang baru

Hehehe, balik nge-blog lagi. Maap loncat-loncat nulisnya sesuai mood, wakakaka. Ga ngerti karena banyak topik yang mau ditulis, jadinya males deh, hahaks. Ini sekarang mau cerita soal tadi aja lah. Ga kerasa uda setengah tahun di Korea, tapi bahasa Korea belon lancar juga, hohoho. Sekarang saya sudah pindah ke dorm reguler lagi setelah 2 bulan setengah saya ada di dorm mix. Dan tentunya saya sempet pulang ke ina juga seminggu. Ternyata ada beberapa hal yang berubah di dorm ini yang membuat agak aneh, hehehe.

  • Saya dapet room-mate baru. Temen akrab saya di kamar pindah ke church. Dia akan tinggal di church dan ga akan ke asrama lagi deh, hiks
  • Semua room-mate di sini pada putus semua sama cowo-nya..hihiho. Jadi sekarang kamar ini adalah single girl room, hikhik
  • Di sini ternyata lagi heboh flu babi. Jadi di kantin sekarang ada alat untuk sterilisasi tangan sebelum makan. Halah, itu alkohol kok, hehehe. Sebelum makan kata penjaga kantin suruh nyemprot itu dulu.
  • Ini adalah pertama kalinya puasa di asrama baru. Hmm, jadi saya ke kantin bukan untuk makan. Tapi untuk ambil jatah makan untuk sahur, hahaks. So saya selalu bawa box makanan terus, hehe.
  • Hari ini uda dibuatin ID untuk masuk pintu asrama. Tapi sebelumnya ada pemeriksaan flu katanya. Jadi ngukur suhu tubuh dari telinga. Yah prinsipnya sama dengan ngukur suhu tubuh di badan sih. So, bener-bener heboh flu babi sekarang
  • Sempetke lab bentar dan…sekarang ada meja khusus, hihihi..lucunyaa. Mejanya sebelahan sama class-mate, dan sebelahnya class-mate saya ada bos mandor saya…wakakaka

Kerjaan seminggu ini : jadi klining serpis

Foto1058Yah, begitulah…saat ini nasib lab saya cukup mengenaskan. Building under construction-nya makin menjadi-jadi…hahaks. Sekarang giliran building lama yang direnovasi, sedangkan building baru uda jadi dan uda bisa dipake. Jadi kami heboh banget karena posisi kami adalah kami masih akan menempati building lama tapi setelah under construction. Tapi ya gitu, kita tuker-tukeran tempat sama lab lain. Bisa kebayangkeun….alat-alat kami besar-besar dan banyaaaak. Kami ngangkat-ngangkatin alat-alat yang mana tukang-tukang lain masih ngecat dan benerin listrik. Saya? Nah itu dia… berhubung di sini almost all member labnya cowo semua…dan bila member cewe selain saya ga ada yang hadir (itu artinya hanya saya yang hadir), maka hak asasi perempuan saya terancam….hahahaks. Maksudnya saya bukan lagi jadi klining serpis melainkan kuli angkat-angkat…hahaha. Tapi kalo ada 1 aja member cewe-nya, pasti saya hanya diajak jadi klining serpis aja. Untuk kuli angkat-angkat dia bilang itu kerjaan laki-laki….hihihi, bagus lah. Dengan kondisi begini pula, kerjaan lab pun terpaksa vakum. Mana bisa kami kerja beginian. Padahal kerjaan saya pun menumpuk, bos mandor menagih hasil kerjaan. Ah, jadi tambah ruwet aja pikiran saya.


Libur (hampir) usai

web-ku

Wuaah, akhirnya saya bisa buka site saya sendiri..hehehe. Site akademik saya sih lebih tepatnya. Tapi site akademiknya lucuuuu… ada semacam agenda harian gitu. Di situ juga lengkap berapa banyak SPP yang harus saya bayar…juga mata kuliah yang akan saya tempuh sampe nilai saya juga ada di situ (blush). Wekeke, udiks sekali ya saya. Kemaren pak prof ngajarin saya gimana buka site saya, karena emang tulisannya in hangul smua…jadi ngapalin aja…hahaha. Di site saya juga tulisannya in hangul smua. Ga support english. Jadi meskipun lucu-lucu gitu tapi ga ngerti artinya, percuma kan…hehe.

