~ A Whole New World…


Category Archive

The following is a list of all entries from the indonesia category.

mie korea di ina

saya kaget~ pas saya pulang ke ina kmaren…. tnyata cup noodle ini dijual di ina loh. yang buat saya shock berat adalah~ di korea mie ini bumbunya ada babinya loh. Makanya di sini saya ga makan mie itu. Eh~ di ina kok dijual bebas di supermarket2.

me : otosan… mie ini ada babinya lo di korea *saya agak triak2 shock waktu blanja sama ayah di supermarket*

otosan : hush, jangan keras2 kalo ngomong

saya cek komposisi mienya… ternyata yang di ina ga ada babinya. hehehe. mudah2an aja begitu.

korea ini pinter ya~ awalnya mereka memasukkan drama2 korea… musik2 korea… skr banyak produk yang dateng ke ina, haha

Advertisements

I’m in e-book ^^

Tulisan dengan tema “tokoh inspiratif indonesia” yang dulu pernah dilombakan (meski saya ga menang, haha) masuk dalam e-book ^^

tulisan saya ada di artikel ini

mengapa bisa masuk e-book? penjelasannya ada di sini

dan e-booknya bisa didownload di sini



hidup indonesia..!

Ada kabar gembira ^^…  you know what, tim tari Indonesia menang di ajang Bravo Asean 2010 di South Korea, yay! Ada 2 tim tari yang tampil… tim tari Saman (dari temen-temen di Busan) sama Tim tari dari KBRI.

videonya masih ada sebagian yang blon diaplod sama temen-temen.. masih heboh tuh di milis ato di fesbuk.. jadi saya cari di youtobe, ada dari tim Tari Saman pas audisi untuk Bravo Asean 2010.

Makanyaaa~~~ harus bangga dooong sama Indonesia. Oke lah, untuk masalah politik, kriminalitas, pejabat, korupsi, whateverlah itu… lupain sejenak lah. Jangan ngurusin begituan dulu lah… tambah kege-eran nanti tuh pejabat-pejabat yang kita omongin dan kita pedulikan gosip2nya. Malah mereka pikir, “waah~ saya jadi terkenal niiih…” Engga banget kan… hahaha.

Yang harus dipikirkan adalah solusi konkret… bagaimana generasi muda-muda ini menyumbangkan nama baik untuk Indonesia. Wakaka, tua banget kata-katanya. Tapi itu harus loooh. Sekarang yang memegang kendali siapa, i mean yang menguasai dunia adalah orang-orang seumuran kita. Yang tua-tua uda pada mau pensiun… lihat saja, beberapa dari sanak-saudara kita, pakde… bahkan ada sebagian dari ayah kita ada yang uda pensiun. Nah, generasi yang membangun dunia siapa lagi kalo bukan kita? Iya tak? wekeke

Jadi inget kata-kata Arman gigi pas di Indonesia Mencari Bakat alias IMB (di sini saya nonton IMB juga ternyata, wekeke)… Beliau bilang padahal pas masih kecil itu prestasinya cemerlang loooh. Misal nih ya, tim sepak bola anak-anak yang menang di france… atau anak-anak indonesia yang menang olimpiade internasional sains… tapi mana sekarang? Ga denger kabarnya lagi mereka kan? Ini yang salah sapa coba? Indonesia yang ga bisa manage mereka ato ada alasan lain? Itu yang perlu kita introspeksi dari kita.

Kayak sekarang ini aja deh… kalau mau tau, sebenernya potensi budaya indonesia itu keren banget looh. Indonesia itu banyak tari-tarian yang bagus… tari saman yang tadi… ato tari bali… nah itu. Jujur ya, kalo saya bandingin tuh, budaya korea… nyanyian korea, tarian korea, ga ada apa-apanya tuh sama tarian indonesia, ato nyanyian indonesia. suer. bukan karena saya itu orang indonesia loh. Tapi kalo kita lihat tingkat kesulitannya… tarian indonesia kayak tari bali… ato nyanyian sinden khas jawa tengah itu… punya tingkat kesulitan yang tinggi. Buktinya ga smua orang indonesia bisa kan? coba deh kita perhatikan… orang yang nyanyi sinden, pasti smua punya suara bagus. Tari bali, badannya harus lentur dan punya jari-jari lentik. Kalo tari korea ato nyanyian korea… banyak tuh yang bisa karena mudah dipelajarinya. Dan orang-orang korea ga sungkan2 memamerkan budayanya pada kami orang asing… sering tuh saya diperlihatkan bahkan saya suruh belajar juga, hahaha. Selain itu… seperti tari bali ya, nilai jualnya tinggi loo. Karena lagu yang mengiringi itu khas, bajunya juga bagus, dan turis-turis semua penasaran sama yang tari bali itu. Beberapa kali saya jadi guide foreigner visitor, mereka pasti request di tempat-tempat yang menampilkan tarian2.

Jadi saya berharap… kemanapun kita berada… bawalah nama baik indonesia, mengharumkan nama baik indonesia… karena kalo gak dimulai dari kita sendiri, siapa lagi mau? hehehe.. semoga bisa jadi wacana ^^

PS. saya mau share video… ini anak korea yang bisa tari bali… hahahaha. Kok jadi kbalik ya? wekeke


Pilem nasional~ harus nonton

Hahaha~ pilem ini…

saya baru nonton atas rekomendasi temen. Speechless. Emosi saya yang main. Saya ga tau, saya terluka… sedih… I can’t do anything. Just watch. And after that~ huaaaa… padahal loh, awalnya ngakak-ngakak saya nontonnya…hehe.

Komen dari nonton pilem ini… hmm, no comment aja kali ya, hehe. Bukannya saya ga punya pendapat. Sudah banyak pendapat yang saya utarakan, di blog ini juga… sering kok saya ngomong ngalor-ngidul… kritik sana-sini…uda capek saya. Tapi kali ini engga komen dulu deh, hehe. Emosi saya sudah cukup terkuras dengan pilem ini. Saya jadi mikir… jadi orang baik kok susah banget ya…hahaha.

Ada satu pertanyaan. Apakah benar-benar ada orang yang menerapkan sikap idealisnya dan akan hidup sejahtera? Wallahualam~ wekeke

Saya rekomendasikan, nontonlah pilem ini… lihatlah negeri kita tercinta ini… saya sendiri juga bingung, sebenarnya sapa yang membuat semuanya jadi abu-abu? baik-jahat, smua kabur. Tapi yang saya setuju dari hikmah pilem ini adalah, yang namanya pendidikan itu penting. Orang punya ilmu itu ga rugi kok, percaya deh~

Dan pilemnya adalah : ALANGKAH LUCUNYA (NEGERI INI)

Link tadi adalah trailer-nya.

Ini saya kasih link di youtobenya :


kembaran justin timberlake?

Apakah anda setuju jika gaya-gaya Taeyang itu kayak Justin Timberlake???

I’ll Be There ~ Taeyang

Kalo yang ini Indonesian Justin Timberlake… Resa Herlambang, haha. Sayang lagunya bukan buat nge-dance, jadi ga kliatan gaya Justin Timberlake-nya. Tapi lagu ini enak lo…hehe

Jomblo ~ Resa Herlambang

Dan yang terakhir… lagunya Justin Timberlake dong…hahaha. Lagu lama aja ya~ soalnya kalo lagu yang baru-baru, video klipnya ga enak diliat…hehehe

Rock Your Body ~ Justin Timberlake

So~ what do you think now? wekeke…


ied mubarak, daegu (2010)

Alhamdulillah~

setelah menunggu 2 tahun tidak bisa sholat idul fitri maupun idul adha… akhirnya hari ini saya bisa sholat ied 😀 kali ini saya sholat di Daegu…

Berikut adalah poto2 lebaran saya… hehehe

^ keberangkatan ke tempat sholat… (naik bus kota -> jihacol/subway -> taxi). sempet menjadi pusat perhatian orang korea… pada mau kemana rame-rame begini, gitu katanya…hahaha. Lalu saya bilang, “islam sawon eso (in mosque) uri kidohalkoeyo (we will sholat), cigem islam chusok (today is ied)”.