2 minggu lagi, pas tanggal 1 september kuliah uda mulai. Semester depan saya ambil 2 mata kuliah lagi. Andaikan tau, kuliah saya kayak main-main, hehehe. Kuliahnya malem aja dan karena pake bahasa korea, jadi saya mendengarkan mereka dengan ngantuk-ngantuk gitu deh. Lah saya sendiri foreignernya dan smua studentnya korean smua. Karena itu lah saya sebenarnya masuk kelas cuman formalitas dan untuk dapet score, saya hanya nulis paper in english. Class-mate saya pun smuanya uda tua-tua. Hanya saya aja yang masih muda. Smuanya uda bapak-bapak dan ibu-ibu. Maka dari itu dipilih kelas malem. Mereka kalo siang kan kerja, hehehe. Yah begitulah kehidupan akademis saya. Semoga next semester akan lebih indah… Oiya, rencana pak prof akan mengirim saya untuk ikut kelas bahasa di campus Daegu loh (woot). Jadi saya bolak-balik Sangju-Daegu nih….hahaha. Bahkan ada gosip juga kalo dorm akan pindah ke Daegu, hehehe. Katanya kasian saya-nya kalo dapet fasilitas dorm di Sangju…hohoho.


Makanan delievery servis (andalan anak asrama)

Foto1005Yaah, beginilah nasib anak kos-kosan asrama di sini. Kalo pas tinggal di asrama yang disediain makan sih enak, laah kalo pas tinggal di asrama no makanan gini…jadi musti mikir makan apa besok. Uda tau kan lokasi kampus saya sangat tidak startegis dalam urusan makan-makanan. Ga boleh masak-masak pula (emang ga ada dapur). Dan kalo kelafaran begini…bingung deh, apalagi kelafarannya pas weekend. Ga ada warung buka dalem kampus, hahaks. Solusinya kalo ga pergi ke downtown ya mesen delievery serpis bgini. Kalo untuk orang Korea sih tinggal pesen via deliperi serpis wae kalo males kluar. Nah, bagi kami para warga asing yang masih ga bisa bahasa Korea…hohoho, kesulitan juga. Mereka ga bisa english. Dan biasanya sih kami mengandalkan bantuan temen untuk nelponin, hihihi. Tapi saya sadar…tak selamanya harus bergantung pada teman, so kami pun nyoba mesen sendiri lewat telpon. Ternyata bisaaa! (woot). Cuman bilang tempat kita lalu apa menu yang dipesan dan…kamsahamida, hoho. Biasanya sih kami mesen 양념 (yangnyam) chiken. Jadi ayam pake saus manis gitu. Itu tanpa tulang pesennya. Ada juga yang menu 간장 (ganjang) chiken…itu cuman ayam goreng tepung biasah. Yang saya beli kemarin itu saya pesen di warung ayam yang 파닭 (yang ditambahkan onion / daun bawang). Sebenernya ada juga yang engga..tapi nomor telponnya ketinggalan di kamar lama…hahaks. Lebih suka yang ga pake sih dari pada pake daun bawang, hoho. Paling murah harganya 10ribu won…uda termasuk pepsi (colla) dan acar rubish.

Jajangmyon Foto0464 Jampong

(ka – ki : jampong, ayam steam, jajangmyon)

Selain menjual beginian…dijual juga makanan lain seperti mie jampong (mie seafood dengan rasa spicy), mie jajangmyon (mie dengan bumbu seperti kari cokelat), ayam steam (lengkap dengan wortel, ketang, ayam, bihun yang di-steam), pizza, dll…. Yang jajangmyon biasanya sih pake pork…tapi kali ini ga pake daging apapun makanya harganya murah. Cuman 2000 apa 2500 won gitu, lupa…hehehe. Tapi kalo yang ayam steam itu…wuih mahal, 20.000 won ke atas, hoho *bisayo*  Yah, beginilah sekilas tentang makanan delievery serpis..hihihi.