^ suasana menjelang sholat ied

^ ini hidangan yang saya santap di hari raya ^_^ enyaaaakkk~~~ masakan indonesia  niiihh… sekali-kali laah, ga makan kimchi…hihihi

Dan yang terakhir… ini adalah mushola yang dibangun orang Indonesia di Daegu, namanya mushola Al-Amin… ada warung indonesia juga di sana, hehe

Terimakasih untuk mba-mba di Gyeongsan yang memberi kami tempat bermalam dan have fun together di lebaran kali ini. Bener-bener berasa pulang kampung dan ga berasa di Korea aja…. hehehe

Saya juga mengucapkan, selamat idul fitri… mohon maaf atas segala kesalahan~

Minal aidzin wal faidzin ^_^


jagung rebus

Bulan-bulan sekarang ini di korea lagi banyak panen jagung~ (uda tau ya? wekeke). Dan uniknya jagung rebus di sini dibungkus dan dikemas rapih. Padahal cuman jagung rebus! Eh-tapi jagung sini aneh loh… jadi jagungnya campuran warna kuning sama ungu. Bahkan kemaren saya nyobain itu warna ungu semua. Kira-kira varietas apa ya? Btw ungu itu berarti mengandung antosianin kan? Hmm…

Pas wintul dan saya ngobrol sambil makan jagung rebus made in korea itu, wintul jadi ada ide. Kalo misalnya jagung rebus di Indonesia yang dijual-jual itu dikemas begini~ dan diawetkan seperti yang jagung kemasan korea ini… pasti harga jualnya akan lebih mahal dan akan tahan lebih lama karena proses pengawetan itu. Eits, jangan berpikiran proses pengawetan yang pake bahan-bahan kimia itu. Kita bisa kok menggunakan pengawetan dengan cara alami. Proses pengawetan diantaranya adalah diasinkan, dimaniskan…. Nah, supaya orang-orang doyan dengan jagungnya… jagungnya diawetkan dengan cara dimaniskan aja…. hehehe.

Wah, pinter nih wintul… wekekeke

PS…

Maap-maap, saya salah kasih inpo. ternyata yang buat jagung jadi ungu2 gitu adanya jumping gene ato transposon. Untuk pengen tau lebih jelasnya buka di link ini


Masakan indonesia

Kemarin saya dan teman saya dari indonesia, mencoba masak sayur bayam dan bakwan jagung. Meskipun bahan-bahannya sederhana dan awalnya kami pikir ga jadi masakan ini~ tapi akhirnyaaa…. Taraaaa! Jadi ^_^

Tenang aja, sayur bayamnya… cuman bayam, bawang bombai, gula dan garam…wekeke. Trus bahwan jagungnya itu pake jagung yang uda rebus…hahaha. Sekarang di korea sedang panen jagung, jadi banyak orang yang jual jagung. Dan kami dikasih jagung rebus sama orang-orang lab. Ketimbang ga dimakan, dimasak aja bakwan jagung, wekeke. Maksa banget daaaah. Jangan ditiru ya, wekeke


Membeli merk

Kapan hari~ pas saya pergi ke E-mart dengan mas snior, saya menunjukkan sebuah toko sepatu ber-merk. Awalnya dia ga mau, katanya.. “bisayooo” (=mahal). Tapi setelah saya kasih tau, kalo sepatu nike pink saya belinya di situ… dia langsung mau. Setelah diliat-liat emang ini nike-nya lumayan murah dan dapet diskon pula! Emang ga new arrival si, tapi lumayan lah. Awalnya mas snior naksir sama spatu mirip punya saya tapi gambar nike-nya berwarna merah. Harganya cuman 50ribu won. Tapi ga ada ukurannya. Akhirnya beli sendal item nike. Harganya skitar 25ribu won, ga tau itu uda didiskon apa blon.

Beberapa hari kemudian….

Apakah anda menyangkanya…. bahwa sendal model ini :

ternyata…. made in….

Indonesia…!!!!!

Hahaha, ga nyangka lo~ beli jauh-jauh di Korea, dapetnya barang Indonesia, wekeke.

Saya jadi curiga juga dengan sepatu nike yang saya beli….

Dan, ternyata benar. Bukan made in Korea. Tapi made in China! Wekekeke

Langsung seketika itu juga, saya diketawain sama mas snior. Orang korea ini sepertinya anti banget dengan produk yang berlabel made in china. Mereka uda tersugesti barang made in china itu kualitasnya not good. Apalagi mas snior tuh~ meskipun penampilannya sederhana begitu, paling ga mau tuh beli barang made in china…wekekeke. Padahal ya, saya kira sama aja si.. it depend on the user. Di China itu kan bayar SDM-nya murah, jadi barangnya jadi murah. Tapi kalo soal kualitas, sama aja si~ I think. Yah, beberapa lah emang agak unggul Korea ketimbang produk china…hehe.

Jadi critanya kami ini cuman beli merk nike doang… wekeke


Apa?

labmate : So, after this step~ I will heat the sample at 65 degree. Is it right?

me : APA?

labmate : morago? (=apa). What did you say?

me : heh?!

Saya baru tersadar, saya bilang kata-kata dalam bahasa Indonesia~ APA.

labmate : I’m not your father

ㅋㅋㅋㅋ

Dalam bahasa korea APA artinya FATHER. Tapi labmate saya itu sudah paham kok yang saya maksud, wakakaka. Labmate saya sudah sering mendengar saya pake bahasa Indonesia. Saya pun kadang panggil dia dengan sebutan “MAS”. Dan dia pun kadang bilang, “KENAPA” pada saya…. hahahaha


Dinner

Dinner kali ini Indonesia punya dah 😀 2 hari yang lalu dapet sambel trasi gorengnya dari mba vita di gyeongsan~ di kulkas lab juga ada sisa ayam goreng 3 hari lalu dan sayur selada. Tinggal masak nasi trus angetin sambel trasi dan ayamnya di microwave~ dimakan anget2 bareng wintul sama ubet di lab. Jadi deh lalapan seadanya, haha. Alhamdulillah~ nikmat dunia 😀

by : yang kangen dengan masakan Indonesia ^_^


gathering [lagi] sama orang Indonesia

Akhirnya~~~ hampir 6 bulan saya tidak berkunjung ke temen-temen Indonesia, kemarin Jumat saya ke Gyeongsan. Dan saya sendiri ga tau loh kalo ternyata acaranya gathering penghuni Gyeongsan dan Daegu. Makanya rame banget. Di sana itu saya brasa di Indonesia saja. Gimana engga, ga ada bahasa korea maupun english. Kmaren masak ayam bakar ala Indonesia taste punya. Enyaaaakkkk~~~~ Ada krupuknya pulaaa. Trus pulangnya saya dibawain sambel bajak, haha.  Di sana uda banyak penghuni baru. Jadi tambah rame banget. Saya juga brasa senior aja, karena uda stahun lebih saya di Korea.

Nih~ potonya ayamnya… biar kepingin sekalian deh, haha


saya tidak tau harus menyerah ato tidak dengan indonesia

Oke, kali ini saya akan memberi sedikit wacana yang ada di otak saya. Mungkin orang pikir saya gila ato apalah itu, whatever. Sebenarnya saya kembali merasa sedih dengan keadaan Indonesia. Saya sudah sebisa mungkin menahan sedih saya ini. Saya berusaha sebisa mungkin untuk tidak mengungkapkan semua negatif yang ada di otak saya. Tapi ini sudah benar-benar keterlaluan. Mana Indonesia yang punya pancasila itu? Sekarang seolah-olah pancasila sudah lenyap. Saya bisa lihat bedanya, pas jaman saya masih kecil dan sekarang. Dulu waktu masih kecil, orang masih punya malu untuk berbuat jahat. Sekarang? Mana malu itu? Korupsi seolah-olah uda menjadi hal yang sangat biasa sekali. Menyuap suatu kejahatan dengan uang juga, ada dimana-mana. Hal yang sepele pun tidak ketinggalan, seperti mencontek. Kayaknya akan ada statment, “siapa sih yang gak pernah menyontek?” Hahaha, pertanyaan macam apa itu? Bahkan sekarang~ plagiator pun tidak hanya dikalangan masyarakat kecil, tapi sudah ada di sebuah instansi ternama! Astaghfirulloh, mana bangsa indonesia yang ? dan beradab? Masihkah berlaku sila ke-2 “Kemanusiaan yang adil dan beradab”? Saya sampe heran, sebenarnya mereka manusia bukan sih? Ada lagi. Sex bebas, hamil di luar nikah~ kayaknya uda menjadi rahasia umum. Semua orang seakan-akan sudah pernah melakukan, meskipun sebagian orang juga tidak melakukan hal itu. Tapi ya~ kok ya gak malu ya yang melakukannya?? Moral macam apa ini?