Hmm…kalo di Korea, usaha beginian banyak lakunya… karena setiap orang Korea lebih suka mesen lewat telpon lewat delievery serpis…beberapa menit kemudian dateng deh…hohoho. Yang lucu tuh pengantar makannya. Mungkin dia lagi laris banget kali ya…jadi kayaknya terburu-buru gitu, jadi musti bisa berkendara dengan kecepatan tinggi juga…hahaks (kalah nih rossi, hoho).


Good morning..! ^^v

IMG_9043

(August, 14, 2009 ~ Sangju ~ 6 am)

Annyong..!!! Akhirnya pagi ini cerah juga. Bisa mengabadikan sunrise lagi abis subuhan, hehehe. Yup, semoga hari ini adalah hari yang indah 😉


Renovasi & Liburan lab

Beuh, bikin heboh nih renovasi lab. Jadi kayaknya sih, semua yang bangunan-bangunan lama mau dirombak jadi bangunan baru. Ini berawal dari kantornya pak prof yang direnovasi…jadi pak prof sekarang ngungsi ke lab saya dan duduknya pun pas di belakang tempatFoto0981 duduk saya. Nah loh, semakin tidak bebas saja. Kalo orang lab…mereka merasakan ada aura-aura yang akan mengganggu ketentraman lab dengan adanya pak prof. Kalo saya beda…ga bebasnya karena kursinya pak prof besaaaarrr bgt. Jadi jangankan buat lewat untuk jalan…saya duduk di kursi saya pun ga bisa..hahaks. Maka dari itu, kalo pak prof lagi duduk saya ga bisa di depan komputer..hihihi. Pak prof juga bilang, “I’m sorry…my chair is very big”. Nyadar juga ternyata…wakakakaka 😆

Kehebohan yang lainnya adalah…kami semua harus (mau tidak mau) berhenti kerja. Karena semua alat dan bahan…mau dicover pake Foto0997plastik. Dan karena efek renovasi itu…udara di dalam building berbahaya untuk pernafasan. Makanya seharusnya saya ke sana pake masker. Dan pak prof memutuskan bahwa seminggu ini kami libur..horeeeiii. Tapi bagi saya..sepertinya kok tidak ada libur ya? hahaks. Hampir setiap hari saya harus ke lab nge-cek yeast sampel saya. Kemudian tanggal 12-13 besok ada semacam apply form buat kuliah. Dan tanggal 14-nya prepare kerja untuk tanggal 17. Ya uda deh..hanya libur 2 hari..senin sekarang dan besok selasa ini, hihihi. Alhamdulillah, masih diberi  libur…


Labkom’s come back

Wekekeke…sekarang komputer lab pun kalo mau connect sama inet musti pake password. Jadi inget waktu masih s1 nih…kalo ke labkom musti daptar jadi member dulu…hahaks. Bisa sih jadi penyelundup gitu…tapi kok ya lama-lama syungkan sendiri :mrgreen: Jadi tadi itu cerita-nya tiba-tiba koneksi internet mati dan saya restart. Lah kok munculnya site aneh, saya tanya temen saya…apa ID dan pasword. Heh? mana punya pasword saya? Dan kok ya temen saya itu baek mau nanyain pasword di bagian IT kampus. Dan akhirnya tau deh pasword saya..hoho. Tapi coba pikir, sapa yang kasih pasword buat saya ya? pak prof kali ya, hoho.

Hmm..saya jadi mikir. Kok ya di sini pake hangul semua ya? Blas ga ada englishnya sama sekali. Semua site-site pake hangul. Jadi saya selalu merepotkan orang dan ketinggalan info-info. Kemarin hampir aja telat bayar dormitory baru. Laah site dorm-nya hangul semua. Lalu site pribadi saya di campus juga pake hangul semua. KRS juga lembar KRS-nya pake hangul. Jangankan website, kuliahnya pun pake hangul smua, ga ada in english-nya..hiks. Jadi saya di sini…ya kerjaan saya cuma nge-lab proyek prof sama ngerjain paper tugas kuliah (sebagai ganti saya ga bisa nangkep kuliah in hangul). Hanya gara-gara ga bisa bahasa korea…saya jadi orang yang tampak bodoh. Entahlah…