Udah lah~ ga usa jauh2 sampe tingkat korupsi, atau plagiator… saya akan singgung di sini masalah mencontek. Bukannya saya sok suci, tapi kalo semua generasi muda pada nyontek~ dari SD sampe mahasiswa~ ga ada kesadaran kalo nyontek itu akan merugikan diri sendiri, mau jadi apa bangsa ini? Mereka semua akan jadi pembohong. Pantes aja banyak korupsi, plagiat, dan lain-lain. Karena sejak awal uda belajar yang namanya nyontek. Berbohong. Ah, entah kenapa saya paling ilpil dengan yang namanya bohong. Bukan hanya itu, banyak kasus pas ada pembocoran jawaban ujian nasional oleh gurunya sendiri! Ato penjaganya sengaja disuap supaya bisa contek-contekan. Astaghfirulloh~ mau jadi apa generasi muda kalo gitu?? Gurunya juga gimana si, kok malah ngajarin muridnya begitu? Gak nyadar ya dengan begitu akan merusak SDM generasi bangsa? Mau ya bangsa indonesia jadi bangsa yang tertinggal terus? mau smua student jadi stupid? Ah~ mereka ituuuu. Gak tau lah.

Kadang saya merasa give up dengan ini semua. Kalo sebagian besar orang seperti ini, mana kekuatan orang yang bermoral baik? Sekali lagi, ini bukannya GENERALISASI. Tapi sebagian besar seperti itu. Hampir semua sistem di indonesia seperti itu. Misalnya dalam suatu kampung 90% adalah pencuri, 10% tidak. Apakah salah orang2 memanggilnya kampung pencuri? karena sebagian besar penduduknya adalah pencuri. Itu soal generalisasi.  Jadi kalo di indonesia keadaannya semenyedihkan ini, ya gak salah sebagian besar orang yang tidak melakukan hal itu menunjukkan ekspresi KECEWA dan mungkin yang parahnya mereka akan keluar dari keanggotaan indonesia. mungkin saya akan berbuat hal yang sama kalo saya sudah benar-benar GIVE UP!

Itu sedikit keluhan saya tentang indonesia di semua bagian. Kalo mau dirinci satu-satu mungkin akan lebih dari apa yang saya tulis. Tapi, ah~ sudahlah. Semua pasti uda tau dan bisa merinci sendiri. Silakan saja saya mau dianggap sok benar atau tidak suka dengan saya. Saya sangat menyadari resiko itu. Saya hanya bisa berkata, “what ever”. Saya akan melakukan sesuatu dengan cara saya sendiri. Mudah-mudahan dengan cara yang tidak seberapa ini, setidaknya saya bisa mengubah sebagian keciiiilll moral bangsa. Dan mudah2an pula yang sebagian keciiilll ini, akan mempunyai prinsip yang kuat tentang moral.

Yah, indonesia itu krisis moral


Knapa di Indonesia skulah susyah banget ya?

Karena Indonesia ga memfasilitasi untuk menempuh pendidikan lebih tinggi. Padahal dalam UUD uda jelas-jelas disebutkan bahwa kita punya hak untuk menempuh pendidikan. Punya kebebasan menempuh pendidikan. Tapi apa yang terjadi sekarang?

Bukti di Indonesia tidak memfasilitasi orang untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi :

  • Untuk dapet beasiswa itu susyah sekali, dan mbulet birokrasinya. Dalam hal ini adalah kasusnya ingin skolah master ato doktor. Kalopun ada, pasti atas rekomendasi seseorang yang punya jabatan tinggi. Ato kalo engga bos kita yg rekomen kita (dalam hal ini posisinya kita uda kerja). Coba kita bandingkan dengan negara maju, asal kita ada kemauan dan kerja keras aja, supervisor kita mau nyariin dana beasiswa buat kita.
  • Biaya pendidikan sangaaat tinggi. Hanya orang2 ber-uang aja yang bisa skulah. Padahal masyarakat Indonesia, hanya berapa persen sih yang ber-uang? Maka dari itu, ya gak salah kalo generasi Indonesia hanya mentok lulusan skolah umum.
  • Birokrasi Indonesia itu susah sekali. Yang suruh minta acc pejabat ini lah, itulah… coba di luar negeri ga sesusah itu. Contoh sepele aja, untuk buat surat keterangan menyatakan kita student adalah kita masih harus submit ke kantor administrasi, dari kantor minta tanda tangan acc ditrima apa engga. Kalo ditrima baru dibuatkan. Setelah buat, suratnya itu ditanda tangani sang pejabat lagi. It’s need time. Brapa hari coba. COba kalo di negara maju, uda ada di mesin pencetak surat. Tinggal bayar pake uang koin, uda deh tinggal ngprint, hehe. Paling cuman 10 min 😀

Bgitulah~~~ mudah2an jadi koreksi untuk pendidikan di Indonesia.


yay..!

Artikel pertama saya masuk ke netsains. Kali ini saya beralih jadi penulis sains…hahaha. Berikut linknya. Artikel-artikel lain juga akan terbit. Berikut listnya :

  1. Artikel : Hubungan antara dinding sel dan pemasakan buah (terbit 16 Februari 2010)
  2. Resensi buku : Molecular Cloning, Kitab Biologi Molecular (terbit 2 Februari 2010)
  3. Artikel : Proses Ekspresi Gen dalam Organisme ~ bagian 1 (terbit 5 Maret 2010)
  4. Artikel : Proses Ekspresi Gen dalam Organisme ~ bagian 2 (terbit  13 Maret 2010)

Ya, begitu saja dulu..


Teknologi yang membuat efek positip di kalangan orang miskin

Ini adalah topik plurk yang diusung mas zero, haha.. Terinsipirasi dari artike ini. Yang kita tau, teknologi canggih yang datang ke ina, sepertinya tidak membawa dampak positip untuk masyarakat miskin. Malah masyarakat (menengah keatas) jadi konsumtip iya. Orang-orang jadi tongkrongan internet terus (fesbukan, dll), jadi beli alat-alat canggih seperti laptop, handphone. Dan ternyata yang disorot adalah  si pembuat teknologi dan program-programnya, haha. Intinya dengan teknologi yang ada jadi memiskinkan orang miskin lah.

Dan dalam forum kecil kemaren, kami jadi tersentil untuk membuat sesuatu yang berhubungan dengan ilmu kami yang dapat membawa dampak positip langsung pada masyarakat miskin.

Resultnya adalah….

zero :
ada ide tentang layanan yg dibutuhkan atau akan bisa bermanfaat untuk masyrakat kalangan bawah? (thinking)
I :
buanyaaaaaaaakk lah.. 8-)
zero :
apa mba?(woot) *siap2 nyatet*
A :
misalnya fasilitas umum :-D
misal ATM, dibuat touchscreen *ngaruh ga si* (tongue) ato ATM bisa buat ngeprint buku bank.
liat jadwal angkutan umum dipajang di halte2, jadi ada kyk LCD gitu.. itu nanti ilang gak ya? (unsure)
itu IT bukan si? (blush) kna buat programnya
zero :
orang yg punya ATM kyknya udah ngga tergolong miskin deh (unsure)
bntar2…aku cari definisi ‘miskin’ dulu. :-D
I :
(doh) *A gmn siy*
AJ : 
aku liat di indonesia kurang fasilitas ‘komputer umum’ yg bs dipake ngenet gratis (tongue)
A :
oiya deng.. punya tabungan (blush) mksudnya kyk fasilitas gitu2 deh (tongue)
ato misalnya nih, kyk di kampusku ada mesin otomatis buat nyetak surat keterangan dari kampus..
jadi tinggal klik..klik.. kluar otomatis.. ga usa ke bagian administrasi kampus (devil) (tongue)
itu kerja sama dg teknik mesin ya? (blush) tapi kan itu jg butuh programnya. itu bentuknya seperti mesin ATM gitu.
eh, itu aku bayar deng.. masukkan koin kyk vending machine.. yah itung2 bayar ongkos kertas lah.. tapi klo mau disetting gratis jg gpp
iya ngenet gratis tuh (tongue) di sinim di terminal2,, di kampus ada ngenet gratis
I :
itu di korea…di indo? keburu komputernya di angkut, kl ditaruh diterminal or tempat umum lainnya (LOL)
A :
itu kan cuman contoh (blush) mksudnya ntr para ahli2 IT bisa berkreasi sndiri (tongue)
I :
iya iya… :-P
rakyat miskin butuh telekomunikasi murah meriah ;-)
A :
dan fasilitas2 umum yg ga pake bayar (woot)
I :
betul…intinya teknologi yang memudahkan tp ga mahal.. (wave)
atau yg bisa mendatangkan lowongan kerja..ya ga? ;-)
zero : 
salah 2 program kerja menkominfo yg baru klo ga salah: desa berdering & desa melek internet….
A :
tapi kalo inetnya bayar kan sama aja (blush) telpon juga musti bayar tagihan telpon kan
zero :
..tapi mnurutku masalahny ngga berhenti di situ. mari bayangkan * mariiiii..* apa kelanjutannya setelah setiap kelurahan/balai desa…
…sudah ada PC+internet. Bisakah mereka memanfaatkannya untuk sesuatu yg bermanfaat?
I :
*membayangkan* (griltongue)
A :
jangan2 tiap saat yg ditongkrongin fesbuk ato plurk (devil)
zero :
Jangan2, 30 hari kemudian, hasilnya adalah: seluruh kepala desa di indonesia punya account FB? Horee!!!
I :
horee… (dance)
emang gitu ya? (unsure)
zero :
Beberapa hari yg lalu aku liat iklan di tv ada ponsel murah yg dalemny terbundle content tentang pertanian. tapi aku lupa mereknya apa (LOL)
I :
iya…kan dari internet, wawasan bertani para petani or peternak bisa ditingkatkan? (goodluck)
zero :
aku googling malah nemu ini Ponsel Pintar Untuk Petani
nah, layanan2 seperti itu yg aku maksud. layanan yg menyasar kalangan bawah dan layanan yg fungsinya ngga cuma untuk ‘fun’
I :
iya..betul itu.. 8-)
A :
kalo emang internet jadi medianya.. buka toko beras online aja (woot)
kalo beras kan bawanya berat tuh,,, makanya orang mikir enakan beli di internet ya (tongue)
kalo yg mikirnya sama kyk aku (blush)
itu contoh lo.. kasusnya toko online beras (blush)
I :
 briliant, dear! (money)
AJ : 
(worship)
komputer umumnya sambil berdiri, jd klo FB-an pegel ditanggung sendiri wkwkk (devil)
zero :
^ (LOL)
sbnernya ya gapapa jg si orang kelurahan mau mesbuk, ngeplurk, ato ngoprol. ga ada yg salah. asalkan, itu bukan yg utama. :-P

Begitulah perbincangan singkat kami yang penuh canda…hahaha. Ada yang ingin menyumbangkan ide? 😀 btw maap, itu amburadul tulisannya, soalnya langsung saya kopipas (blush)


artikel tentang nasib scientist

Hari ini saya iseng-iseng blogwalking dan nemu artikel2 ini :

  • Science 2.0 ~ mampukah jurnal-jurnal ternama seperti springer, plant physiol tergeser dengan science 2.0? padahal kita semua tau, scientist akan diakui di kalangan internasional lewat publikasi jurnal
  • Kapan ilmuwan indonesia andil dalam keputusan politik di pemerintahan? ~ maksudnya di sini adalah bukan ilmuwan yang menjelma jadi pejabat dan meninggalkan ilmu sains / riset2nya. Kita semua tau bahwa indonesia sering sekali mendapat menang olimpiade internasional soal sains. Tapi apa konkretnya untuk Indonesia? sekedar penghargaan?
  • 3 cara ilmuwan mempopulerkan ilmunya ~ membuat buku dengan style komik, membuat buku versi populer, mengajar ilmu yang paling sulit dengan menyenangkan

Begitulah artikel2 yang menarik untuk dibaca yang berhubungan dengan scientist 😀

satu hal lagi, saya nemu web sains bagus 😀

http://netsains.com/

Dan saya tambahkan pula lagu coldplay ~ scientist 😛 (btw ini lagu bener-bener seperti yang ada dalam otak scientist, hehe… sebenernya kami suka dengan kerjaan kami, tapi kalo uda stuck ya bisa stress, aneh ya)

Come up to meet you, tell you I’m sorry
You don’t know how lovely you are.
I had to find you, tell you I need you,
Tell you I set you apart.

Tell me your secrets and ask me your questions,
Oh lets go back to the start.
Running in circles, Comin’ in tails
Heads on a science apart.

Nobody said it was easy,
It’s such a shame for us to part.
Nobody said it was easy,
No one ever said it would be this hard.

Oh take me back to the start.

I was just guessin’ at numbers and figures,
Pulling the puzzles apart.
Questions of science, science and progress
Do not speak as loud as my heart.

And tell me you love me, come back and haunt me
Oh and I rush to the start.
Runnin’ in circles, Chasin’ tails
Comin’ back as we are


Kritik untuk universitas di Indonesia

Saya jadi teringat beberapa tahun silam sewaktu saya jadi mahasiswa di Indonesia ~~~~

Sekali lagi saya mengkritik…

Jika universitas di Indonesia ingin go internasional, jangan melulu berfokus pada bangunan fisik, ato fasilitas yang super canggih. Melainkan, benahi dulu sistem administrasi dan orang-orang yang di dalamnya. Asal bapak-bapak dan ibu-ibu tau aja, kami mahasiswa sering diperlakukan kurang manusiawi. Masak kami ngomong, eh..ditinggal telpon-telponan dan sok-sok buang muka gitu. Sangat tidak ramah. Karena yang tanya adalah MAHASISWA. Padahal kami posisinya student itu bayar loh. Mahal pula. Dan harusnya, mereka melayani kami dengan baik. Bukan cuma itu saja. Pelayanannya pun lambaaaann sekali. Dan mbulet. Yang suruh gini lah gitu lah.. fiuuh, cape deh.

Tapi beda lagi kalo uda punya ACC dari orang atasan, smuanya akan terasa mudah. Ato yang kenal dengan atasan. Saya pernah di posisi ini dan posisi dijutekin orang administrasi. Pas yang di posisi kenal dengan atasan… saya berasa artis saja, wakaka. Semua tamapak begitu baik. Coba di pososi hanya ordinary people. Toweng. Jadi kyk monster semua, wakaka

Pelajaran yang dapat diambil di sini adalah… di Indonesia itu, siapa yang punya kenalan pejabat ato jabatan tinggi, bakal diperlakukan baik. Sedangkan kalo ga punya jabatan apa-apa siap-siap deh dijutekin berbagai kalangan, wakakaka. Maka dari itu siapa sih yang menghargai just scientist di Indonesia??? (tanpa embel-embel kepala bagian ini…dan itu…)

Yah….yah

Gitu bermimpi universitas di indonesia go internasional..

semoga jadi bahan renungan

sekian dan terimakasih

(btw… kalo saya nulis postingan begini ini dibaca gak sih sama para pejabat di indonesia? Jangan-jangan gak mempan…)


Gift [again] ~~~

Malam ini saya diajak makan malam dengan prof lain gedung, dari food & nutrition. Itu loo, yang profnya ahli dalam membuat teh 😀 Sebelumnya saya kasih tau ya meja tamu klasik beliau… yang selalu disiapkan teh beraneka macam tumbuh-tumbuhan 😀

Dan cerita saya bukan tentang teh beliau, bukan pula akan membahas tatakan meja klasik beliau, haha.

Tapi saya mau share, kalo saya habis dapat hadiah dari beliau 😀 Bukan sembarang hadiah ini. Tapi ini dari otosan lo 😀 Jadi ceritanya seminggu yang lalu 3 prof termasuk beliau visit ke Bali dan Lombok. Ayah saya ketemu dengan mereka dan otosan nitip sesuatu ke saya. Dan katanya.. ini hadiah ultah saya, huhuhu… terharuuu 😥

Kemudian, ada prof lain kasih saya hadiah juga 😀

Katanya ini oleh-oleh dari Lombok. Haha, ini dari Indonesia untuk Indonesia dong…


Dedicated for our laboratory..

ketika ini harus diakhiri

aku tak tau apa alasan mereka
aku tak tau apa kepentingan mereka
aku tak tau apa salah kami

ketika sesuatu dimulai, pasti suatu saat akan diakhiri
ketika kita berdiri, pasti suatu saat kita akan terbarig kembali

namun…
apakah ini juga harus berlaku pada tampat ini?
disini kami gantungkan harapan
disini kami mengejar cita-cita
disini kami bermimpi
disini kami bersimbah peluh, menahan sakit, menahan sedih, dan terus belajar mengenai banyak hal..

dan jika kini harus diakhiri, kemana kami nanti?

saat ku lihat wajah pendirimu, ku lihat gurat kesedihan dan ketegaran yang saling beradu,
saat ku dengar kata pendirimu, tergetar nada kesedihan dan kepasrahan yang terpancar..

Sensei, kau semangati kami bahwa ini tak menghentikan impian yang kami bangun
Sensei, kau semangati kami untuk bersikap wajar dan tetap lakukan yang terbaik untuk apa yang kami usahakan…

yang kami bisa kini..
berharap impian kami tetap terjaga,
berharap semangat kami tetap berkembang,
berharap bahwa ini bukan penghambat kami untuk maju..

dibalik diam, ada aktivitas yang terus berjalan..
dibalik diam, bukan berarti kami menyerah pada keadaan…

PS: dedicated to my lovely Laboratory

(by. Ryza Priatama)